8 Cara Atur Uang Agar Capai Financial Freedom Ala Raditya Dika

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Seorang Youtuber, influencer, stand up comedian, sekaligus penulis, Raditya Dika, pernah membagikan sejumlah tips keuangan. Tips tersebut bisa membantu siapa saja yang ingin meraih kebebasan finansial, atau financial freedom.

 

Dalam kanal Youtube miliknya, penulis buku Kambing Jantan tersebut membagikan sejumlah tips keuangan yang bermanfaat. Yuk, simak apa saja tips yang dibagikannya, hanya di sini!   

 

Cara Mencapai Financial Freedom Ala Raditya Dika

Kami akan coba menjelaskan 8 tips tingkatkan financial freedom ala Raditya Dika. Berikut penjelasannya.

 

Baca Juga: Telco Big Data Buka Lebih Banyak Peluang Bisnis Kian Berkembang

 

1. Membeli Barang untuk Diri Sendiri

Maksud dari membeli barang untuk diri sendiri di sini yaitu, membeli barang sesuai dengan kebutuhan. Sederhananya, belanja atau membeli barang tidak boleh terpengaruh oleh orang lain.

 

Contohnya tidak membeli barang hanya karena ingin terlihat keren oleh orang lain. Contoh lainnya, tidak membeli barang-barang hanya karena ingin terlihat sukses oleh orang lain.

 

2. Menabung untuk Dana Pensiun

Contoh financial freedom yang sudah berhasil tercapai yaitu memiliki dana yang cukup di masa pensiun. Untuk mewujudkannya, pastikan kamu menabung sejak dini. Buatlah tabungan untuk masa pensiun kamu.

 

Bagi yang bekerja di instansi, kamu mungkin tidak perlu mengkhawatirkannya. Pasalnya beberapa instansi sudah menyediakan keuntungan dana pensiun. Begitu juga bagi beberapa perusahaan.

 

3. Jangan Terlibat Urusan Utang

Utang akan menghambat terwujudnya kebebasan finansial. Raditya Dika juga memaparkan pengalamannya tentang utang pada saat dia berencana membeli mobil. Penulis sekaligus Youtuber tersebut, rela membeli mobil murah asalkan tidak melalui jalur utang.

 

Laki-laki yang akrab dengan sebutan Radit ini, lebih suka bekerja keras dan menabung untuk membeli barang yang mahal. Prinsipnya inilah yang membuatnya menjadi salah satu orang yang kini sudah mencapai kebebasan finansial, bahkan di usia muda.

 

Meski demikian ada pengecualian utang yang menurut Radit ini masih bisa kamu lakukan. Contohnya seperti utang cicilan KPR atau rumah. Namun meskipun boleh, menurut Radit tetap harus kamu sesuaikan dengan kemampuan finansial.

 

4. Hindari Membeli Secara Kredit

Poin pada nomor 4 ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya terkait utang. Saat ini akses untuk mendapatkan kredit barang-barang maupun jasa sudah semakin mudah dengan adanya pinjaman online.

 

Beberapa marketplace bahkan telah menyediakan fitur paylater untuk para penggunanya. Inilah yang menjadi godaan terbesar bagi anak muda zaman sekarang untuk mewujudkan kebebasan finansial.

 

Seberat apa pun godaannya, pastikan kamu hindari membeli barang atau menggunakan jasa dengan sistem pembayaran paylater atau kredit, ya.

 

5. Fokus Menambah Jumlah Penghasilan

Menurut Radit, mengatur keuangan itu pada dasarnya mudah, yaitu pengeluaran harus lebih sedikit dibandingkan pemasukan. Sederhananya, pengeluaran harus kecil dan penghasilan harus besar.

 

Untuk mewujudkannya, kini sudah ada banyak solusi. Jika pendapatan atau gaji kamu masih kurang, carilah solusi untuk menambah penghasilan. Contohnya mencari peluang bisnis baru, atau pekerjaan sampingan.

 

Saat ini bahkan sudah cukup banyak aplikasi investasi yang bisa kamu manfaatkan. Silahkan cari aplikasi yang kredibel dan juga terjamin keamanannya.

 

6. Mulai Belajar Investasi

Instrumen investasi yang ada di Indonesia saat ini sudah semakin banyak. Contohnya seperti deposito, obligasi, reksa dana, hingga pasar saham. Kamu bisa menentukan model instrumen yang sesuai dengan kemampuan dan juga budget.

 

Kenali sejak dini dengan memulai mempelajarinya terlebih dahulu. Cari jenis investasi yang kamu sukai, kemudian kamu pelajari.

 

Setelah kamu belajar banyak hal tentang instrumen investasi, mulailah berinvestasi dengan memilih instrumen yang risikonya kecil.

 

7.  Alokasikan Dana untuk Pengalaman

Menurut Radit, alangkah baiknya uang yang kamu belanjakan tidak hanya untuk sekadar membeli barang saja. Sebaiknya gunakan juga untuk membeli pengalaman.

 

Contohnya, makan bersama keluarga di sebuah restoran. Contoh lainnya seperti liburan bersama keluarga. Jenis pengalaman ini akan memberi kebahagiaan jika kamu bandingkan dengan hanya membeli barang saja.

 

Menurut Radit, membeli pengalaman akan lebih membekas jika kita bandingkan dengan membeli barang. Terutama jenis pengalamannya misalnya berlibur bersama keluarga tercinta.

 

8. Beli Barang yang Bisa untuk Jangka Panjang

Tips terakhir ini juga merupakan sebuah tips yang akan membantu kamu agar bisa mengontrol belanja, khususnya jika kamu suka membeli barang yang konsumtif. Pastikan barang yang kamu beli bisa kamu gunakan untuk jangka panjang.

 

Contohnya pada saat membeli jam tangan. Belilah jam tangan original yang memiliki durability lebih bagus ketimbang jam tangan KW atau imitasi. Dengan begitu, produk yang kamu beli akan bertahan lama.

 

Barang yang bisa untuk jangka panjang juga termasuk barang yang memiliki nilai investasi. Contohnya seperti sepatu branded yang harga jualnya tidak jatuh. Namun balik lagi, pastikan barangnya sesuai dengan kemampuan finansial.

 

Demikian sejumlah tips meraih financial freedom ala penulis sekaligus Youtuber ternama, Raditya Dika. Bagi yang ingin mudah mengelola keuangan, kamu bisa menggunakan aplikasi Redi. Informasi lebih lanjut bisa kamu cek di www.telkomsel.com/official-apps