Budget Liburan ke Bali Sendiri untuk 1 Minggu, Cuma 2 Jutaan!

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Ingin berlibur ke Bali? Biaya yang kamu perlukan ternyata tidak terlalu mahal, lho. Kamu bisa berlibur ala-ala backpacker dengan budget hanya Rp2 jutaan saja. Itu artinya, jika ingin berlibur dua orang, kamu hanya butuh budget kurang lebih Rp4 jutaan. Cukup murah, bukan?

 

Liburan murah sebenarnya tidak mustahil. Untuk tempat wisata populer seperti Bali pun, kamu sebenarnya bisa mengatur dana liburan kurang dari Rp2 juta. Namun, kamu benar-benar harus menyiapkannya alias well prepared.

 

Sebagai bahan referensi, kamu bisa menyimak rencana budget liburan ke Bali berikut. Dari tiket kedatangan hingga tinggal di Bali selama 7 hari penuh, semuanya tidak lebih dari Rp2,5 juta. Penasaran apa saja anggaran yang perlu kamu siapkan? Langsung saja ikuti pembahasan lengkapnya berikut.

 

Rincian Budget Liburan ke Bali 2 Orang

Dengan siapa kamu ingin menghabiskan liburan murah di Bali? Ajak teman liburanmu untuk mengikuti rincian biaya liburan ke Bali 1 minggu berikut. Kamu dan teman liburanmu pasti bisa berlibur menyenangkan dan murah.

 

1. Tiket Pesawat: Beli saat Low Season

Bisakah kamu berlibur di Bali dengan budget 2 juta dengan menggunakan pesawat? Jawabannya adalah sangat mungkin. Caranya adalah dengan membeli tiket pesawat saat low season. Kamu juga perlu sering-sering mengecek promo tiket pesawat di marketplace agar bisa mendapatkan tiket dengan harga terbaik.

 

Alokasi tiket pesawat PP yang perlu kamu siapkan adalah Rp750 ribuan dengan catatan membeli saat promo dan low season. Kamu bisa berlangganan newsletter dari penyedia jasa tiket pesawat untuk mendapatkan informasi promo-promo yang sedang berlangsung.

 

Jika ingin biaya perjalanan yang lebih murah lagi, kamu bisa menggunakan armada lain, yakni kereta dan kapal atau bus. Biaya perjalanannya mungkin akan lebih murah dari nominal tersebut.

 

2. Penginapan: Lebih Hemat dengan Couchsurfing

Setelah tiket perjalanan selesai, saatnya kamu memikirkan penginapan. Rincian biaya untuk penginapan adalah Rp500.000/orang selama 6 malam di Bali. Agar mendapatkan penginapan yang murah, kamu bisa memanfaatkan couchsurfing.

 

Untuk kamu yang masih asing dengan couchsurfing, ini adalah istilah untuk layanan media sosial yang berupa hospitality exchange bagi para traveler.

 

Secara sederhana, situs tersebut semacam jaringan silaturahmi bagi para pelancong. Kamu bisa menginap dengan biaya yang lebih murah, bahkan gratis, melalui situs tersebut.

 

Namun, yang perlu kamu perhatikan adalah couchsurfing tidak 100% aman. Kamu harus tetap waspada dalam memilih host couchsurfing.

 

Agar hemat, pastikan untuk penginapan, entah menggunakan metode couchsurfing atau mencari penginapan murah, biaya per malam tidak boleh lebih dari Rp100 ribuan.Untungnya, di Bali kamu bis menemukan banyak penginapan murah.

 

3. Makanan: Cari Tempat Makan Murah

Demi menghemat biaya, kamu perlu lebih berhemat dalam mengalokasikan uang untuk makan. Jangan tergiur dengan makanan mewah di Bali. Kamu bisa memilih tempat makan murah di pinggir jalan asal khas Bali.

 

Dengan budget Rp500 ribuan selama 7 hari, kamu masih bisa mendapatkan makanan yang layak untuk dua kali makan.

 

Baca Juga: Konvergensi Telko dan Industri Finansial: Simbiosis Mutualisme yang Lahirkan Inovasi Fintech

 

4. Tempat wisata: Cari yang Gratis!

Pilihan tempat wisata juga harus kamu rencanakan sebelum keberangkatan. Karena kamu mengutamakan liburan hemat, pilih saja tempat wisata yang gratis.

 

Asal kamu tahu, ada banyak sekali tempat wisata gratis, lho, di antaranya adalah Pantai Kuta, Pantai Jimbaran, Pantai Suluban, Bukit Campuhan, serta Pura Taman Saraswati Ubud.

 

5. Transportasi: Jalan kaki atau Transportasi Umum

Lalu, untuk transportasi selama di Bali, kamu bisa memanfaatkan tenagamu. Jalan kaki bisa jadi pilihan untuk menjangkau tempat wisata yang dekat. Kamu juga bisa memanfaatkan transportasi umum. Rincian biaya transportasi kurang lebih Rp150.000.

 

6. Oleh-Oleh Murah

Terakhir, kamu juga masih bisa menganggarkan untuk membeli oleh-oleh murah, lho. Dari budget Rp2 jutaan untuk berlibur di Bali, kamu bisa menyisihkan sekitar Rp50.000 untuk membeli oleh-oleh murah. Kamu bisa membeli aksesoris gelang yang harganya masih sangat murah.

 

Dana yang Harus Disiapkan

Sudah siap untuk berlibur di Bali dengan budget tipis? Buat rencana sekarang juga, ya. Gambaran rencana budget liburan ke Bali secara lebih detail ada pada tabel berikut.

 

No Rincian Kebutuhan Alokasi Dana
1 Tiket pesawat low season Rp750.000
2 Penginapan Rp500.000
3 Makanan Rp500.000
4 Tempat Wisata Gratis
5 Transportasi Rp150.000
6 Oleh-oleh Rp50.000

 

 

 

 

 

 

 

 

Siapa pun bisa memenuhi biaya liburan ke Bali sendiri menggunakan panduan di atas. Selain menyiapkan tabungan di rekening bank, untuk berjaga-jaga, kamu juga bisa menabung di LinkAja. Selama di Bali, transaksi akan lebih cepat dan praktis menggunakan e-wallet. Dalam hal ini, solusinya adalah menggunakan LinkAja.

 

Untuk berlibur selama 7 hari penuh di Bali, budget Rp2 jutaan bukanlah hal yang mustahil. Estimasikan saja bahwa perjalanan PP ke Bali memakan waktu 2 hari. Lalu, kamu bisa menikmati 5 hari penuh di Bali. Ini adalah rincian biaya yang cukup logis.