7 Motor Listrik Indonesia yang Sudah Bisa Dibeli, Under 20 Juta

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Setelah mobil listrik, motor listrik juga udah mulai populer di Indonesia. Ini sebenarnya nggak terlalu mengherankan, mengingat masyarakat Indonesia termasuk pengguna motor terbesar di dunia. Pakai motor juga lebih efisien karena dapat menekan biaya operasional dan lebih fleksibel menembus kemacetan terutama di kota-kota besar.

 

Lalu merek dan tipe apa aja yang udah dijual di Tanah Air? Yuk cek di sini.

 

Daftar Motor Listrik yang Dijual di Indonesia

Sebagai rekomendasi kamu yang berniat beli kendaraan ramah lingkungan ini, daftar motor listrik Indonesia berikut bisa jadi rujukan.

 

1. Quest Atom Alpha

Rekomendasi pertama buat kamu adalah motor listrik Quest Atom Alpha buatan dalam negeri dengan tampilan kompak, rapi, dan simple. Ini karena motor seharga 17 jutaan itu hadir dengan dimensi yang ringkas.

 

Visi Quest Motor adalah  menawarkan motor listrik yang terjangkau bagi masyarakat. Ini sebabnya banderol harganya bisa murah.

 

Ingin varian yang lebih murah lagi? Quest Motor juga menghadirkan Sandbox seharga Rp13.000.000, namun dengan jarak tempuhnya lebih pendek. Banyak yang mengatakan kalau Sandbox adalah versi sederhana dari Atom Alpha.

 

Untuk Atom Alpha, masih dapat kamu gunakan pada jarak hingga 24 km serta kecepatan yang bisa mencapai 40 km per jam. Sedangkan Sandbox hanya sanggup menempuh 16 km dengan kecepatan sama, yaitu 40 km per jam.

 

Quest Atom Alpha: Rp17.500.000

 

2. NIU Gova 3 Lite

Alternatif lain untuk motor murah bertenaga listrik buat kamu adalah NIU Gova 3 Lite yang bisa menempuh hingga 60 km, serta mempunyai kecepatan maksimal 50 km. Alih-alih pengecasan, varian yang satu ini menggunakan sistem tukar baterai.

 

Untuk tampilannya sendiri terbilang kekinian namun tetap minimalis dan sebenarnya beda-beda tipis aja dengan motor-motor listrik lain yang udah beredar sebelumnya di Indonesia.

 

Mungkin sekilas bakal mengingatkan kamu dengan varian U-Winfly N9 Pro. Untuk spesifikasinya memang kamu nggak bisa berharap lebih karena harganya yang lumayan ramah di kantong, yaitu Rp12.500.000. 

 

Ini tentu masih cukup lumayan untuk berkendara dengan jarak dekat, tanpa turut andil menyumbang pemanasan global.

 

NIU Gova 3 Lite: Rp12.500.000

 

3. Selis Agats

Selanjutnya ada Selis Agats yang sekilas mirip motor matic Mio keluaran Yamaha, terutama karena bannya yang besar. Kamu bisa pakai motor ini hingga sejauh 50 km dengan kecepatan maksimal hingga 60 km per jam.

 

Namun kamu perlu mempertimbangkan kekurangan kendaraan listrik yang satu ini, yaitu tipe baterai yang ditanamkan.

 

Alih-alih pakai baterai lithium sebagaimana motor-motor listrik lain, Selis Agats masih pakai baterai berjenis Sealed Lead Acid. Baterai tersebut kualitasnya masih di bawah lithium karena usianya lebih pendek, juga berkaitan dengan suhu operasionalnya.

 

Selis Agats: Rp14.999.000

 

4. Exotic Sterrato

Menilik harganya yang cuma 9 jutaan, udah jelas kalau Sterrato membidik segmen harga yang super murah. Untuk spesifikasinya nggak terlalu jauh berbeda dibandingkan merek-merek lain. Yaitu kecepatan maksimum 60 km per jam serta jarak tempuh yang sedikit lebih jauh, yaitu sampai 80 km.

 

Mengenai tampilannya, kamu akan langsung menangkap kesan imut pada desainnya namun tetap ada  nuansa modern. Misalnya aja pada bagian lampu depannya yang lebar, plus tambahan aksen garis pada bagian atas.

 

Sterrato juga telah menambahkan fitur keamanan dengan alarm system, juga ada rem cakram. Kamu bisa mengangkut beban sampai maksimal 200 kg dengan motor ini.

 

Exotic Sterrato: Rp9.200.000

 

5. Smoot Tempur

Varian sepeda motor listrik murah selanjutnya yang udah tersedia di pasar Indonesia adalah Smoot Tempur yang menerapkan sistem swap battery. Untuk lokasinya udah cukup banyak tersedia di kota-kota seperti Jakarta, Bekasi, Tangerang dan Depok.

 

Untuk penukaran baterai, bahkan kamu nggak akan dipungut biaya, meskipun ada tarif kuota untuk jarak tempuh tertentu.

 

Kalau mau yang praktis, kamu juga bisa beli home charger seharga Rp1.200.000. Smoot Tempur sanggup menempuh jarak hingga 60 km pada kecepatan maksimum 60 km per jam.

 

Smoot Tempur: Rp16.500.000

 

6. U-Winfly N9 Pro

Motor listrik ini menawarkan kenyamanan berkendara dengan adanya fitur bluetooth serta speaker. Spesifikasinya sendiri terhitung lebih dari lumayan untuk ukuran motor listrik, yaitu mempunyai kecepatan maksimal hingga 65 km per jam, serta dapat menempuh jarak sampai 70-an km.

 

Selain itu ada lampu depan LED dan tablet pada bagian depan yang sebenarnya adalah speedometer digital.

 

U-Winfly N9 Pro: Rp16.000.000

 

7. Exotic Sierra

Inilah varian paling ekonomis dari berbagai pilihan di atas, yaitu Exotic Sierra. Harga motor listrik ini dibanderol 8 jutaan aja. Untuk spesifikasinya, ada baiknya nggak berharap lebih, ya. Kecepatan maksimumnya cuma 30 km per jam serta jarak tempuhnya yaitu mencapai 21 km.

 

Desain motor ini terlihat manis dengan tambahan keranjang di bagian depan serta bagasi di belakangnya. Praktis untuk bawa belanjaan. Motor listrik ini juga dilengkapi bangku pembonceng yang pas banget untuk dipakai berboncengan dengan anak kecil.

 

Exotic Sierra: Rp8.800.000

 

Penutup

Nggak perlu ragu untuk membeli salah satu motor listrik di atas sebagai wujud partisipasi menjaga kelestarian lingkungan. Apalagi kini semakin banyak stasiun pengisian listrik di kota-kota di tanah air. Untuk pembayarannya pun mudah, kamu bisa pakai LinkAja, aplikasi dompet digital yang praktis dan aman.

 

Yuk unduh aplikasinya di Telkomsel.

 

Baca juga: Manfaat pakai LinkAja - 10 Keuntungan pakai LinkAja