Ini Nih Kegunaan Watermark TikTok! | Telkomsel

Ini Nih Kegunaan Watermark TikTok!

Article

Kamu mungkin bertanya-tanya kenapa ada watermark TikTok ketika download konten di aplikasi TikTok? Memangnya apa sih kegunaan watermark TikTok? Nah, kita bahas tentang watermark dulu aja ya!

 

Apa kamu tahu apa itu watermark? Watermark secara literal diterjemahkan sebagai tanda air. Watermark berfungsi sebagai penada sebuah gambar, seperti foto ataupun desain yang seseorang buat. Penggunaan watermark ini juga digunakan untuk konten video. Bentuk dan peletakan watermark ada bermacam-macam. Ada yang besar, dan ada pula yang kecil. Ada yang di tengah, ada pula yang di pinggir. 

 

Contoh watermark pada konten TikTok yaitu tulisan aplikasi ‘TikTok’ dan user ID yang ada di konten video yang diunduh. Nah, watermark ini menunjukkan aplikasi apa yang digunakan untuk publikasi konten serta siapa yang membuat konten tersebut. Saat ini, watermark TikTok terletak pada bagian samping video.

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai watermark, kamu perlu tahu fungsi-fungsi watermark bagi aplikasi penyedia video maupun pembuat konten. Nah, ini dia beberapa fungsi watermark TikTok pada konten-konten video yang diunduh dari aplikasi TikTok:

 

  1. Memberikan kredit kepada pembuat konten 

  2. Menunjukkan konten ada di aplikasi apa

  3. Mengingatkan pengunduh pada akun pembuat konten

  4. Memperkuat branding dari aplikasi dan pembuat konten

  5. Menjadi media promosi

  6. Mudah dikenali sebagai brand awareness

 

Dengan adanya watermark, tentu orang yang melihat konten akan tahu siapa pembuat konten dan di aplikasi manakah konten dipublikasikan. Pengunduh yang sudah lama download konten pun bisa ingat kembali dengan pembuat konten saat menemukan kembali videonya. 

 

Branding dan promosi juga akan sangat berpengaruh bagi aplikasi TikTok itu sendiri. Orang-orang yang menyukai konten tersebut bisa mengunduh aplikasi TikTok karena ingin melihat konten-konten dari content creator tersebut di aplikasi TikTok. Content creator juga dapat ditemukan dengan mudah karena watermark di konten TikTok ini berfungsi sebagai promosi video-video dari content creator

 

Selain itu, semakin sering video unduhan ditemukan oleh orang lain, user ID pembuat konten juga makin mudah dikenali. Tapi, jangan lupa izin dahulu ya ketika ingin download maupun reupload konten TikTok kreator lain walaupun sudah ada watermark!

 

Baca Juga: Kolaborasi TikTok dan Telkomsel Dukung Masyarakat Lebih Kreatif

 

Lalu, bagaimana ya cara download konten TikTok? Tentunya akan ada watermark pada video TikTok yang kamu download. Berikut ini cara yang cukup mudah untuk mengunduh konten TikTok:

 

  1. Buka aplikasi TikTok dan cari video yang mau di-download di kolom pencarian.

  2. Di video yang mau di-download, klik ikon share atau tanda panah yang ada di pojok kanan bawah layar.

  3. Klik 'save' dan tunggu hingga proses download selesai.

  4. Video TikTok yang sudah kamu unduh pun dapat kamu tonton berulang-ulang.

 

Cara download konten TikTok cukup mudah kan? Ini bisa kamu lakukan ke semua video yang ingin kamu unduh! Kamu dapat kembali mencari username pengguna dengan watermark yang ada di video tersebut jika kamu ingin melihat video-video lainnya dari pembuat konten TikTok tersebut. Begitu pula dengan aplikasinya, kamu tidak akan bingung dari aplikasi mana video ini muncul karena sudah tertera di watermark.

 

Walaupun beberapa orang merasa adanya watermark cukup mengganggu estetika konten, watermark tetap diperlukan supaya konten TikTok tidak dicuri oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Tentunya, watermark lebih banyak keuntungannya untuk pembuat konten. Jika konten TikTok-mu tersebar di internet dan banyak orang yang menyukainya, mereka bisa langsung mengunjungi profil TikTok-mu. 

 

Supaya nyaman internetan dan nonton konten-konten TikTok dari content creator kesukaanmu, gunakan paket Combo Sakti yang udah termasuk kuota SMS dan nelpon juga! Ada juga beberapa paket Combo Sakti yang sudah meliputi langganan Disney+ Hotstar selama sebulan! Buat kamu pecinta film dan serial di Disney+ Hotstar bisa banget pake paket ini. 

 

Kalau masalah kuota yang mau kamu pakai fokus untuk nonton, OMG! Nonton dari Telkomsel bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu. Ada kuota-kuota besar dengan harga yang terjangkau. Mau paket satu hari aja buat TikTok-an? Ada juga nih paket ketengan TikTok yang menawarkan kuota 1 GB TikTok untuk sehari dengan harga Rp 3.600. Langsung aja yuk nih main TikTok dengan kuota ini!

 

Baca Juga: by.U Berikan Kuota TikTok Everyday 1 GB untuk Dukung Kreativitas Creators Indonesia | Telkomsel

 

Temukan paket terbaik untuk Anda

scroll