Manfaat Olahraga Jadi Sia-sia Karena Hal ini!

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Olahraga yang dilakukan dengan baik dan benar akan membawa beberapa manfaat yang baik untuk tubuh. Manfaat olahraga ini tidak hanya membuat fisik menjadi lebih sehat tapi juga akan membantu menjaga kesehatan mental. Nah. kalau kamu tak kunjung merasakan manfaat dari olahraga rutin yang telah kamu lakukan dengan baik dan benar, bisa jadi ada kekeliruan dalam berolahraga! Lho, kok bisa?

Ya, ternyata ada beberapa hal buruk yang mungkin tak kamu sadari namun dapat membuat manfaat olahraga menjadi sia-sia. Seperti kurangnya pemanasan hingga latihan yang terlalu sering. Kita simak pembahasannya di bawah, yuk.

 

1. Kurang Pemanasan

Sepertinya melakukan pemanasan dalam berolahraga sudah menjadi rahasia umum. Bukan hanya untuk mempersiapkan diri, tapi pemanasan dalam olahraga bermanfaat untuk membuat latihan itu menjadi lebih efektif. Kamu juga bisa mengurangi risiko cedera jika melakukan pemanasan yang cukup terlebih dahulu sebelum memulai olahraga. Jadi, jangan menyepelekan pemanasan, ya.

 

2. Latihan Terlalu Lama

Latihan terlalu lama justru berdampak buruk bagi tubuh? Betul sekali, latihan terlalu lama atau sering justru akan menghambat manfaat olahraga itu sendiri. Kalau kamu terlalu banyak berolahraga, adrenalin tubuh akan kelelahan dan membuat latihan yang telah kamu lakukan justru tidak efektif serta berdampak buruk bagi tubuh. Usahakan olahraga maksimal 55 menit per latihan, ya.

 

3. Kurang Tidur

Bukan cuma saat latihan, tapi penting juga untuk memperhatikan hal-hal lain di luar latihan yang akan membuat manfaat olahraga tersebut menjadi semakin efektif, salah satunya adalah tidur yang cukup. Tahukah kamu? Hormon pertumbuhan dan hormon IGF-1 yang membantu kita untuk membakar lemak dan membentuk otot akan aktif saat kita sedang tertidur. Jadi, selalu pastikan waktu tidurmu cukup, ya.

 

4. Mengobrol di Waktu Olahraga

Siapa nih, yang suka asyik ngobrol padahal waktunya berlatih? Tentu saja, hal ini akan membuat olahraga menjadi tidak maksimal. Banyak waktu menjadi terbuang-buang hanya untuk berbicara dengan teman-teman sekitar. Selain itu, kalau kamu istirahat dan mengobrol terlalu lama, interval istirahat pun menjadi meningkat dan proses olahraga dan pembakaran lemak dalam tubuh jadi tidak maksimal. Belum lagi, kalau tiba-tiba fokusmu hilang hanya karena mengobrol dan menyebabkan cedera, duh, bahaya banget! Coba, ngobrolnya ditahan dulu dan diganti dengan fokus latihan untuk menyehatkan tubuh. 

 

Baca juga: Deretan Startup HealthTech yang Bikin Akses Layanan Kesehatan Jadi Lebih Terjangkau

 

5. Ikut-ikutan Orang Lain

Hal ini juga berbahaya nih, guys! Sebelum memutuskan untuk melakukan olahraga tertentu, kamu harus memahami situasi dan kondisi tubuh kamu sendiri terlebih dahulu, ya. Jangan sampai kamu mengikuti latihan olahraga orang lain yang belum tentu cocok untukmu. Lakukan latihan yang nyaman untuk tubuhmu dengan baik dan benar.


6. Main Handphone Sambil Olahraga? No! Sama seperti mengobrol sambil berolahraga, kebanyakan main handphone saat olahraga juga akan menyebabkan manfaat olahraga menjadi tidak maksimal. Waktu istirahat yang terlalu lama dan digunakan untuk bermain handphone akan membuat fokusmu jadi menurun, interval istirahat meningkat, dan pembakaran kalor dalam tubuh menjadi tidak maksimal. Ada baiknya, simpang handphonemu di dalam loker ya, jika ingin berolahraga.
 

7. Kurang Memperhatikan Asupan Makanan
Selain jam tidur yang cukup, asupan makanan juga harus diperhatikan, nih. Makanan yang kamu konsumsi akan menjadi sumber energi ketika kamu berolahraga nanti. Asupannya pun berbeda-beda, jika ingin membakar kalori, maka kamu harus memperbanyak konsumsi protein. Jangan sampai kamu keliru lagi ya, agar manfaat olahraga menjadi semakin maksimal.

 

Nah, itu dia beberapa hal yang mungkin secara tidak sadar kurang kamu perhatikan sehingga membuat manfaat olahraga menjadi kurang terlihat. Biar kamu gak keliru lagi sebelum atau saat melakukan olahraga, kamu juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait kesehatan dan kondisi tubuhmu, lho. Konsultasi ini juga bermanfaat agar kamu lebih memahami jenis olahraga yang akan kamu lakukan dalam latihan. 

 

Eits, gak perlu khawatir, kamu bisa pakai Ekstra Paket Sehat dari Telkomsel untuk berkonsultasi dengan dokter terbaik terkait kesehatan kamu. Dengan membeli Ekstra Paket Sehat Telkomsel bulanan atau tahunan, kamu sudah bisa mendapatkan satu hingga 14 kali konsultasi. Yup, program ini diluncurkan oleh Telkomsel agar kamu tetap bisa #DiRumahTerusSehat! Tunggu apalagi, cari tahu sekarang.

Beli paketnya sekarang!