Cara Jualan di Shopee Food untuk Pemula Cek di Sini!

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Apakah kamu seorang pemula dalam berbisnis makanan atau minuman dan ingin tahu cara jualan di Shopee Food? Shopee Food adalah sebuah fitur jual beli makanan yang cukup baru dari e-commerce Shopee. Fitur yang baru dikenalkan pada Januari 2021 ini berguna untuk membeli makanan atau minuman secara online.

 

Kamu dapat menemukan berbagai jenis restoran dan rumah makan yang bekerja sama dengan Shopee Food untuk mengantar pesanan dari restoran mereka. Cara menggunakan fitur ini yaitu pembeli bisa pergi ke bagian Shopee Food di aplikasi Shopee, lalu memesan makanan atau minuman dari sebuah merchant yang terdaftar di Shopee Food. Kemudian, mitra driver dari Shopee Food akan mengambil pesanan pembeli tersebut di merchant atau restoran untuk diantarkan kepada pembeli.

 

Bagi para penjual makanan atau merchant Shopee Food, berbisnis seperti ini cukup menguntungkan karena pengguna aktif Shopee sudah cukup banyak sehingga nama restoran pun berpotensi muncul saat pencarian menu. Dengan begitu, banyak rumah makan bisa lebih dikenal lagi dan kemungkinan jumlah pembeli pun bertambah.

 

Gimana ya caranya untuk daftar jadi merchant Shopee Food? Nah, Telkomsel akan bagikan cara daftar Shopee Food sebagai penjual untuk kamu di bawah ini:

 

  1. Install aplikasi Shopee Partner
    Kamu harus mulai mendaftar sebagai merchant Shopee Food melalui aplikasi Shopee Partner yang bisa di-install di link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.shopeepay.merchant.id&hl=in&gl=US untuk Google Play Store dan link https://apps.apple.com/id/app/merchant-shopeepay/id1522810441 untuk App Store.

  

  1. Log in atau sign up ke Shopee Partner
    Kamu bisa masuk atau mendaftarkan akunmu dengan nomor handphone. Caranya yaitu masukkan nomor handphone-mu dan tunggu kode OTP dikirim melalui SMS untuk membuat akun. 

 

  1. Pilih tipe usaha
    Setelah berhasil daftar atau masuk, pilih tipe usaha untuk pendaftaran tokomu.
    a)   Kalau usaha berupa PT/CV, isi pada formulir yang ada.
    b)   Kalau usaha berupa badan usaha perseorangan, klik Mulai Aktivasi dan pilih tipe bisnis yang ingin didaftarkan.

 

  1. Lengkapi berkas
    Perbedaan tipe usaha akan membutuhkan dokumen yang berbeda-beda pula. Lengkapi dokumen yang diperlukan.

 

  1. Isikan data diri
    Lengkapi data diri kamu secara terperinci dan tepat sesuai tipe usaha yang dipilih, ya! Isi nama, jenis dan bentuk usaha yang dilakukan, serta alamat lokasi usaha.

 

  1. Unggah foto outlet usaha
    Siapkan juga foto outlet usahamu.

 

  1. Konfirmasi pendaftaran
    Setelah mengecek data yang sudah diinput, konfimasikan pendaftaranmu untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

 

  1. Lakukan verifikasi
    Verifikasi akun merchant Shopee Food-mu! Proses verifikasi bisa mencapai 14 hari kerja. Kamu bisa cek melalui aplikasi Shopee Partner atau e-mail secara berkala.

 

  1. Lengkapi tokomu
    Setelah berhasil registrasi, kamu bisa buat kategori menu, buat menu, dan atur jam operasional untuk restoran atau tokomu di Shopee Food.
     

Baca Juga: Go Digital, Kiat Sukses Rintis Bisnis UMKM Zaman Now

 

Perhatikan dan persiapkan juga hal-hal yang detail dari tokomu supaya pembeli tertarik dengan jualanmu di Shopee Food. Berikut ini Telkomsel berikan beberapa tips jualan di Shopee Food yang bisa kamu lakukan ketika jadi merchant Shopee Food:
 

  1. Buat nama restoran kamu dengan nama menu yang paling laris terjual
  2. Siapkan banner restoran yang menarik
  3. Tampilkan menu rekomendasi paling atas
  4. Tampilkan menu yang menarik
  5. Ikuti promo yang ada di Shopee Food
  6. Promosikan restoranmu melalui media sosial

 

Nah, lakukan tips tersebut ya supaya bisnismu makin terlihat dan makin untung! Terus, sebelum mulai berjualan makanan atau minuman dari tokomu di Shopee Food, kamu perlu belajar strategi-strategi bisnis online yang nantinya bisa kamu terapkan di tokomu. Maka dari itu, kamu bisa belajar dengan menggunakan Kuncie dari Telkomsel yang berisi video tutor, rencana pembelajaran, dan tips and tricks dalam berbisnis online.

 

Ada juga 99% Usahaku untuk akses pasar lebih luas dan digitalisasi UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Kamu bisa juga iklankan restoranmu dengan MyAds ke pengguna Telkomsel secara spesifik dan tertarget! Gunakan juga paket bulanan Internet Sakti atau Combo Sakti untuk menemani usahamu di Shopee Food, ya! Semoga berhasil dan sukses jualannya, ya!

 

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Online | Telkomsel

 

Temukan paket terbaik khusus untuk Anda