7 Fakta Tentang PlayStation 5 yang Pasti Bikin Gamer Senang

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Meskipun hingga kini masih ditawarkan dengan harga tinggi, namun konsol game next gen dari Sony, yaitu PlayStation 5 atau PS5 menjadi konsol yang tergolong memuaskan. Bahkan kini telah hadir banyak permainan baru yang bermunculan.

 

Konsol next gen besutan Sony tersebut juga tidak lepas dari fakta-fakta menarik seputar keunggulannya. Ada beberapa peningkatan performa yang melampau konsol sebelumnya. Nah, bikin penasaran, kan?

 

Fakta Menarik Tentang PlayStation 5

PS5 memiliki beberapa kelebihan. yang membuatnya sebagai salah satu konsol terbaik saat ini. PlayStation 5 design dikenal memiliki bentuk yang futuristik. Selain itu, berikut sejumlah kelebihan dan fakta-fakta lainnya. 

 

Baca Juga: Tips Nyaman Bermain Mobile Games

 

1. Waktu Loading Sekarang Lebih Cepat

Jika kita bandingkan dengan konsol generasi sebelumnya, PlayStation 5 Indonesia yang sudah tersedia saat ini memiliki waktu loading yang lebih cepat.

 

Kabarnya, beberapa player yang memainkan Horizon Forbidden West di PS5, sampai-sampai tidak bisa membaca tips pada loading screen saking cepatnya.

 

Pihak Sony sendiri bahkan sempat memamerkan kecepatan sistem loading dari konsol terbarunya ini. Mereka menunjukkan sistem loading pada game Spiderman PS5, hasilnya loading permainannya hanya 0,83 detik saja.

 

2. Resolusi Gambar Hingga 4K & HDR

Kamu bisa memainkan PlayStation 5 Pro maupun digital menggunakan TV maupun monitor yang support 4K & HDR. Karena konsol tersebut bisa berjalan pada monitor yang memiliki resolusi 1440p.

 

Di konsol sebelumnya, yaitu PS4, kamu bisa memainkannya pada resousi monitor 4K jika memilih versi paling tinggi, yaitu Playstation 4 Pro. Tapi kini, apa pun varian PS5 yang kamu beli, sudah mendukung performa 4K.

 

Untuk kenyamanan bermain game di PS5, kami merekomendasikan untuk memilih jenis monitor dibandingkan TV. Pasalnya, kualitas gambar monitor bisa jauh lebih jernih dan tajam dibanding TV.

 

3. FPS Grafis Semakin Mulus

Bagi yang belum tahu, FPS atau frame per second merupakan frame rate yang mendukung kenyamanan dalam bermain game. Semakin tinggi frame rate suatu konsol, maka motion pada permainan akan semakin halus.

 

Sebaliknya, ketika FPS-nya rendah, maka motion atau gerakannya menjadi patah-patah. PS5, saat ini hadir dengan spesifikasi yang mumpuni dan mampu meningkatkan performa frame rate permainan secara optimal.

 

PS5 mendukung permainan dengan frame rate hingga 120 FPS. Namun, tidak semua permainan bisa kamu mainkan dengan frame rate tersebut.

 

4. Haptic Feedback Sangat Baik

Pengontrol next gen besutan Sony ini juga sudah mendukung fitur haptic feedback. Fitur ini menggantikan fitur lama, yaitu vibrasi yang sudah dianggap terlalu jadul.

 

Kontrolnya pun memiliki responsif yang baik dan juga lebih sensitif. Bahkan, pengontrol dari PS5 ini bisa menyesuaikan dengan kondisi yang ada pada permainan.

 

Contohnya, feedback permainan berjenis first person shooter, akan berbeda dengan permainan racing. Bahkan juga sudah terdapat trigger adaptif, yang bisa kamu program tingkatan ketegangannya.

 

5. Penyimpanan Luas dan Upgradable

Ruang penyimpanan atau HDD (Harddisk Drive) atau SSD (Solid State Drive) menjadi komponen penting dalam konsol next gen. Pasalnya, saat ini ada permainan versi digital yang bisa kamu simpan langsung pada konsol tersebut lewat HDD atau SSD.

 

Kini, konsol next gen dari Sony tersebut sudah memiliki ruang penyimpanan yang luas. Selain itu, kamu bahkan bisa memperbesar ruang penyimpanan agar bisa menyimpan lebih banyak permainan.

 

Meski begitu, kamu harus paham terlebih dahulu bagaimana cara melakukan upgrade ruang penyimpanannya. Jika tidak bisa kamu lakukan sendiri, carilah orang yang ahli dan berpengalaman.

 

6. Efek Pencahayaan Realistis (Ray Tracing)

Sebagai konsol next gen yang canggih, PS5 juga sudah menawarkan sebuah fitur ray tracing. Fungsinya sendiri yaitu bisa menyempurnakan efek pencahayaan pada permainan.

 

Ray tracing bisa membuat refleksi cermin atau kaca menjadi terlihat asli dan sempurna. Inilah yang juga kini tersedia di konsol tersebut sehingga pengalaman bermain game menjadi lebih menyenangkan.

 

Dulu, untuk menikmati permainan dengan fitur ray tracing yang sempurna, memerlukan sebuah perangkat PC gaming yang tinggi. Namun kini, kamu bisa menikmatinya melalui konsol terbaru dari Sony tersebut.

 

7. Sudah Mendukung 3D Audio

Pengaruh suara atau sound pada permainan saat ini tidak beda seperti film di bioskop. Suara ledakan, deru suara lari kuda, tembakan, dan lainnya, akan lebih terasa spektakuler dengan kecanggihan fitur 3D audio.

 

Namun tentunya, jika ingin merasakan sensasi suara yang luar biasa ini, kamu harus memiliki speaker yang mumpuni. Untuk yang sudah memilikinya, kamu bisa menggunakannya langsung pada konsol tersebut dan rasakan suara yang terasa lebih hidup.

 

Kesimpulan

Sebagai konsol next gen keluaran terbaru dari Sony, PS5 adalah salah satu yang terbaik. Selain jumlah permainan yang terus bertambah banyak, spesifikasinya juga sangat mumpuni dan bisa kamu sandingkan dengan PC gaming high end terkini.

 

Untuk mengunduh permainan digital pada PlayStation 5 milikmu, gunakan Telkomsel Orbit yang menyediakan jaringan paling stabil. Yuk, beli paketnya sekarang juga!

Berbagai pilihan paket data