Kelebihan dan Kekurangan Dompet Digital E-Wallet di Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan Dompet Digital E-Wallet di Indonesia

 

Pada era ini, sebagian besar orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan E-Wallet atau dompet digital. Hampir semua transaksi di kota-kota besar mulai dialihkan ke transaksi secara elektronik menggunakan dompet digital. Mau tidak mau, masyarakat pun terdorong untuk bertransaksi secara elektronik ini.

 

Apakah kamu juga termasuk pengguna aplikasi e-wallet? Jika iya, kamu pasti sudah bisa merasakan keunggulan menggunakan dompet digital tersebut. Namun, segala sesuatu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, bukan? Itulah yang akan kita bahas hari ini.

 

Secara sederhana, sebagai pengguna e-wallet di Indonesia, kita pasti merasakan beberapa keuntungan dari dompet digital. Namun, supaya kita lebih paham apa saja kelebihan dan kekurangannya, di sini akan kita bahas semuanya secara lebih detail. Simak informasi lengkapnya berikut.

 

Apa Itu e-wallet?

E-wallet adalah sebuah layanan elektronik yang berfungsi untuk menyimpan data yang nantinya digunakan untuk instrument pembayaran. Sama seperti dompet yang kita gunakan sehari-hari, e-wallet akan menyimpan uang yang kamu miliki dengan basis data. Kamu bisa menggunakan uang tersebut sebagai alat pembayaran secara elektronik.

 

Berbeda dengan uang elektronik yang menggunakan kartu untuk melakukan pembayaran, e-wallet ini berbasis aplikasi. Kamu perlu mengunduh aplikasi e-wallet untuk menyimpan uang dan menggunakannya sebagai alat transaksi. Tak hanya itu, beberapa dompet digital juga memungkinkan untuk melakukan transfer uang.

 

Baca Juga: Telkomsel Dukung Konferensi Tech In Asia 2022

 

Kelebihan e-wallet

Ada beberapa kelebihan dari e-wallet yang mungkin sudah kita semua rasakan. Lima kelebihan ini adalah yang paling utama.

 

  1. Transaksi Keuangan Instan

Melalui e-wallet, kita bisa melakukan transaksi apa pun secara lebih mudah dan instan. Kamu bisa membeli pulsa, token listrik, voucher game, dan kebutuhan elektronik lainnya dengan e-wallet. Kamu juga bisa melakukan transfer uang dengan sesama pengguna atau ke bank. Semua transaksi keuangan bisa lebih cepat.

 

  1. Bisa Digunakan Kapan Saja

Kemudian, e-wallet juga bisa kita gunakan kapan pun selama terdapat koneksi internet. Kita bisa menggunakannya untuk bertransaksi secara offline dan online. Selama e-wallet yang kamu gunakan bekerja sama dengan merchant, pembayaran secara elektronik bisa kamu lakukan.

 

  1. Terhindari dari Uang Palsu

Lalu, menggunakan e-wallet juga bisa melindungi kita dari uang palsu. Sampai sekarang, masih banyak beredar uang palsu di sekitar kita. Bahkan, uang palsu tersebut semakin mirip dengan yang asli sehingga sangat susah untuk membedakannya.

 

Dengan menggunakan e-wallet, setidaknya kita tidak bertransaksi secara langsung. Semua transaksi dilakukan secara elektronik sehingga kita pun terhindar dari uang palsu.

 

  1. Transaksi Lebih Aman

Kehadiran e-wallet membuat kita lebih aman daripada menggunakan uang tunai. Kamu tidak perlu membawa uang tunai yang banyak ketika bepergian. Lalu, setiap transaksi pun harus menggunakan kata sandi sehingga tidak mungkin orang lain bisa menggunakan e-wallet tanpa izin pemiliknya.

 

  1. Banyak Fitur Menguntungkan

Terakhir, e-wallet juga mempunyai banyak fitur yang tidak bisa kamu temukan di dompet biasa. Selain bisa kamu gunakan untuk bertransaksi secara elektronik, ada banyak promo seru yang bisa kamu temukan ketika menggunakan e-wallet.

 

Kekurangan e-wallet

Selain kelebihan, ada juga kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan ketika menggunakan e-wallet. Berikut beberapa di antaranya.

 

  1. Belum Semua Merchant Menerima e-Wallet

Di kota-kota besar, kamu bisa dengan mudah melakukan transaksi menggunakan e-wallet karena hampir semua merchant memfasilitasinya. Namun, ketika pergi ke daerah, kamu masih perlu uang tunai karena belum semua merchant menerima pembayaran secara elektronik.

 

  1. Biaya Admin untuk Transaksi Tertentu

Kemudian, yang menjadi pertimbangan lainnya adalah ada biaya administrasi untuk transaksi tertentu, seperti mengisi saldo atau melakukan transfer. Biaya administrasi ini juga sering kali menjadi pertimbangan mengapa orang-orang enggan menggunakan e-wallet.

 

  1. Memfasilitasi Kebiasaan Konsumtif

Terakhir, kekurangan yang satu ini adalah dampak dari kemudahan dan kepraktisan ­e-wallet. Karena segala kemudahan dan keuntungan e-wallet, secara tidak sadar kita pun menjadi lebih sering bertransaksi. Kebiasaan ini mendorong kita pada perilaku konsumtif yang akhirnya bisa memberatkan diri kita sendiri.

 

Oleh karena itu, dengan adanya kelebihan dan kekurangan e-wallet, sebagai pengguna, kita pun perlu bijak dalam bertransaksi supaya kekurangan ini bisa kita minimalisasi.  

 

Penutup

Meskipun ada juga kekurangan e-wallet, tidak ada salahnya mengikuti perkembangan zaman dengan ikut serta menggunakan dompet digital. Salah satu e-wallet paling banyak digunakan di Indonesia adalah LinkAja. Ada banyak kelebihan jika kamu menggunakan LinkAja.

 

Keuntungan yang utama adalah aplikasi dompet digital ini sudah bekerja sama dengan berbagai merchant di seluruh Indonesia. Tak hanya transaksi secara langsung yang bisa menggunakan LinkAja. Kamu juga bisa menggunakannya untuk bertransaksi secara online. Lalu, banyak juga promo yang ada di LinkAja.

 

Oleh karena itu, untuk kamu yang sudah terbiasa menggunakan ­e-wallet, cobalah untuk menggunakan LinkAja. Kamu pasti tidak akan menyesal.