OPPO A16 Paling Banyak Dicari, Simak Spesifikasi & Harga Terbaru

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Oppo A16 membuat gebrakan di sektor entry-level dengan spesifikasi yang berani. Di sisi lain, salah satu tipe terpopuler dari Oppo ini harganya sangat terjangkau. Tentu aja varian yang satu ini bisa jadi pilihan untuk kamu yang menghendaki perangkat dengan fitur-fitur kekinian namun tanpa merogoh kocek terlalu dalam.

 

Spesifikasi Oppo A16

Inilah spesifikasi singkat Oppo A16 4 GB/ 64 GB sebagai referensi untuk yang berminat membeli varian yang satu ini.

 

CPU MediaTek Helio G35
RAM 4 GB
Penyimpanan 64 GB
OS Android 11
Kamera Depan 8MP (f/2.0)
Kamera Belakang triple kamera: 13 MP (Wide), 2 MP (Mono), 2 MP (Makro)

 

Review Oppo A16

Untuk memberi gambaran bagaimana perangkat ini membantu memperlancar aktivitas harian kamu, simak review singkatnya di sini.

 

1. Desain Menawan di Entry-Level

Walaupun tergolong sebagai smartphone entry level, namun sekilas varian ini nggak tampak seperti seri entry sedikit pun, karena desainnya yang tampil kekinian. Dari bagian depan memang nggak banyak yang istimewa, hanya layar berpanel LCD seluas 6,5 inci.

 

Namun yang terlihat spesial adalah sisi belakangnya terutama dari gradasi warna halus sebagaimana varian mid-range. Bahkan kalau kamu lihat dari sudut yang berbeda, bodi ponsel ini menampakkan aksen berkilau yang nggak biasa.

 

Belum lagi bagian tepi body A16 yang didesain melengkung sehingga HP terlihat lebih ramping dan semakin nyaman digenggam. 

 

2. Layar Lebih Besar

Oppo A16 memang berbekal bentang layar yang luas untuk menampilkan lebih banyak konten. Tapi nggak cuma sekadar itu, lho. Layar yang besar ini juga didukung oleh teknologi yang tetap mengutamakan pengguna saat memakainya.

 

Teknologi dimaksud adalah Eye Care Display, yaitu sistem kecerdasan buatan yang secara otomatis dapat menyetel kecerahan layar sesuai kondisi pencahayaan pada saat itu.

 

Contohnya di siang hari, fitur Sunlight Screen bisa membantu menyesuaikan tingkat kecerahan agar layar tetap terlihat jelas.

 

Selanjutnya di malam hari, ada fitur Moonlight Screen yang mampu membuat cahaya jadi redup sehingga layar nggak terlalu menyilaukan. Meski begitu konten pada layar akan tetap tampil sesuai warna aslinya.

 

Jadi mata kamu juga nggak akan cepat lelah saat menatap layar ponsel.

 

3. Kamera Dibekali AI

Spesifikasi Oppo A16 yang ketiga ini pasti jadi idaman untuk yang bercita-cita jadi selebriti medsos. Pasalnya kamera Oppo A16 sudah berbekal teknologi AI, AI Beautification. Konfigurasi 3 kamera utama serta 1 kamera depan ini saat digunakan akan dapat memperhalus tampilan kulit secara natural.

 

Selain itu kamera Oppo juga mampu mempertahankan detail-detail terbaik raut wajah kamu, baik pada jepretan dengan kamera depan maupun kamera utama.

 

Selain itu ada fitur Mode Night yang menawarkan kualitas terbaik saat menjepret gambar di malam hari. Namun tentu aja cahaya yang terbatas tetapi aja sulit untuk menghilangkan noise sama sekali.

 

4. Performa Lebih Baik

Chipset dan prosesor pada dapur pacu Oppo A16 telah mengusung teknologi canggih sehingga performa dan kinerja ponsel jadi mulus dan ringan. Ini bahkan ketika kamu pakai untuk aktivitas berat seperti main game Mobile Legends. Tapi pastikan kamu sudah atur grafiknya dulu, ya.

 

Agar main game lancar bebas ngelag, setting grafis yang recommended untuk main ML adalah medium atau high- grafis, selanjutnya aktifkan mode HFR dan nonaktifkan mode HD.

 

Masih soal game, ternyata seri entry ini juga mempunyai fitur Game Space yang dapat memberikan penggunanya sensasi seru main game mobile. Untuk game-game casual bergenre moba alias pertempuran dalam arena seperti AOV, gameplay-nya akan berlangsung lancar tanpa hambatan.

 

Salah satu penyebabnya adalah keberadaan prosesor MediaTek seri G yang sengaja didesain untuk memaksimalkan kinerja HP untuk aktivitas gaming.

 

5. Fitur Canggih ColorOS 11

Sistem operasi Android 11 menawarkan berbagai fitur kekinian yang membuat perangkat ini semakin menarik. Ini misalnya kemudahan untuk meng-custom ponsel kamu sesuai keinginan pada ikon, font, ringtone, wallpaper, tema, dll.

 

Android 11 juga memungkinkan kamu pakai fitur Three-Finger Translate dari Google Lens untuk menerjemahkan teks pada tangkapan layar.

 

Dengan Oppo A16 kamu nggak perlu mengalami lagi HP lemot atau lagging saat membuka banyak aplikasi. Ini karena ColorOS 11 memiliki fitur UI First 2.0 yang dapat meningkatkan kinerja RAM hingga 45%, tingkat respon sampai 32%, serta memperbesar kecepatan frame rate hingga 17%. 

 

6. Peningkatan Kapasitas Baterai

Pabrikan Oppo sudah membekalkan baterai berkapasitas 5000 mAh yang dapat bertahan sampai sehari penuh ketika dalam kondisi penuh. Sementara kalau untuk komunikasi simple aja, baterai bisa bertahan hingga 36 jam.

 

Selain itu baterai Oppo A16 juga sudah mempunyai teknologi AI Optimized Night Charge. Fungsinya adalah untuk menjaga baterai dari overcharge saat mengisi daya di malam hari.

 

Harga Oppo A16 di Indonesia

Mengenai harga Oppo A16 di Indonesia saat ini mencapai Rp1.999.000. Bukan nilai yang terlalu besar untuk memboyong pulang perangkat berkategori entry yang mengusung fitur-fitur menarik serta desain dengan tampilan elegan. 

 

Penutup

Anyway, Oppo A16 belum support  teknologi 5G, namun kamu bisa menggunakan produk prabayar Telkomsel Combo SAKTI. Dengan paket ini kamu bisa menikmati layanan internet, telepon, dan SMS cukup hanya dengan beli satu paket.

 

Yuk pilih paket terbaik khusus buat kamu hanya di Telkomsel.

 

Baca juga: Makin Cepat Menuju Masa Depan dengan Telkomsel 5G

Temukan paket terbaik khusus untuk Anda