6 Cara Membuat Financial Planning Pribadi agar Keuangan Teratur

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Financial planning atau perencanaan keuangan perlu kamu lakukan sejak dini. Walaupun kamu belum memiliki sumber keuangan sendiri alias belum bekerja, melakukan perencanaan sejak dini bisa melatih kamu lebih efisien dalam mengelola keuangan.

 

Belum terlambat, kamu masih bisa memulai sekarang untuk perencanaan keuangan tersebut. Manfaatnya akan sangat terasa baik untuk diri kamu sendiri maupun keluarga di masa depan. Bagaimana cara membuat financial planning tersebut? Harus mulai dari mana?

 

Cara Financial Planning untuk Pribadi

Mulai dari sekarang kamu bisa membuat personal financial planning untuk tujuan hidup yang lebih baik. Siapa saja tentunya ingin mencapai kebebasan finansial, ingin memiliki dana pensiun yang besar, investasi, dan sebagainya.

 

Bagaimana cara memulai perencanaan keuangan tersebut?

 

1. Tetapkan Tujuan Keuangan

Tetapkan apa yang menjadi tujuan keuanganmu. Apakah kamu berencana punya investasi, aset, dana pensiun atau lainnya. Tujuan ini sangat penting kamu tetapkan agar nantinya langkah-langkah yang kamu lakukan juga jelas.

 

Nah, apakah saat ini kamu udah punya tujuan? Jika belum, artinya kamu belum bisa memulai sebuah perencanaan. Buatlah lebih dulu tujuan keuangan yang jelas.

 

2. Lacak Arus Kas Bulanan

Sebenarnya setiap bulan ke mana saja keuanganmu mengalir? Apakah ada arus kas yang nggak wajar dan menjadi penyebab kondisi keuangan menjadi nggak stabil?

 

Melacak pengeluaran ini penting untuk memberikan pertimbangan buat kamu. Dengan ini kamu jadi tahu, mana arus pengeluaran yang terlalu besar, mana yang nggak penting, mana yang perlu kamu tambah dan sebagainya.

 

3. Rencanakan Keadaan Darurat

Cara membuat financial planning yang satu ini bisa kamu coba dengan cara memperhatikan risiko keadaan darurat yang mungkin akan kamu alami.

 

Dalam kondisi keuangan yang sulit, bagaimana upaya yang bisa kamu lakukan. Misalnya tiba-tiba kamu kehilangan pekerjaan, sedangkan kebutuhan harus kamu penuhi secara rutin, serta  bagaimana strateginya agar keuanganmu tetap lancar.

 

Termasuk juga saat kondisi sakit, apakah tersedia dana untuk membantu pengobatan. Kamu juga perlu mempertimbangkan kemungkinan kamu nggak bekerja atau gaji kamu menjadi kecil karena potongan selama cuti dan sebagainya. Menekankan pada kondisi risiko yang mungkin terjadi akan membantumu membuat pengaturan yang lebih bijak dalam financial planning.

 

4. Rencanakan Pembayaran Utang

Kebebasan finansial bagi sebagian orang juga memiliki makna sebagai kebebasan utang. Sebanyak apa pun aset, kalau utang nggak pernah kamu cicil pembayarannya, maka akan menyebabkan masalah juga di kemudian hari.

 

Oleh karena itu, jika kamu ingin melakukan financial planning, maka cobalah merencanakan pembayaran utang. Lunasi utang lebih dulu, baru kemudian merencanakan seperti dana darurat, dana nggak terduga hingga investasi.

 

Setelah kamu terbebas dari utang maka kondisi keuangan akan lebih lega, kamu bisa lebih nyaman dan tentunya bisa lebih bebas dalam membuat sebuah perencanaan keuangan untuk mencapai kemerdekaan finansial.

 

5. Mulai Berinvestasi untuk Masa Depan

Investasi adalah bagian dari perencanaan finansial. Kamu bisa berinvestasi jika memiliki dana penghasilan yang berlebih setelah semua pengeluaran terpenuhi, termasuk pembayaran utang.

 

Lakukan investasi sebagai bagian dari perencanaan keuangan di masa akan datang. Ada yang sifatnya jangka panjang dan ada pula yang jangka pendek, tergantung pada jenis investasi yang kamu pilih.

 

Jadi orang yang berinvestasi pada prinsipnya sedang melakukan perencanaan keuangan yang lebih matang di masa akan datang.

 

6. Dapatkan Perlindungan dari Asuransi

Cara financial planning yang juga bisa kamu lakukan adalah memilih perlindungan asuransi yang kamu butuhkan. Jenis asuransi apa yang paling kamu perlukan, apakah asuransi jiwa, asuransi pendidikan, kesehatan, atau lainnya. Cara ini bagian dari perencanaan keuangan untuk mengurangi risiko kekhawatiran di masa akan datang.

 

Melakukan perencanaan keuangan ini perlu kamu lakukan sejak dini. Kalau kamu terbiasa melakukan perencanaan yang matang, kamu akan bisa melakukan evaluasi keuangan setiap bulan atau periode tertentu.

 

Mana yang perlu kamu tambah, kurangi, evaluasi, dan sebagainya akan terlihat setelah kamu mencoba melakukan financial planning.

 

Apakah cukup dengan hanya melakukan perencanaan aja? Tentu saja nggak semudah itu. Langkah-langkah yang kamu dalam membuat financial planning tentu perlu mendapatkan support teknologi digital yang memadai.

 

Salah satu yang bisa kamu manfaatkan adalah aplikasi eksklusif dari Telkomsel yakni Telkomsel Redi. Aplikasi ini memungkinkan seorang pengguna bisa mengakses rekening tabungan sendiri, pembayaran QRIS, split bill, bahkan pengiriman uang menggunakan nomor ponsel.

 

Pengelolaan keuangan pun menjadi lebih mudah, praktis, dan cepat. Namun yang tak kalah penting, kebutuhan transaksi keuangan dengan akses yang lebih cepat, akan membantumu melakukan management cash flow yang lebih terencana.

 

Aplikasi ini memberikan bukti komitmen dari Telkomsel untuk mendukung perkembangan inklusi ekonomi digital di tanah air.

 

Baca juga: Inovasi Fintech dari Telkomsel

 

Belajar dan cobalah sendiri membuat perencanaan keuangan pribadi. Kamu bisa merasakan secara langsung bagaimana  bedanya kondisi keuanganmu saat kamu melakukan perencanaan dengan ketika belum melakukan perencanaan.

 

Temukan kemudahan melakukan financial planning bersama Telkomsel. Berbagai teknologi keuangan yang inklusi bisa kamu nikmati dari Telkomsel. Tujuannya adalah untuk membantumu lebih cepat mencapai kemerdekaan finansial.