7 Keuntungan Pakai QRIS Adalah? Pentingnya untuk Pelaku UMKM

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Seiring dengan berkembangnya dunia teknologi, kini pemerintah mulai gencar untuk menggaungkan sistem pembayaran QRIS di berbagai outlet. Namun sebelum membahasnya lebih jauh, penting bagi kamu untuk memahami QRIS itu sendiri.

 

Secara sederhana QRIS adalah suatu metode terbaru yang memanfaatkan kode unik untuk memulai proses pembayaran. Teknologi ini merupakan bentuk kerja sama antara pemerintah dengan Bank Indonesia dan ASPI atau Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia.

 

Keuntungan QRIS untuk UMKM

Sasaran utama dari produk ini adalah para pelaku UMKM yang tersebar hingga ke seluruh penjuru Indonesia. Nggak kaleng-kaleng, penetapan tujuan ini bukan tanpa alasan, tapi bagi merchant UMKM, transaksi dengan QRIS adalah keuntungan tersendiri, seperti:

 

1. Pembayaran Jadi Lebih Cepat

Untuk melakukan pembayaran dengan QRIS, kamu hanya butuh satu alat aja yang menyimpan QR kode. Begitu ada yang ingin membayar, kamu hanya perlu mengarahkan HP-nya ke arah kode unik tersebut.

 

2. Tidak Perlu Menyiapkan Kembalian

Sebagai pelaku UMKM, apakah kamu pernah ribet karena harus mencari uang kembalian dengan nominal lebih kecil? Saking ribetnya, banyak warung besar atau bahkan minimarket yang memberikan permen untuk mengganti uang kembalian dengan nominal kecil.

 

Berkat kehadiran sistem pembayaran ini, kamu nggak perlu repot-repot menyediakan uang kembalian lagi. Sistem hanya akan memotong saldo uang pembeli, sesuai dengan nominal yang tertera (baik kredit maupun debit).

 

3. Omset Penjualan Meningkat

Hebatnya, mesin ini mampu menerima dan membaca berbagai aplikasi yang mendukung QRIS dengan metode apa pun. Kemudahan inilah yang menarik perhatian para pembeli untuk mulai beralih ke QRIS, sebagai metode pembayaran.

 

Kondisi ini tentu juga akan membawa dampak positif untuk UMKM yang saat ini mungkin sedang kamu kembangkan. Sebab, keberadaan mesin QRIS ternyata mampu meningkatkan kredibilitas usaha di mata pembeli, lho.

 

4. Proses Settlement Lebih Mudah

Pengertian settlement sendiri ialah proses penyelesaian dalam sebuah transaksi yang dalam hal ini berarti laporang keuangan. Kini, nggak perlu lagi deh mencatat setiap transaksi secara manual, karena kamu bisa mengaksesnya secara real-time.

 

Pasalnya, semua pembayaran yang masuk dengan QRIS akan secara otomatis terekam oleh alat tersebut. Tentu saja, hal ini akan sangat menghemat waktumu, sehingga bisa lebih fokus untuk mengembangkan UMKM aja.

 

Baca Juga: Go Digital, Kiat Sukses Rintis Bisnis UMKM Zaman Now

 

5. Disiplin Keuangan

Kalau kamu menjalankan usaha UMKM, pastikan untuk selalu memisahkan antara uang bisnis dan pribadi. Transaksi menggunakan QRIS akan membuat uang langsung masuk ke akun atau rekeningmu, bukan berbentuk cash.

 

Hal ini akan menghindarkanmu dari godaan untuk memakai uang bisnis demi kepentingan pribadi, karena wujudnya hanya berupa angka saja. Selain itu, kamu pun bisa meminimalkan terjadinya tindak curang ataupun human error, jika pembukuan secara manual.

 

6. Mencegah Peredaran Uang Palsu

Ada banyak cara curang yang bisa orang lakukan untuk meraup keuntungan besar, salah satunya dengan mengedarkan uang palsu. Saat menggunakan QRIS, transaksi nggak lagi pakai uang cash atau tunai, melainkan semacam dompet digital.

 

Itu artinya, kamu juga turut mencegah peredaran uang palsu di masyarakat. Tenang, karena pihak Bank Indonesia sendiri udah memberi jaminan, kalau sistem pembayaran nontunai ini sangatlah aman.

 

7. Berlaku di Empat Negara ASEAN

Kabar baik, karena kini udah semakin banyak negara yang memfasilitasi pembayaran dengan sistem QRIS. Untuk wilayah ASEAN, pemerintah mulai uji coba ke beberapa negara, seperti Thailand, Malaysia, Singapura, dan terakhir Filipina.

 

Hal ini bisa menjadi peluang besar buat para pelaku UMKM seperti kamu untuk melebarkan sayap hingga ke luar negeri. Semoga saja, kerja sama ini bisa terus berkembang sampai ke benua-benua lainnya, ya.

 

Cara Menggunakan QRIS dengan LinkAJa

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pembayaran dengan sistem QRIS adalah LinkAja. Seperti yang kamu ketahui, LinkAja merupakan aplikasi e-wallet atau dompet digital besutan dari Telkomsel.

 

Rilis sejak tahun 2019 lalu, LinkAja menawarkan beragam kemudahan dan keuntungan bagi para penggunanya. Salah satunya ialah fleksibiltas, kamu bisa memakai dompet digital ini di berbagai merchant di seluruh Indonesia.

 

Nggak jauh berbeda dengan dompet digital yang lainnya, cara membayar menggunakan aplikasi LinkAja juga sangatlah mudah. Adapun step by step untuk membayar dengan sistem QRIS adalah sebagai berikut:

 

  • Pertama-tama, pastikan bahwa merchant tempat kamu berbelanja punya kode QRIS
  • Aktifkan aplikasi LinkAja di hpmu dan tekan tombol “Bayar”
  • Setelah kamera terbuka, langsung aja kamu arahkan ke QR kode (scan) atau input kode bayar dengan token sesuai kebijakan merchant
  • Tulis jumlah pembayaran yang ingin kamu lakukan, pastikan untuk mengeceknya sekali lagi
  • Setelah benar dan yakin, klik “Bayar”.
  • Verifikasi transaksi tersebut dengan mengetikkan kode PIN aplikasi LinkAja
  • Selesai dan tunggu sampai muncul notifikasi atau pemberitahuan, bahwa proses pembayaranmu udah berhasil

 

Bagaimana, ternyata pembayaran dengan LinkAja sangat praktis, bukan? Nggak harus belanja, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan lain, lho. Di antaranya membayar tagihan, beli pulsa atau kuota internet Telkomsel, dan lain-lain.

 

Cukup satu aplikasi saja, kamu bisa menikmati kemudahan dalam pembayaran QRIS di merchant mana pun. Nggak perlu bawa dompet dan uang cash banyak-banyak, pastinya lebih aman serta simpel, dong. Buat akunnya sekarang juga!