Cek Mobil Listrik Tesla yang Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

Cek Mobil Listrik Tesla yang Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

 

Kesadaran masyarakat akan upaya pelestarian alam yang semakin tinggi, berpengaruh pada meningkatnya minat akan mobil listrik. Anyway, kalau ngomongin mobil listrik pasti yang bakal terlintas di benak kamu adalah brand Tesla, bukan?

 

Pabrikan mobil asal USA ini memang tengah menguasai market mobil listrik di berbagai negara. Walaupun di Tanah Air sendiri penggunaan kendaraan listrik belum terlalu luas, namun mobil canggih ini tetap banyak peminatnya.

 

Mobil Tesla sendiri nggak cuma mengusung ramah lingkungan sebagai kelebihan utamanya, tetapi juga udah dibekali berbagai fitur canggih kekinian. Lalu tipe apa aja yang udah tersedia di pasaran Indonesia? Simak informasinya.

 

Tipe Mobil Listrik Tesla Indonesia dan Harganya

Ini dia mobil listrik Tesla yang udah bisa kamu beli di Tanah Air. Ketahui spesifikasi dan kisaran harganya.

 

1. Tesla Model S

Tesla merilis tiga varian Model S, yaitu Long Range, P85+, serta yang terbaru Plaid. Masing-masing varian tersebut mempunyai perbedaan dalam jarak tempuh untuk sekali charge baterai, serta kapabilitas akselerasi.

 

Berdasarkan hasil uji coba Motor Trend Amerika Serikat, akselerasi dari 0 hingga 97 km/jam hanya dalam waktu 2,07 detik. Nggak heran kalau tipe tersebut jadi salah satu mobil paling laju di dunia. Untuk jarak tempuhnya sendiri mencapai hingga 560 km dalam sekali pengisian daya.

 

Kisaran harga untuk tipe Long Range mencapai Rp3 miliar, sementara P85+ adalah Rp2,25 miliar, dan tipe terbarunya, Tesla S Plaid dibanderol Rp4,4 miliar. 

 

2. Tesla Model 3

Dirilis pada tahun 2016, Tesla Model 3 adalah sedan yang mempunyai lima dudukan. Jarak tempuhnya bisa mencapai 402 km dalam sekali charge. Konon ini adalah tipe yang paling pas dan aman untuk newbie yang baru coba-coba pakai mobil listrik. 

 

Fitur-fitur yang dibekalkan pada model entry level ini juga nggak kalah canggih dengan tipe yang lebih mahal lainnya. Ini antara lain fitur semi otonomus autopilot yang nggak terlalu membutuhkan intervensi dari pengendara.

 

Selain itu juga ada fitur smart summon yang bisa bikin mobil kamu keluar dari tempat parkir secara otomatis dan mendatangi lokasimu. Keren, kan?

 

Mobil Tesla ini juga dibanderol paling terjangkau di antara yang lain, yaitu berkisar Rp1,5 miliar.

 

3. Tesla Model X

Kalau mau tipe yang paling praktis, tipe yang satu ini bisa jadi pilihan karena jadi satu-satunya mobil SUV Tesla yang cocok untuk mobil keluarga. 

 

Mobil yang rilis di tahun 2015 ini mempunyai keistimewaan pada pintu baris kedua yang bisa kamu buka secara gullwing, alias terbuka ke atas seperti kepak sayap burung. Nggak cuma biar kelihatan keren aja, mekanisme canggih ini juga punya fungsi khusus.

 

Tujuannya agar pemilik dapat membuka pintu mobil dengan lebih leluasa walaupun di tempat sempit.

 

Selain bisa muat banyak orang, mobil ini punya jarak tempuh yang lumayan, yaitu mencapai 490 km dalam sekali pengisian daya.  Performanya pun nggak bisa dianggap enteng karena sanggup melaju dari 0 sampai 100 km/jam dalam waktu 2,7 detik aja.

 

Untuk harganya berada di angka Rp3 miliar untuk varian X Long Range dan Rp4,4 miliar pada model X Plaid.

 

4. Tesla Model Y

Tesla Indonesia baru-baru ini juga memperkenalkan Tesla Model Y, yang boleh dibilang versi crossover dari Tesla Model 3. Pada varian Long Range-nya kendaraan ini dapat berakselerasi dalam waktu 4,8 detik dari 0 sampai 100 km/jam. Tipe yang satu ini juga diklaim mampu menempuh jarak hingga 532 km dalam sekali pengisian baterai.

 

Sementara untuk varian Y Performance, justru lebih kencang lagi! Hanya dalam waktu 3,5 detik saja, mobil ini mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam.

 

Kamu perlu menyiapkan dan sekitar Rp2 miliar untuk membawa pulang mobil keren ini.

 

5. Tesla Cyber Truck

Truk dengan desain unik nan futuristik ini untuk sekarang masih belum bisa kamu beli di Indonesia karena masih dalam tahap uji coba. Meski demikian, peminatnya bisa memesan sembari menunggu Tesla memproduksi kendaraan ini secara massal.

 

Konon walaupun bodinya bongsor, tapi mobil ini nggak kalah performanya dari mobil sport. Kalau mau order juga, kamu harus bayar uang muka dulu sebesar Rp100 juta. 

 

Kelebihan Mobil Listrik Tesla

Mobil Tesla memang dikenal lebih ramah lingkungan karena nggak menghasilkan gas buangan pemicu pencemaran udara. Sementara kelebihannya yang lain adalah:

 

  • Bagian dalamnya lebih minimalis karena fungsi-fungsi yang biasa ada di dashboard telah berpindah dalam satu monitor saja.
  • Mobil listrik ini bisa diisi daya dalam waktu 15 menit saja dengan fitur supercharger dan sanggup menempuh jarak 200 km.
  • Ada fitur autopilot yang bisa meminimalkan human error penyebab kecelakaan
  • Lebih senyap sehingga pengemudi dapat menyetir lebih santai dan fokus

 

Penutup

Berminat beralih ke mobil listrik? Jika begitu kamu perlu tahu lokasi titik-titik pengisian daya alias SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) yang paling terjangkau. Agar lebih praktis, bayarnya bisa pakai LinkAja

 

Ini adalah aplikasi dompet digital yang memudahkanmu dalam beli pulsa, paket data, online shopping, bayar di SPKLU, dll cukup dari ponsel kamu. Yuk, unduh sekarang juga.