Tips Memulai Bisnis Rumahan dari Awal

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Bisnis rumahan semakin kesini semakin disenangi oleh para pelaku usaha, ya! Kamu bisa menemukan berbagai jenis bisnis rumahan di e-commerce maupun media sosial. Bisnis rumahan memang menguntungkan karena bisa dikerjakan dari rumah tanpa harus bepergian ke kantor setiap hari.

 

Banyak pelaku bisnis rumahan yang memanfaatkan media sosial untuk bisnis rumahan. Hal ini dilakukan supaya semakin banyak orang yang tertarik dengan produk atau jasa yang sedang diiklankan. Kemudian, dari sejumlah orang-orang yang tertarik, akan ada calon pembeli.

 

Lalu, apa saja ya tips memulai bisnis rumahan dari awal? Yuk, baca di pembahasan berikut ini:

 

  1. Pastikan kamu memiliki niat dan tekad
    Niat yang kuat untuk membuat suatu bisnis rumahan sangat diperlukan. Bukan hanya untuk berbisnis, seseorang yang memiliki niat dan tekad dalam melakukan sesuatu pasti lebih termotivasi melakukannya. 

    Saat menentukan niatmu, pikirkan apakah kamu akan menyerah atau tidak. Jika sudah ada pikiran untuk menyerah, itu berarti niat dan tekadmu kurang kuat. Sebaiknya, kamu mempertimbangkannya berkali-kali karena usahamu bisa jadi setengah-setengah jika tanpa niat.

 

  1. Cari modal
    Untuk memiliki modal, kamu bisa melakukan 2 (dua) cara yaitu mencari atau mengumpulkan modal. Untuk mengumpulkan modal, kamu bisa mengambil dari tabunganmu yang sudah dikurangi dana darurat dan kebutuhan utama lainnya. Sedangkan, mencari modal bisa dengan berbagai cara.

    Cara mencari modal bisa dengan bekerja di tempat lain dan menyisihkan sebagian pendapatanmu dahulu untuk digunakan sebagai modal awal usaha. Dengan mencari modal, kamu akan bisa mempertahankan tabunganmu. Jangan paksakan apabila kamu belum bisa memiliki modal. Banyak jenis bisnis yang bisa dilakukan tanpa modal, contohnya menjadi dropshipper.

 

  1. Belajar untuk mengelola uang
    Setelah modal terkumpul, kamu harus bisa mengalokasikan modalmu untuk kebutuhan utama usahamu. Pikirkan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai bisnismu. Catat kisaran biaya pengeluaran serta pemasukan yang mungkin bisa kamu dapatkan. 

    Lebih baik lagi jika keuntungan yang kamu dapatkan dipisahkan dengan modal yang akan kamu gunakan selanjutnya. Ini supaya kamu bisa melihat lebih jelas hasil keuntungan dari bisnis yang kamu jalankan.

 

  1. Temukan minatmu
    Sebaik-baiknya bisnis adalah bidang yang kamu senangi. Jangan sampai kamu melakukan hal yang tidak kamu senangi sebagai bisnismu. Hal ini bisa menghalangi motivasimu untuk menjalankannya dalam jangka panjang. Walaupun kamu merasa bisa melakukan bisnis yang tidak sesuai minatmu, tetap cari dahulu bidang sesuai passion. Dengan berbisnis sesuai minat, kamu akan lebih bahagia menjalankannya.

 

  1. Mulai promosikan bisnismu ke orang terdekat
    Kamu bisa mulai promosi bisnismu ke orang terdekat, seperti kerabat, tetangga, atau saudara sepupu. Dengan begini, kamu bisa menyebarkan informasi bahwa kamu sedang memulai bisnis, dan orang-orang terdekatmu bisa merekomendasikan bisnismu ke kenalan mereka. Pastikan kualitas produk atau jasa dalam bisnismu benar-benar baik untuk direkomendasikan, ya!

 

  1. Promosi di media sosial
    Platform yang gratis dan sangat personal adalah media sosial pribadimu. Jika bisnismu cocok untuk dibagikan di media sosial, kamu dapat menggunakan akun pribadimu. Kamu juga bisa membuat akun media sosial baru untuk bisnismu supaya terpisah dengan postingan pribadi.

 

  1. Ingat bahwa kegagalan adalah proses menuju keberhasilan
    Terakhir, jangan mudah menyerah, ya! Jangan takut bahwa akan gagal di tengah jalan saat berbisnis! Semua pekerjaan pasti butuh trial and error. Banyak pebisnis profesional yang juga pernah mengalami kerugian, tapi kerugian harus dihadapi dengan kepala dingin dan cari solusi supaya bisnis kembali berjalan.

 

Para pemula dalam berbisnis online pastinya harus mempelajari dahulu strategi bisnis online dari dasarnya. Nah, Kuncie dari Telkomsel datang untuk menemanimu belajar bisnis online! Berbagai video pembelajaran, tips and tricks, dan rencana pembelajaran bisa kamu pelajari untuk mulai bisnis online-mu!

 

Kalau sudah belajar bisnis online secara tertulis, kamu bisa coba berbisnis dengan 99% Usahaku. Iklankan bisnismu dengan MyAds supaya mencapai pengguna Telkomsel secara spesifik dan tertarget.

 

Berbisnis rumahan secara online pastinya membutuhkan akses internet. Nah, kamu bisa gunakan paket Internet Sakti yang cocok untuk pebisnis pemula karena kuota yang ditawarkan cukup besar tetapi dengan harga yang ramah di kantong. Paket Combo Sakti juga memiliki kuota yang cukup besar dan termasuk kuota SMS serta telepon yang bisa kamu manfaatkan untuk berbisnis.

 

Jika kamu giat belajar, berkomitmen dengan bisnismu, dan mengikuti tips di atas, peluang bisnismu untuk sukses semakin besar! Ayo semangat ya!


Baca Juga: Go Digital, Kiat Sukses Rintis Bisnis UMKM Zaman Now

Temukan paket terbaik khusus untuk Anda