Apa Itu OJK? Fungsi,Tugas dan Wewenang di Industri Keuangan

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Di setiap aktivitas keuangan online yang kamu lakukan, ada baiknya untuk memilih lembaga keuangan yang diawasi oleh OJK. Bagi yang belum mengenal apa itu OJK, yuk, cari tahu secara detail  mengenai OJK beserta fungsi dan wewenangnya.

 

Tugas dan wewenang OJK sendiri tergolong banyak. Selain melindungi konsumen juga ada sejumlah tugas lain yang perlu kamu tahu.

 

Apa Itu OJK?

OJK merupakan kependekan dari Otoritas Jasa keuangan. Ini adalah sebuah lembaga independen yang berkaitan dengan sektor keuangan. Tugas utama OJK yaitu melakukan pengawasan pada sektor terkait.

 

Lembaga ini mengawasi semua kegiatan di sektor keuangan. Adapun pengawasannya meliputi kegiatan yang terdapat pada sektor pasar modal, industri keuangan nonbank dan sektor perbankan.

 

Sektor nonbank yang diawasinya juga meliputi beberapa ranah seperti:

 

  • Asuransi
  • Dana pensiun
  • Lembaga pembiayaan
  • Dan sejenisnya

 

Fungsi OJK yang Paling Utama

Sebagai lembaga independen, OJK bebas dari campur tangan pihak lain. Lembaga tersebut punya banyak fungsi, dan beberapa fungsi utamanya adalah sebagai berikut.

 

1. Mengatur Jasa Keuangan

Salah satu misi OJK adalah memenuhi amanat UU (Undang-Undang) dalam prosedur pengaturan jasa keuangan. Selain itu juga membantu menjalani pembentukan lembaga, atau lebih tepatnya sebuah lembaga pengawasan di sektor keuangan.

 

Dalam mengatur jasa keuangan, lembaga memiliki fungsi untuk membuat sebuah sistem pengaturan. Sistem tersebut meliputi pemeriksaan, pengawasan dan juga penyidikan secara menyeluruh di berbagai sektor jasa keuangan.

 

Sistem yang mereka ciptakan ini semata-mata untuk membantu berbagai lembaga keuangan agar berjalan dengan baik.

 

2. Mewujudkan Pertumbuhan Sistem Keuangan

Fungsi OJK selanjutnya yaitu untuk mengembangkan industri jasa di bidang keuangan demi mewujudkan pertumbuhan di sektor terkait. Terlebih saat ini, sistem keuangan sudah semakin maju karena mengikuti perkembangan teknologi.

 

Teknologi membantu mempercepat pertumbuhan sektor keuangan. Karena itulah, sektor tersebut membutuhkan sebuah sistem yang tepat untuk mendukungnya. Salah satu contohnya seperti laporan keuangan untuk mempermudah prosesnya.

 

3. Melindungi Konsumen

Fungsi yang tak kalah penting dari lembaga ini yaitu untuk melindungi semua konsumen. Teknologi membawa sektor keuangan menjadi industri yang semakin kompleks yang berpeluang terjadinya berbagai masalah dan pelanggaran.

 

Untuk meminimalisir dan mencegah adanya permasalahan, OJK hadir memberikan perlindungan kepada konsumen. Salah satu contohnya seperti pembelaan hukum terhadap konsumen.

 

Selain itu, lembaga juga aktif dalam memberikan edukasi, contohnya dalam memberi rekomendasi lembaga keuangan yang resmi.

 

Tugas dan Wewenang OJK

Lembaga ini juga punya beberapa tugas dan juga wewenang dalam sektor keuangan. Berikut apa saja tugas-tugasnya.

 

Baca Juga: 10 Tagihan yang Bisa Dibayar Pakai LinkAja 

 

1. Pengawasan Jasa Keuangan Bank

Setiap lembaga keuangan, seperti bank maupun non bank, memerlukan pengawasan yang tepat. Dalam hal ini, OJK hadir untuk melakukan pengawasan, khususnya bagi lembaga keuangan yang punya beberapa anak perusahaan di bidang jasa terkait. 

 

Selain mengawasi anak perusahaan konglomerasi juga untuk mengawasi kegiatan usaha berbeda. Selain itu juga bertujuan untuk mengawasi keberlangsungan dan secara konsisten melayani seluruh customer yang menggunakan layanan jasa keuangan. 

 

2. Pengawasan Jasa Keuangan Nonbank

Selain lembaga bank, pengawasan juga meliputi jasa nonbank. Adapun sistem pengawasannya meliputi penetapan peraturan tata cara Lembaga Jasa Keuangan dan pihak tertentu.

 

Selain menetapkan peraturan, juga menetapkan sanksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan di sektor terkait.

 

Pengawasannya meliputi perusahaan asuransi, pegadaian, perusahaan sewa guna usaha atau leasing dan sejenisnya.

 

3. Pengawasan di Sektor Pasar Modal

Pasar modal juga menjadi salah satu lembaga non bank yang tak luput dari pengawasan OJK. Dalam menjalankan fungsi bidang pengawasan sektor ini, Otoritas Jasa Keuangan memiliki banyak tugas pokok.

 

Beberapa tugas pokok dalam pengawasannya meliputi banyak hal. Antara lain penyusunan peraturan pelaksanaan, merumuskan standar, merumuskan norma, melaksanakan analisis, melaksanakan penegakan hukum, dan lain-lain.

 

Selain pasar modal konvensional, juga mencakup pengawasan pasar modal syariah. Fungsi dari pengawasan ini tentunya agar sektor keuangan tersebut berjalan sesuai dengan undang-undang dan juga memberikan perlindungan terhadap konsumen.

 

Peran Penting  OJK Melawan Lembaga Keuangan Ilegal

Saat ini peran OJK semakin penting di dalam sektor keuangan. Terlebih saat ini banyak lembaga finansial ilegal, seperti pinjol yang bermasalah. Salah satu peran penting OJK adalah dengan merilis rekomendasi aplikasi yang resmi.

 

Kini bahkan sudah banyak aplikasi yang berbondong-bondong meresmikan jasa mereka di OJK. Hal ini kemudian membantu masyarakat yang kemudian menjadi paham akan pentingnya memilih lembaga atau jasa finansial yang sudah terdaftar secara resmi.

 

Peran OJK dalam memerangi lembaga finansial yang ilegal berbuah manis. Terlebih dengan banyaknya literasi berupa edukasi terkait pentingnya memilih sebuah jasa yang sudah resmi terdaftar agar keamanannya terjamin.

 

Sedikit banyaknya kini kamu tahu apa itu OJK dan peranannya dalam sektor keuangan, kan? Salah satu contoh aplikasi keuangan yang sudah diawasi OJK adalah LinkAja. Kamu bisa bertransaksi apa aja dengan mudah menggunakan LinkAja, mulai dari belanja hingga bayar tagihan. Nah, agar lancar pakai aplikasi ini, gunakan selalu paket data dari Telkomsel 5G, ya!