Pentingnya Menggunakan Alat Olahraga | Telkomsel

Pentingnya Menggunakan Alat Olahraga

Article

Kamu sering lihat orang-orang memakai alat olahraga? Apa kamu pernah bertanya-tanya apa perbedaan berolahraga dengan alat olahraga dan tanpa alat olahraga? 

 

Ternyata, ada alasan pentingnya menggunakan alat olahraga lho! Di gym, kamu bisa menemukan bermacam-macam alat olahraga dengan berbagai cara penggunaannya. Dari mulai alat olahraga untuk membentuk otot tangan, perut, kaki, sampai kardio, kamu bisa menemukannya di berbagai tempat gym.

 

Baca Juga: Akselerasikan Transformasi Digital Layanan Kesehatan, Telkomsel Kolaborasi dengan Halodoc

 

Memang apa bedanya pakai alat olahraga dan tanpa alat olahraga? Mungkin memang berolahraga tanpa alat terdengar sama efektifnya dengan berolahraga menggunakan alat. Tapi, ada beberapa alasan pentingnya memakai alat olahraga! Berikut ini pentingnya alat olahraga:

 

  1. Tambahan beban pada saat berolahraga

    Terkadang, gerakan olahraga yang kamu lakukan tanpa bantuan alat olahraga itu kurang mengeluarkan tenaga. Kalau kamu butuh tambahan beban supaya olahraga menjadi lebih terasa, kamu bisa menggunakan alat olahraga, terutama kalau kamu mau menaikkan massa otot pada suatu bagian tubuh.

     

    Dengan alat olahraga, akan ada tambahan beban yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Beban yang ada pada alat olahraga bervariasi dari 1 (satu) kilogram sampai puluhan kilogram pun ada. 

     

    Tanpa alat olahraga, kamu akan menggunakan tubuhmu sebagai beban, sehingga bebannya tidak akan seberat saat memakai alat olahraga. Sesuaikan beban dengan kebutuhanmu dan kesanggupanmu ya!

     

  2. Melatih pernapasan

    Dengan menggunakan alat olahraga yang memiliki tambahan beban, kamu bisa melatih pernapasanmu dengan lebih baik. Irama pernapasan yang baik akan membantumu dalam berolahraga dengan bantuan alat fitness. Sehingga, pernapasanmu akan lebih dilatih setiap kamu menggunakan alat olahraga tubuh.

     

    Perbedaannya dengan olahraga tanpa alat yaitu beban yang kamu tangani akan lebih kecil. Dari sini terlihat walau kedua jenis olahraga, tanpa alat dan dengan alat, akan berfungsi melatih pernapasan, olahraga dengan alat akan lebih efektif.

     

  3. Menambahkan energi tubuh

    Dengan beban dari alat fitness yang lebih berat dibandingkan beban tubuh kamu, energi yang harus kamu keluarkan saat berolahraga juga harus semakin banyak. Ini melatih tubuh kamu untuk menambahkan energi supaya bisa bersanding dengan beban yang ada di alat olahraga. Sebagai akibatnya, energi tubuh kamu jadi semakin bertambah.

     

  4. Membentuk otot

    Inilah faktor utama pentingnya alat olahraga tubuh. Ya, membentuk otot adalah tujuan utama banyak orang menggunakan alat olahraga.

     

    Tanpa alat olahraga atau alat fitness, kamu memang bisa menambah kekuatan tubuh, meningkatkan mobilitas dan stabilitas, serta meningkatkan fungsi otot.

     

    Tetapi, keuntungan menggunakan alat olahraga adalah kamu bisa meningkatkan massa otot pada bagian tubuh tertentu. Walaupun tanpa alat juga bisa menambah massa otot, olahraga dengan alat fitness akan jauh lebih efektif. 

     

    Ini karena beban yang ada pada alat olahraga lebih banyak dibandingkan dengan beban tubuh kita. Selain itu, alat bisa difokuskan ke bagian tubuh yang ingin kita tingkatkan massa ototnya. Misalnya, kamu bisa melakukan olahraga lengan dengan alat olahraga supaya massa otot lenganmu meningkat tanpa harus menggunakan seluruh bagian tubuh sebagai beban.

     

Jadi, olahraga tanpa alat fitness pun sebenarnya sudah sangat baik untuk tubuh karena bisa meningkatkan stabilitas, mobilitas, dan ketahanan otot. Kamu bisa melakukannya bila belum memiliki alat olahraga. Namun, bila kamu ingin menambah massa otot, olahraga dengan alat akan lebih efektif karena adanya tambahan beban dan bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. 

 

Sekarang ini, kamu bisa menemukan alat-alat olahraga di internet dengan mudah. Pakai paket Internet Sakti atau Combo Sakti dari Telkomsel untuk riset tentang jenis alat-alat olahraga yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu juga bisa browsing alat-alat olahraga di e-commerce favoritmu. Alat olahraga bisa dikirimkan ke rumah supaya kamu tidak usah repot-repot beli langsung di toko. 

 

Untuk mengukur aktivitasmu seperti jumlah jalan kaki harian, rencana asupan kalori, dan melihat berbagai video-video untuk workout, kamu bisa pakai aplikasi kesehatan FITA dari Telkomsel. Konsultasikan juga kondisi kesehatanmu dengan dokter melalui Paket Sehat dari Telkomsel bersama Halodoc

 

Pakai juga paket internet MAXstream Vidio supaya kamu bisa menonton pertandingan-pertandingan favoritmu secara live streaming. Bisa juga pakai paket MOLA TV dari Telkomsel untuk pertandingan-pertandingan internasional. 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk mulai olahraga dengan alat?

 

Baca Juga: Hidup Sehat Bareng Fita, Aplikasi Kesehatan dari Telkomsel

Beli paketnya sekarang!

scroll