Hindari 5 Kesalahan Pemula Bisnis Modal Kecil Ini!

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Siapa nih yang ingin merintis atau bahkan sudah mulai bisnis modal kecil? Bagi kamu yang ada keinginan untuk membuat bisnis modal kecil yang berpeluang untung besar, kamu harus mengetahui beberapa kesalahan yang bisa terjadi saat kamu menjalankan bisnis modal kecil. Apa aja ya kesalahan-kesalahan tersebut?

 

Kamu bisa simak 5 (lima) kesalahan pemula bisnis modal kecil di bawah ini, ya!

 

5 (Lima) Kesalahan Pemula Bisnis Modal Kecil

Inilah 5 (lima) hal yang harus dihindari pemula bisnis modal kecil:
 

  1. Dana terlalu kecil sampai kekurangan modal atau dana
    Pertama, kalau modal yang kamu siapkan untuk bisnismu terlalu kecil, usahamu bisa terhambat karena kekurangan dana. Kurangnya dana ini bisa membuat bisnismu merugi bahkan sampai gulung tikar. Jika bisnismu kurang laku di awal sebagai pemula, operasi bisnismu bisa tertahan atau bahkan berhenti kapan saja.

    Solusinya, kamu perlu mempertimbangkan kebutuhan-kebutuhan bisnismu dahulu ya sebelum memutuskan untuk menggunakan sejumlah dana pada bisnis tersebut. Kalau jenis bisnis yang ingin kamu lakukan memang perlu dana lebih, tahan dulu bisnismu untuk kumpulkan lebih banyak modal, ya!
     
  2. Tidak ada perencanaan yang baik
    Nah, kesalahan pertama tadi sebenarnya bisa kamu hindari dengan adanya perencanaan yang baik dari sebelum kamu mulai rintis bisnis tersebut. Kamu perlu membuat rencana bisnis atau business plan yang berisi rencana awal hingga rencana cadangan jika bisnismu mendekati kegagalan. Maka dari itu, penting untuk kamu mengantisipasi semua hal yang bisa terjadi dengan perencanaan yang baik sambil mempertimbangkan banyak hal, ya!
     

Baca Juga: Bisnis Online dan Tips dan Trik Membangunnya di Era Digital
 

  1. Rekening pribadi dan perusahaan digabung
    Selanjutnya, kamu sebagai pemula bisnis sangat tidak dianjurkan untuk menggabungkan rekening pribadi milikmu dengan rekening perusahaan. Hal ini karena kamu akan kesulitan membedakan pemasukan dan pengeluaran pribadi dengan urusan perusahaan yang memiliki kebutuhannya masing-masing. Kamu juga bisa kebingungan untuk menentukan profit dari usaha yang kamu jalankan. Oleh karena itu, pastikan kamu memisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnismu, ya!
     
  2. Manajemen keuangan yang tidak teratur
    Hal keempat yang harus kamu hindari adalah manajemen keuangan yang buruk. Melakukan manajemen keuangan bisnis sangat diperlukan supaya bisnis kamu tetap bisa beroperasi dengan baik. Orang yang berada di bagian finance atau keuangan perusahaan haruslah orang yang pandai dalam mengelola keuangan.

    Jangan sampai kamu mengadakan banyak promo dan potongan harga untuk jasa maupun produk yang kamu tawarkan tapi tidak sesuai dengan keuntungan yang kamu dapatkan. Semuanya harus dipertimbangkan supaya perusahaanmu tidak bangkrut nantinya.
     
  3. Tidak adanya riset pasar
    Hal terakhir yang harus diperhatikan saat kamu memulai bisnis yaitu selalu melakukan riset pasar untuk setiap keputusan bisnis yang kamu buat. Nah, akan bahaya untuk bisnismu jika tidak adanya riset pasar yang dilakukan terlebih dahulu. 

    Riset pasar ini sendiri berguna untuk mengetahui ekspektasi pasar terhadap produk atau jasa termasuk juga harganya. Dengan melakukan riset pasar ini, kamu bisa menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk yang terjadi, seperti produk yang kurang laku dan sebagainya. Selain itu, riset pasar juga digunakan untuk melihat jangkauan bisnis kamu serta mengambil langkah-langkah yang efektif dan terarah untuk bisnismu.

 

Itulah beberapa hal yang harus kamu hindari sebagai pemula bisnis modal kecil. Sebenarnya, bisnis modal kecil pun bisa untung besar jika kamu memiliki semangat yang tinggi dan konsisten dalam berbisnis, dan lebih baik lagi jika kamu melakukan berbagai saran di atas, seperti memastikan manajemen keuangan yang baik untuk bisnis dan melakukan riset pasar. 

 

Eits, jangan khawatir kalau kamu masih bingung tentang bisnis karena kamu bisa belajar bisnis dari dasarnya dengan Kuncie dari Telkomsel. Di Kuncie, ada rencana pembelajaran yang bisa kamu gunakan sehingga kamu tahu bisa mulai belajar bisnis dari mana. Selain itu, ada tips & tricks bisnis yang juga bisa kamu pahami dan praktekkan nanti ketika punya bisnis.

 

Buat kamu yang sudah punya usaha, kamu bisa beriklan dengan produk Telkomsel bernama MyAds ke seluruh pengguna Telkomsel secara spesifik dan tertarget. Telkomsel juga merekomendasikan paket Combo Sakti untuk menemani kamu internetan sambil berbisnis.

 

Yuk, pelajari bisnis bersama Telkomsel!

 

Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Mulai Usaha Sampingan