BAGIKAN

Tips Nyaman Bermain Mobile Games

Article
Tips Nyaman Bermain Mobile Games

Tips Nyaman Bermain Mobile Games

Tips Nyaman Bermain Mobile Games

Duh, nge-lag! Pernah nggak sih tiba-tiba kesal saat main game online karena jaringan internetnya jelek? Pasti rasanya kaya pengen mengobrak-abrik seisi dunia. Nggak beda jauh dengan kita, seorang pro player pun nggak bisa berbuat banyak dalam kondisi klasik kaya gini. Seolah-olah skill tingkat dewa yang dipunya jadi sia-sia.

Terus, gimana caranya para pro player mencari solusi jaringan internet yang memadai untuk mendukung skill mereka? Di artikel ini kita akan dengar cerita dari Tim CODM Dunia Games (DG) Esports yang menjadi juara back-to-back dalam Call of Duty: Mobile Minor Series Spring Season 2021.

For your information, tim CODM DG Esport ini terdiri dari enam orang, yakni Andhika Syukur (Clove), M. Raihan (Ehann), M. Rivaturahman (Zen), Nizar Alberic (Jetsky), Alif Rezky (Venom), dan Zana Zulfa (Zeze). Mereka nggak ada yang berada dalam satu kota, lho! Ada yang tinggal di Makassar, Cianjur, Baturaja, Banjar, Tasikmalaya, dan Jombang. Saat mengikuti kompetisi, mereka harus bermain sebagai tim meski terpisah jarak sangat jauh. Selama berkompetisi, mereka sangat bergantung pada jaringan berkualitas agar dapat bermain dan berkomunikasi dengan lancar.

Penasaran, kan? Yuk, simak tips dari mereka!

1.   Memilih operator yang tepat

Di antara beberapa operator, Telkomsel menjadi pilihan utama pro players ini. Alasannya, Telkomsel relatif lebih stabil untuk digunakan saat bermain mobile games. Diakui oleh Zen, yang tinggal di daerah pelosok Tasikmalaya, Jawa Barat, sejak menggunakan Telkomsel, ia hampir tidak lagi mengalami susah sinyal. Pengalaman serupa juga dialami teman-teman satu timnya. Hal ini nggak lepas dari hadirnya jaringan 4G LTE Telkomsel yang lebih merata di seluruh Indonesia dibandingkan operator yang lain.

Baca juga: Ini Alasan Kamu Perlu Pakai Layanan 4G

2.   Atur waktu yang tepat untuk latensi terbaik

Sama seperti gamers pada umumnya, pro player kerap merasa terganggu dengan tingginya latensi atau ping saat bermain game. Misal, saat lawan tiba-tiba pindah atau sering jump saat permainan berlangsung itu bikin kesel, dan bahkan yang terburuk adalah kalah bertanding.

Zeze yang tinggal di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mengaku punya satu solusi sederhana namun jitu untuk mengatasi masalah tersebut. Ia kerap mengakalinya dengan bermain di waktu-waktu tertentu untuk menghindari kepadatan traffic dan mendapatkan latensi rendah.

Di Jombang, Zeze mengaku bisa menikmati latensi stabil di 30ms – 40ms saat sore hari. Hal yang sama juga dirasakan oleh anggota tim lain di wilayah lainnya. Rata-rata latensi di setiap daerah di antara 30ms – 40ms, kecuali Baturaja yang bisa sampai 20ms. Wow! Menurut Zeze, secara keseluruhan jaringan Telkomsel tetap stabil dan hampir tidak pernah nge-jump mendadak.

Baca juga: Internet Kamu Lemot? Yuk, Coba Langkah Berikut!

3.   Cermat memilih paket data sesuai kebutuhan

Menurut para Pro Player di Tim CODM DG Esport, rahasia utama agar tidak boros kuota adalah memilih paket data yang tepat sesuai kebutuhan. Hal ini berperan penting dalam efisiensi penggunaan kuota setiap bulannya.

Zen misalnya, di hari biasa, ia memiliki kelebihan gigabyte data Telkomsel yang lumayan besar meski frekuensi bermain game-nya cukup tinggi. Sementara ketika bertanding, kuota data yang dimilikinya relatif cukup.

So, apa rahasianya?

Ternyata mereka semua menggunakan pilihan paket data dengan harga dan kuota yang beragam dari Telkomsel. Buat mengaktifkan paketnya, download aplikasi MyTelkomsel di Play Store atau App Store. Jangan lupa pantengin promo-promo menarik yang hadir berkala di aplikasi MyTelkomsel, ya!

Baca juga: Cara Mudah Ganti Kartu SIM ke 4G Telkomsel Lewat e-Commerce

Nah, buat kamu yang mau main games lebih nyaman, tapi masih pakai 3G, yuk segera beralih ke 4G dengan ukar SIM card lama kamu! Kamu bisa melakukan permintaan ganti kartu secara online melalui Virtual Assistant Telkomsel atau melalui platform e-commerce rekanan. Kamu tinggal duduk manis di rumah, karena kami yang akan antarkan SIM card tersebut. Khusus bagi kamu yang SIM card-nya terdaftar layanan mobile banking, silakan kunjungi GraPARI terdekat untuk upgrade ke 4G.

Related Blogs