Memanfaatkan Marketplace Agar Bisnis Online Maksimal

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Siapa nih, yang selain scroll media sosial juga hobi banget scroll marketplace buat belanja online atau sekadar window shopping? Marketplace memang lagi menjamur banget ya, guys, ada si ‘toko oren’, ‘toko hijau’, ‘toko biru’, ‘toko merah’, sampai toko-toko lainnya yang kini dimanfaatkan untuk bisnis online. Buat kamu yang mungkin masih merasa asing dengan marketplace, Business News Daily pernah menjabarkan marketplace sebagai platform bertemunya penjual dan pembeli yang menjual produk beragam dengan berbagai merek. Dengan demikian, kamu pun bisa menemukan semua yang kamu cari dan butuhkan di marketplace favoritmu. 

 

Ngobrolin soal marketplace, tentu nggak lepas dari manfaatnya untuk seseorang yang baru atau sedang menjalankan bisnis online. Jika kamu bisa mengoptimalkan pemanfaatkan marketplace untuk menjalankan bisnismu, maka semakin banyak pula manfaat yang akan kamu rasakan. Biar nggak penasaran, langsung aja yuk, kita cari tahu beberapa manfaat marketplace untuk memulai bisnis online-mu;

 

  1. Buka 24/7
    Manfaat pertama dari menjalankan bisnis online di marketplace adalah buka 24 jam selama seminggu penuh. Hal ini membuat pembeli bisa melihat hingga melakukan aksi pembelian produk dimana aja dan kapan aja. Setelah para pembeli membeli produkmu, kamu bisa langsung mengemas dan mengirimnya di hari itu juga maupun keesokan harinya.
     
  2. Jangkauan Pasar yang Luas
    Manfaat lainnya dengan berbisnis online di marketplace adalah jangkauan pasar yang lebih luas. Menaruh produk di marketplace membuatnya bisa dilihat dan diakses oleh banyak orang, tentunya ini juga memudahkan kamu untuk bertemu dengan target consumer yang memang sedang mencari produkmu. Pembeli dari berbagai wilayah bahkan hingga negara bisa dengan mudah mengakses produkmu dengan memasukan link yang ada, hal ini pun membuat peluang produkmu dikenal dan dibeli semakin tinggi.

    Baca juga: Langkah Telkomsel Berdayakan UMKM untuk Perkuat Perekonomian Bangsa
     
  3. Hemat
    Ketika membuka sebuah toko offline, kamu tentu membutuhkan biaya untuk mengurus segala keperluannya, sedangkan untuk membuka toko online, kamu hanya memerlukan gadget, internet yang memadai, serta foto dan deskripsi produk yang menarik. Hal ini menjadikan biaya yang dikeluarkan untuk membuat toko online di marketplace jauh lebih murah dibandingkan dengan toko offline.
     
  4. Mengetahui Keadaan Pasar
    Di marketplace, kamu bisa melihat semua produk secara detail, penjualan, hingga harga yang ditawarkan oleh pesaing lain. Nah, dengan adanya informasi ini, kamu bisa belajar untuk menyesuaikan agar harga yang ditawarkan tak jauh melampaui pasar namun juga tak lebih rendah dari harga pasaran. Selain itu, kamu juga bisa belajar mengenai cara market lain memasarkan produknya, menampilkan, hingga menuliskan deskripsi.

 

Wah, ternyata banyak banget ya, manfaat yang akan kamu dapatkan dengan memanfaatkan marketplace untuk menjalankan bisnis online. Agar pemanfaatan marketplace menjadi semakin optimal, banyak cara yang bisa kamu tempuh lho, misalnya dengan melakukan riset produk yang tinggi penjualannya di marketplace tersebut, merapikan tampilan toko agar mengundang bagi calon pembeli – termasuk mengatur display produk, foto, dan penulisan deskripsi yang detail, dan menentukan harga yang masih masuk di pasaran. 

 

Tak lupa juga, kamu bisa terus memperdalam ilmu bisnis kamu dengan belajar dari sumber-sumber terpercaya seperti Kuncie. Melalui aplikasi yang satu ini, kamu akan terhubung dengan para pebisnis yang telah sukses terlebih dahulu. Nantinya, mereka akan berbagi tips dan trik menjalankan bisnis hingga bisa mencapai kesuksesan. Kamu akan belajar membuat business plan, mencari solusi permasalahan yang mungkin akan ditemui saat menjalankan bisnis, hingga dimentori langsung oleh pebisnis-pebisnis sukses di Indonesia. 

 

Selain itu, relasi kamu juga akan semakin luas karena kamu akan bertemu dengan pebisnis-pebisnis lain, lho. Belum lagi, kalau kamu mampu menjalin hubungan baik, tak menutup kemungkinan akan aja kolaborasi dan kerja sama kedepannya. Tenang, buat kamu yang mau serba cepat, Kuncie juga menyediakan video tutor singkat yang bisa kamu tonton secara gratis. Seru banget, ya! 


Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Kuncie sekarang di App Store atau Google Play Store sebagai awal dari langkah bisnis online-mu.