Bisnis Online dan Tips dan Trik Membangunnya di Era Digital | Telkomsel

Bisnis Online dan Tips dan Trik Membangunnya di Era Digital

Article

Tak dapat dipungkiri, majunya era digital pada masa kini membuka banyak sekali peluang untuk memulai bisnis, terutama bisnis online. Bukan hanya itu, terkadang kamu juga akan terbantu dengan ada kemajuan teknologi baik dari segi mendapatkan ilmu soal bisnis hingga biaya hemat untuk pemasaran. Pada 2021, dalam acara peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia secara daring, pemerintah sendiri juga pernah menargetkan 30 juta UMKM untuk go digital di tahun 2023 nanti. Meskipun demikian, mungkin ada beberapa dari kamu yang masih menemukan kendala saat ingin atau sedang membangun bisnis online. 

 

Tenang, selalu ada cara jika kamu memang benar-benar menginginkannya. Simak tips dan trik berikut ini untuk membangun bisnis online di era digital, yuk!

 

  1. Edukasi Digital

    Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis online adalah mencari tahu sebanyak-banyaknya tentang dunia digital termasuk membangun bisnis di dalamnya. Dengan edukasi digital yang baik, maka perencanaan bisnis online-mu juga akan menjadi semakin matang. Untungnya lagi, banyak sekali edukasi digital yang bisa kamu dapatkan secara berbayar hingga gratis pada masa sekarang, seperti 99% Usahaku. 

     

    Buat kamu yang belum tahu, 99% Usahaku adalah platform atau aplikasi yang diluncurkan oleh Telkomsel yang memberikan banyak sekali edukasi digital terkait pengembangan bisnis online. Beberapa materi pembelajaran digital yang diberikan oleh 99% Usahaku bisa berupa tips mengelola bisnis di berbagai bidan hingga pilihan solusi digital saat bisnis milikmu sedang mengalami kesulitan. Biar kamu nggak makin penasaran, yuk cari tahu di sini.

     

  2. Pemasaran Digital

    Sama pentingnya dengan edukasi digital, mengetahui pemasaran digital yang baik juga merupakan salah satu tips dan trik membangun bisnis online di era digital. Menariknya, di era digital ini, pemasaran yang semakin mudah melalui media sosial justru memiliki sisi positif dan juga sisi negatif. Yup, kamu memang bisa memanfaatkan jaringan yang luas di media sosial untuk memasarkan produk-mu, hal ini juga dilakukan oleh hampir semua orang sehingga pemasaran online yang kamu lakukan harus benar-benar direncanakan dengan baik agar lebih menonjol dibandingkan yang lain. 

     

    Mungkin, kamu bisa memulai pemasaran digital-mu dengan konsep terencana yang didahului dengan riset akan konten-konten yang sedang diminati oleh target market-mu. 

     

  3. Konten yang Menarik

    Menyambung poin pemasaran digital di atas, konten yang menarik juga merupakan salah satu tips dan trik dalam membangun bisnis online di era digital. Pemasaran yang dilakukan secara online membuat seorang pembeli mengandalkan kontenmu untuk menilai menarik atau tidaknya produk yang kamu tawarkan. Maka dari itu, konten memegang peran penting dalam bisnis online yang sedang kamu bangun. Cobalah untuk riset terlebih dahulu sebelum membuat suatu konten, ya!

     

  4. Pentingnya Kolaborasi!

    Kolaborasi juga merupakan hal yang bisa membantumu ketika sedang membangun sebuah bisnis online. Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan melalui kolaborasi antara lain, kamu akan bertukar market sehingga produkmu semakin dikenal orang, menambah relasi dengan pebisnis lainnya, hingga memetik pelajaran dari kolaborasi yang dijalankan.

    Mau mulai kolaborasi tapi bingung dari mana? Tenang, ada pebisnis lainnya yang siap membantu kamu di Kuncie. Melalui Kuncie, kamu akan bertemu dengan pebisnis-pebisnis lainnya yang siap membantu kamu. Mulai dari memberikan tips membangun bisnis online, memberikan tutorial private sebagai mentor, hingga kesempatan untuk berkolaborasi bersama. Banyak banget lho, pebisnis sukses yang akan kamu temui di Kuncie, sebut saja Putri Tanjung, Pamela Wirjadinata, Gilang Margi Nugroho, dan pebisnis keren lainnya. Yakin gak mau coba?

     

  5. Membangun Interaksi di Media Sosial

    Interaksi merupakan hal yang sangat penting di era digital ini, maka dari itu kamu juga harus belajar untuk menjaga interaksi antara dirimu sebagai pemilik bisnis online dengan para pembeli atau calon pembeli. Banyak sekali lho, fitur-fitur di media sosial yang bisa kamu manfaatkan untuk membangun interaksi dengan target market-mu. Misalnya dengan membuat kuis sederhana di Instagram, atau mengadakan polling untuk bertanya pendapat mereka. 

     

Nah, itu dia beberapa tips dan trik meembangun bisnis online yang bisa kamu coba. Semangat terus dan semoga berhasil, ya!

 

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023
 
scroll
Komentar 0
Tulis Komentar
Min. 10 Karakter
0 / 2000
Belum ada komentar
Jadilah orang pertama yang komentar disini!
mock
14 Feb 2024 12:03
mantulllzz keren bgt artikel beber2 sangat membantu!
Laporkan
0
Balas Komentar
Min. 10 Karakter
0 / 2000
DewiLarasati
14 Feb 2024 12:03
mantulllzz keren bgt artikel beber2 sangat membantu!
Laporkan
0
Balas Komentar
Min. 10 Karakter
0 / 2000
Balasan Lainnya (1)
Sembunyikan Balasan

Laporan Anda berhasil dikirim