Jadi Next Generation yang Melek Digital Bareng IndonesiaNEXT | Telkomsel
BAGIKAN

Jadi Next Generation yang Melek Digital Bareng IndonesiaNEXT

Article
Jadi Next Generation yang Melek Digital Bareng IndonesiaNEXT

Telkomsel terus berkomitmen memaksimalkan dampak positif kehadirannya di tengah-tengah masyarakat, termasuk pada sektor pendidikan. Salah satu upaya yang ditempuh adalah melalui IndonesiaNEXT, sebuah program tanggung jawab sosial yang menyasar peningkatan kompetensi para mahasiswa/i.

 

Hard skill dan soft skill mereka bakal dilatih lewat berbagai kegiatan dan metode di IndonesiaNEXT untuk memperkaya kapabilitas digital agar berdaya saing dan siap menghadapi tantangan global. Sejak diluncurkan pada tahun 2016, IndonesiaNEXT mendapat sambutan hangat dari > 73.700 pendaftar dari berbagai perguruan tinggi dan mencetak lebih dari 4.378 peserta bersertifikasi internasional.

 

Berikut informasi singkat mengenai perjalanan IndonesiaNEXT dari awal penyelenggaraannya:

 

Jadi Next Generation yang Melek Digital Bareng IndonesiaNEXT

 

IndonesiaNEXT Season 6

 

As we know, di zaman serba digital ini, penting banget untuk bisa adaptasi terhadap perkembangan teknologi agar tetap dapat bersaing di era yang makin kompetitif. Nah, mengambil tema Fortitude and Action, IndonesiaNEXT season 6 yang telah berlangsung mulai Oktober 2021 hingga akhir Mei 2022 kemarin telah mampu membantu para mahasiswa untuk mempersiapkan diri agar memiliki growth and agile mindset melalui berbagai rangkaian acara dengan metode blended learning.

 

Baca Juga: Mimpi Moses Angkat Potensi Mahasiswa di Indonesia Timur

 

Rangkaian acara pertama yang diikuti oleh para peserta adalah webinar untuk berbagi insight mengenai kriteria digital talent yang dibutuhkan oleh industri masa kini agar senantiasa kompetitif, adaptif, kreatif, dan inovatif sekaligus memiliki literasi digital yang baik. Kemudian, tahapan acara selanjutnya adalah hard skill training yang terdiri atas enam materi, yaitu pembelajaran Adobe Photoshop Creative Cloud, Adobe Illustrator Creative Cloud, Adobe After Effect Creative Cloud, Adobe Premiere Pro Creative Cloud, Microsoft Office Powerpoint, dan Microsoft Office Excel. Nggak cuma sebatas training, para peserta juga mengikuti international certification sebagai Microsoft Office Specialist dan Adobe Certified Professional agar memiliki sertifikat resmi yang dapat digunakan untuk memperkuat Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) saat melamar pekerjaan.

 

Peserta juga dibekali dengan soft skill training sebelum melanjutkan ke Area Bootcamp. Soft skill training ini terdiri atas pemberian materi dan insight mengenai cara presentasi dan komunikasi yang efektif melalui komunikasi visual dan project management. 300 best students yang telah mengikuti training kembali melalui proses assessment hingga tersisa 120 best students yang bisa mengikuti Area Bootcamp.

 

Peserta yang lolos ke Area Bootcamp harus mempresentasikan ide terkait "Creative and Innovative Idea of Digital or Technology" pada tahap kualifikasi agar bisa menjadi salah satu dari 34 peserta yang lolos ke National Bootcamp yang menjadi tahap terakhir IndonesiaNEXT Season 6. Di tahap terakhir ini dilakukan pemilihan National Best Talents IndonesiaNEXT dari tiga kategori yaitu Best of The Best Talents, 9 Best Talents IndonesiaNEXT Season 6, dan 24 Runner up Talents IndonesiaNEXT Season 6.

 

Baca Juga: Telkomsel Umumkan Best Talents Program IndonesiaNEXT Season 6

 

Keberhasilan IndonesiaNEXT mencetak ribuan mahasiswa bersertifikasi internasional adalah wujud nyata komitmen Telkomsel untuk mendampingi masyarakat di setiap aspek kehidupan, termasuk sektor pendidikan. Dengan pembekalan literasi digital yang baik, diharapkan akan mendorong lahirnya berbagai inovasi yang bisa menjawab kebutuhan masyarakat di masa depan.