Pekerjaan Quality Control: Definisi, Tugas, Skill, dan Gaji | Telkomsel

Pekerjaan Quality Control: Definisi, Tugas, Skill, dan Gaji

Article

Pabrik-pabrik di Indonesia terus membuka peluang kerja bagi para profesional yang ahli di bidang Quality Control. Peran seorang Quality Control menjadi sangat penting dalam upaya memastikan produk-produk yang dihasilkan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. 

 

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang definisi, tugas, skill yang diperlukan, dan kisaran gaji yang dapat diharapkan dalam karier sebagai seorang Quality Control.

 

 

Quality Control bukanlah suatu bidang pekerjaan yang hanya bisa dipelajari melalui jenjang pendidikan formal saja. Tetapi, bidang ini bisa dipelajari melalui jalur informal, misalnya melalui pembelajaran online.

 

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja, Juga Bisa Bikin Pakai AI Lho!

 

Saat ini sudah banyak pembahasan quality control oleh berbagai channel di YouTube. Pembelajaran singkat bersama profesional di bidang ini dan penerapannya di dalam bisnis juga bisa kamu pelajari lewat aplikasi Kuncie.

 

Memahami quality control dengan cara tersebut tentunya bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Kamu hanya perlu menyiapkan kuota internet, misalnya paket Internet Sakti. Paket dengan kuota internet yang besar ini bisa kamu aktivasi di MyTelkomsel, guys.

 

Nah, supaya lebih memahami dasar-dasar bidang pekerjaan quality control, yuk simak penjelasannya berikut ini.

 

Definisi Quality Control

QC atau Quality Control adalah proses sistematis untuk memeriksa, menguji, dan memantau kualitas produk atau layanan yang dihasilkan. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa produk atau layanan tersebut memenuhi standar yang telah ditetapkan. 

 

Pihak yang menetapkan standar ialah internal dan eksternal perusahaan yang berkaitan dengan perlindungan terhadap pelanggan. Selain itu, pekerjaan QC memastikan bahwa produk sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan. 

 

Dengan menerapkan metode pengawasan dan evaluasi yang ketat, QC membantu mengidentifikasi dan mengatasi cacat atau ketidaksesuaian yang mungkin terjadi selama proses produksi.

 

Baca Juga: Manajemen Operasional: Pengertian, Fungsi, dan Contoh

Tugas Quality Control

Secara garis besar, tugas Quality Control berfokus pada kualitas setiap produk yang dihasilkan dalam proses bisnis. Tugas tersebut terbagi ke dalam empat tahapan sebagai berikut.

 

  1. Pemilihan Bahan Baku

    Seorang QC bertanggung jawab terhadap pemilihan bahan baku sehingga kualitas produk tetap terjaga dari waktu ke waktu. Bahan baku yang dipilih tidak hanya berkualitas tetapi memenuhi standar yang ditetapkan oleh pihak regulator.

     

    Dalam tahapan ini terdapat juga proses pengujian untuk menentukan bahan baku layak digunakan atau tidak.

     

  2. Pengolahan Bahan Baku

    Tugas quality control tidak hanya memantau pemilihan bahan baku yang berkualitas saja tetapi juga memantau proses pengolahan. Pasalnya setiap industri memiliki standar pengolahan yang berbeda-beda dan menentukan hasil produk.

     

  3. Pengemasan Produk

    Tidak kalah dari kualitas produk yang dihasilkan, pengemasan produk juga penting diperhatikan seorang QC. Sebab pengemasan produk yang baik akan menentukan jangka waktu ketahanan produk apalagi pada industri makanan dan minuman.

     

    Selain itu, pengemasan produk yang baik akan menentukan sebuah produk dapat menjangkau distribusi yang lebih jauh dan luas.

     

  4. Distribusi Produk

    Tugas seorang QC tidak berhenti sampai menjaga kualitas produk bertahan dengan kemasan yang baik. Tetapi, termasuk distribusi produk hingga ke tangan pelanggan. Sebab, kualitas produk di tangan pelanggan ditentukan proses distribusi yang sesuai dan memenuhi standar juga.

     

Dengan menjalankan tugas dan tanggung jawab tersebut, seorang QC secara tidak  langsung menjamin reputasi merek dan kepuasan pelanggan terhadap suatu produk.

 

Skill Seorang Quality Control

Seorang Quality Control harus memiliki pemahaman yang kuat tentang proses produksi, standar kualitas, dan metode pengujian. Mereka juga perlu memiliki kemampuan analisis yang baik, ketelitian, dan kecakapan dalam berkomunikasi. 

 

Kemampuan untuk bekerja dalam tim, mengelola waktu dengan efisien, dan menyelesaikan masalah dengan cepat juga merupakan kualitas yang sangat dihargai dalam peran ini.

 

Selain itu, pengetahuan tentang perangkat lunak pengolahan data dan statistik juga bisa menjadi keunggulan tambahan bagi seorang QC.

 

Kisaran Gaji Quality Control di Dunia dan Indonesia

Kisaran gaji seorang Quality Control dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti lokasi, pengalaman, dan industrinya. Di beberapa negara maju, seperti Amerika Serikat atau Eropa, gaji seorang Quality Control dapat mencapai angka puluhan juta rupiah sebulan. 

 

Hal ini mencerminkan kalau permintaan yang tinggi akan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam peran ini. 

 

Namun, di Indonesia, kisaran gaji untuk Quality Control cenderung berada pada tingkat yang lebih rendah. Tapi, tentunya ada kenaikan seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya QC dalam menjaga kualitas produk.

 

Untuk level pemula, gaji seorang QC di Indonesia berkisar antara 3 sampai 4 juta rupiah. Sementara pada level menengah gaji bisa mencapai 10–15 juta rupiah. Dengan kata lain, kamu bisa memperoleh gaji di atas 15 juta pada level senior.

 

Dari pembahasan ini kita bisa memahami kalau pekerjaan Quality Control memainkan peran penting memastikan kualitas produk dan kepuasan pelanggan. 

 

Dengan mengembangkan keterampilan yang diperlukan dan terus meningkatkan pengetahuan tentang standar kualitas, seorang QC bisa mengambil langkah-langkah menuju karier yang sukses dan memuaskan di industri manufaktur.

 

Kalau ingin berkarier di bidang quality control, kamu bisa memulainya dengan mempelajari dasar-dasarnya di internet. Gunakan paket Internet Sakti dari Telkomsel untuk menemani pembelajaran online kamu di manapun dan kapanpun, ya!

 

Baca Juga: 5 Manfaat 5G Telkomsel untuk Efisiensi Industri Manufaktur

 

scroll