Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Sebagai Content Creator

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

TikTok menjadi salah satu platform media sosial paling populer di era ini. Tak hanya di Indonesia, platform ini juga populer di berbagai negara di dunia. Sebab, tidak hanya untuk bermedia sosial, untuk mereka yang kreatif, TikTok bahkan bisa membuka banyak cara mendapatkan uang dari platformnya tersebut.

 

Salah satunya dengan menjadi content creator. Saat ini, peluang mendapatkan uang dari TikTok dengan membuat konten cukup menjanjikan. Terutama untuk kita yang tinggal di Indonesia, di mana penggunanya sangat banyak. Kamu akan lebih mudah mendapatkan followers, selama konten yang kamu buat sesuai dengan minat sebagian besar orang.

 

Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula? Kamu bisa memulainya dengan mengikuti beberapa tahap berikut. Namun, sebelum itu, pastikan juga kamu sudah mengunduh aplikasi ini dan memahami bagaimana cara kerja aplikasi TikTok.

 

Cara Monetisasi TikTok untuk Creator

Sudah siap untuk menjadi content creator profesional di TikTok? Yuk, pelajari syarat dapat uang dari TikTok berikut. Pertama-tama, kamu harus punya follower yang cukup terlebih dahulu. Merekalah yang nantinya akan menjadi pendukungnya dalam menghasilkan uang dari platform ini.

 

Setelah memiliki follower yang cukup, berikut adalah hal-hal yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari TikTok.

 

1. Daftar Creator Marketplace

Pertama-tama, kamu perlu mendaftar sebagai Creator Next di TikTok. Dengan mendaftar Creator Next, kamu bisa menikmati beberapa fitur untuk monetisasi, seperti Dana Kreator, Hadiah Video, Hadiah LIVE, Kita, dan tentu saja Creator Marketplace.

 

Syarat untuk mendaftar sebagai Creator Next adalah:

  • berusia minimal 18 tahun
  • memenuhi jumlah minimum pengikut serta tayangan video
  • membuat unggahan konten TikTok setidaknya 3 kali selama 30 hari terakhir
  • memiliki reputasi akun yang baik.

 

Setelah semua syarat terpenuhi, kamu bisa langsung mendaftar. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Pada aplikasi TikTok, klik “Profil” 
  • Ketuk ikon garis tiga yang ada pada bagian kanan atas untuk membuka pengaturan
  • Setelah itu, klik “Alat Kreator”. 
  • Kemudian, klik “Daftar” di samping “Creator Next”. Ikuti saja perintah pendaftaran.

 

Dengan langkah-langkah di atas, kamu yang memenuhi syarat mungkin saja mendapatkan penawaran untuk menjadi Creator Next. Penawaran tersebut berupa notifikasi yang ada di Kotak Masuk TikTok. Jika kamu mendapatkan penawaran tersebut, langsung saja ikuti perintah pendaftaran.

 

Setelah sukses menjadi Creator Next, saatnya untuk mulai menghasilkan uang dari Tiktok. Kamu bisa langsung menuju cara selanjutnya.

 

2. Video & LIVE Gift

Di TikTok, kamu bisa membuat siaran langsung. Berbeda dengan siaran langsung yang ada di Instagram atau YouTube, followers di TikTok tidak hanya bisa menonton. Mereka juga bisa memberikan hadiah. Selanjutnya, hadiah-hadiah yang diberikan oleh followers bisa kamu tukarkan dengan uang.

 

3. Jualan Lewat TikTok Shop

Selanjutnya, TikTok juga mempunyai fitur TikTok Shop. Kamu bisa berjualan lewat TikTok Shop dan mengumpulkan pundi-pundi uang di sana.

 

Untuk bisa menjual barang di TikTok Shop, kamu harus login terlebih dahulu di situs TikTok Shop di sini. Tidak perlu membuat akun baru, kamu bisa Sign up menggunakan akun TikTokmu. Kemudian, klik “Authorize” agar akun TikTok kamu bisa mengakses TikTok Shop.

 

Setelah akun TikTok Shop berhasil dibuat, kamu bisa melengkapi formulir pendaftaran toko. Selanjutnya, buat pengaturan di akun TikTok Shop. Setelah semua proses selesai, kamu akan mendapatkan konfirmasi dari TikTok Shop. Aktivitas jual-beli pun bisa kamu mulai.

 

4. TikTok Shop Affiliate

Lebih memilih menjadi influencer daripada membuat akun TikTok Shop? Kamu bisa monetisasi dengan menjadi TikTok Shop Affiliate. Dalam hal ini, kamu bisa menjadi bagian dari tim promosi perusahaan lain.

 

Sebagai influencer, kamu bertugas untuk mempromosikan produk/jasa dari perusahaan yang kamu ajak kerja sama. Affiliate dalam dunia marketing juga sedang populer di era ini.

 

Baca Juga: Jadi Next Generation yang Melek Digital Bareng IndonesiaNEXT

 

5. Endorsement Brand

Di TikTok, ada juga konsep endorsement yang mungkin sudah kerap kamu dengar. Seorang influencer bisa mendapatkan uang dengan cara mempromosikan brand pihak lain. Kamu bisa mencobanya.

 

6. Mengarahkan Pengikut ke Platform Lain

Lalu, kamu juga bisa menautkan link platform lain ke konten TikTokmu, seperti Facebook, Instagram, YouTube, atau website. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan pengunjung organik.

 

7. Melakukan Promosi Musik

Terakhir, untuk kamu yang merupakan produser, penyanyi, atau profesi lainnya di bidang musik, platform TikTok juga sangat cocok kamu jadikan sebagai media promosi. Dengan mengunggah video kamu saat bermusik, potensi untuk menarik perhatian dari lebih banyak orang akan kamu peroleh.

 

Udah siap untuk menjadi content creator populer selanjutnya? Sebelum melakukan berbagai cara menghasilkan uang dari TikTok di atas, kamu harus aktif dan mempelajari seluk-beluk TikTok terlebih dahulu. Pastikan sinyal kamu kuat agar bisa mengakses TikTok dengan lancar dan puas.

 

Pakai Telkomsel untuk akses TikTok sepuasnya. Ada kuota ketengan TikTok yang membuat kamu lebih bebas dalam mengakses TikTok. Selanjutnya, kamu bisa melakukan berbagai cara mendapatkan uang dari TikTok yang sudah dijelaskan di sini. 

Ketengan Utama