Cara Mengatur Uang Bulanan dengan Gaji 3 Juta agar Tidak Boros

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Berapa gaji yang kamu miliki sekarang? Pengelolaan penghasilan jadi rahasia bagaimana kamu bisa selalu cukup dengan penghasilan berapa pun. Misalnya saja dengan penghasilan 3 juta. Cara mengatur uang bulanan dengan nominal ini tentu bisa kamu lakukan dengan beberapa strategi supaya cukup, bahkan tetap bisa menabung.

 

Pernah melihat orang yang berpenghasilan besar, tetapi masih saja sering mengeluh keuangannya kurang? Jika itu terjadi pada kamu, maka rahasianya ada pada cara pengelolaan keuangan bulanan. Manajemen adalah salah satu rahasia keberhasilan sesuatu yang kadang orang abaikan, termasuk soal manajemen keuangan.

 

Bagaimana Cara Mengatur Uang Bulanan?

Cara mengelola uang dengan baik perlu kamu pelajari sejak dini. Sebelum kamu berumah tangga misalnya, perlu sekali belajar bagaimana mengelola uang bulanan.

 

Nah, berikut ini beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk mengelola keuangan bulanan dengan gaji 3 juta.

 

1. Buat Rencana Pengeluaran Bulanan 

Langkah pertama kamu perlu membuat daftar pengeluaran bulanan yang menjadi prioritas. Pengeluaran wajib apa aja yang harus kamu keluarkan. Misalnya biaya cicilan atau sewa rumah, tagihan rutin, biaya makan, pendidikan anak, dan seterusnya. Catat yang benar-benar jadi kebutuhan.

 

Tujuan kamu membuat rencana pengeluaran bulanan ini adalah agar tidak ada pengeluaran-pengeluaran yang tidak prioritas. Hal-hal tak penting memang kadang jadi penyebab banyaknya pengeluaran.

 

2. Sisihkan Uang untuk Menabung

Jangan lupa menyisihkan sebagian penghasilanmu untuk menabung. Jumlahnya bisa 10 sampai 15% dari jumlah penghasilan.

 

Cara ini tentu saja bisa kamu pilih jika semua pengeluaran wajib sudah kamu alokasikan. Kalau kamu dalam kondisi tidak bisa menabung setiap bulannya, artinya kamu butuh peluang penghasilan tambahan untuk membuat keuangan kamu lebih sehat.

 

Kalau setiap bulannya hanya pas-pasan atau bahkan kurang, maka kamu perlu memikirkan bagaimana caranya mendapatkan penghasilan tambahan untuk menabung.

 

3. Hidup Hemat

Hidup hemat bukan berarti pelit. Hidup hemat adalah membatasi pengeluaran yang tidak penting. Misalnya kamu punya kebiasaan suka ke mall beberapa kali dalam sebulan. Shopping, nongkrong di kafe, atau jajan tidap hari, yang kadang membuat pengeluaran bengkak.

 

Mulailah menghindari kebiasaan yang dapat mengganggu keuangan kamu. Apalagi jika keuangan kamu dalam kondisi sulit dan pas-pasan. Kebiasaan yang menghabiskan uang tersebut akan membuat kamu semakin sulit merencanakan keuangan. 

 

Mulailah mencari aktivitas produktif yang bisa menambah penghasilan. Kamu bisa memberi hadiah kepada diri kamu sendiri dengan berbelanja, atau refreshing setelah diri kamu melakukan hal positif yang produktif untuk keuangan. 

 

4. Cari Tambahan Penghasilan

Jika kondisi keuangan kamu pas-pasan, kurang, atau belum ada alokasi yang bisa kamu gunakan untuk menabung, maka mulailah mencari tambahan penghasilan.

 

Tambahan penghasilan ini bisa kamu lakukan secara freelance, bisa memanfaatkan teknologi dan internet sehingga bisa kamu lakukan secara freelance tanpa harus mengganggu aktivitas pekerjaan kamu. 

 

Ada banyak peluang penghasilan tambahan yang bisa kamu upayakan. Salah satunya dengan mengembangkan hobi, membuka layanan jasa, bergabung dengan bisnis orang lain, dan seterusnya. 

 

Setiap orang memiliki peluang dan potensi yang berbeda, kamu bisa mengoptimalkannya untuk meraih penghasilan tambahan.

 

5. Jangan Kredit Barang

Jika gaji kamu cuma 3 juta, maka hindari dulu melakukan kredit barang. Kamu mungkin punya keinginan memiliki barang-barang tertentu untuk kebutuhan, tapi tahan dulu keinginan kamu. 

 

Jika ingin kredit barang, maka jangan menggunakan gaji pokok yang hanya 3 juta tersebut. Kamu perlu mengalokasikannya dari penghasilan tambahan atau melalui tabungan yang kamu kumpulkan.

 

Lebih giat dalam mencari penghasilan tambahan maka kamu bisa punya pemasukan yang lebih di atas 3 juta.

 

Gaji 3 juta sebaiknya kamu prioritaskan untuk tujuan pemenuhan kebutuhan pokok lebih dulu. Apalagi jika kamu sudah berkeluarga, biaya ini tentu akan banyak terpakai untuk kebutuhan rumah tangga. 

 

6. Evaluasi Keuangan Setiap Bulan

Cara mengatur uang gaji bulanan 3 juta yang tak boleh kamu lupakan adalah membuat evaluasi keuangan setiap bulan. 

 

Evaluasi ini penting untuk memastikan keuangan kamu bisa terkelola lebih sehat. Pangkas hal-hal yang tak penting dan alihkan untuk alokasi saving yang lebih produktif. Tanpa adanya evaluasi ini, kamu akan sulit melihat mana kebutuhan dan mana keinginan. 

 

Evaluasi ini sekaligus juga bisa membantu kamu membuat keputusan mencari penghasilan tambahan untuk kebutuhan hidup. 

 

Penutup

Walaupun gajimu hanya 3 juta, jangan lupa alokasikan untuk tabungan. Apalagi jika kamu belum berumah tangga. Gaji 3 juta ini masih cukup untuk kamu alokasikan sebagiannya untuk tabungan. 

 

Buat kamu yang sering sulit dalam menabung, kamu bisa pakai aplikasi Telkomsel Redi. Sebuah aplikasi pintar yang akan membantu kamu mengelola beberapa rekening bank hanya dari satu aplikasi.

 

Kamu perlu membuat rekening khusus untuk menabung. Semua itu bisa lebih mudah kamu lakukan menggunakan aplikasi Telkomsel Redi. 

 

Selengkapnya tentang aplikasi ini bisa kamu cek di sini.

 

Telkomsel Redi merupakan produk layanan dari Telkomsel yang membantu masyarakat cermat dalam mengelola keuangan. 

 

Telkomsel hadir dengan berbagai layanan yang mendukung pengembangan inklusi finansial di Indonesia. Mendorong perencanaan keuangan melalui usaha bisnis masyarakat di setiap level.

 

Baca juga: Langkah Telkomsel Berdayakan UMKM

 

Cara mengatur uang bulanan bisa lebih cermat menggunakan Telkomsel Redi. Kelola keuangan kamu dari sekarang untuk mencapai target merdeka finansial di masa akan datang.