7 Fakta dan Statistik Menarik Mobil Listrik, Baca Sebelum Membeli

7 Fakta dan Statistik Menarik Mobil Listrik, Baca Sebelum Membeli

 

Salah satu bentuk kontribusi dalam menjaga kelestarian alam adalah mengganti kendaraan kamu dengan mobil listrik. Walaupun harganya memang lebih mahal daripada mobil dengan BBM, namun biaya pajak, bahan bakar, dan pemeliharaan mobil listrik justru lebih murah.

 

Nah, sebelum memutuskan membeli unitnya, kamu perlu tahu dulu beberapa fakta mengenai mobil listrik.

 

Fakta Menarik Tentang Mobil Listrik

Di balik naik daunnya mobil listrik beberapa waktu belakangan ini, ketahui fakta-fakta uniknya berikut.

 

1. Mobil Listrik Bukan Konsep Baru

Walaupun sering disebut-sebut sebagai inovasi baru dalam dunia transportasi, faktanya mobil listrik udah ada bahkan sejak 138 tahun yang lalu. 

 

Penemunya adalah Thomas Parker, seorang ilmuwan yang juga memperkenalkan terobosan-terobosan baru dalam bidang kelistrikan. Dia jugalah yang menemukan jalur trem listrik dan taksi listrik.       

 

2. 10 Juta Mobil Listrik Digunakan Secara Global

Saat ini jumlah total mobil listrik di seluruh dunia mencapai 10 juta unit, yang faktanya hanya sekitar 0,7% dari jumlah total mobil. 

 

Namun di tahun 2030 nanti besaran persentase tersebut diprediksi akan meningkat hingga mencapai 7%.

 

3. Mobil Listrik Buatan Indonesia

FYI, Indonesia ternyata punya mobil listrik juga lho. Apalagi dengan dukungan pemerintah, inovasi karya anak negeri ini diharapkan dapat turut bersaing dalam industri mobil listrik di masa depan. Bahkan beberapa tahun silam sudah ada beberapa mobil listrik buatan Indonesia yang dirilis. 

 

Pertama ada Tuxuci yang desainnya unik seperti mobil sport pabrikan Eropa. Selanjutnya ada Electric Vehicle Indonesia atau Evia, sebuah city car yang sanggup menempuh jarak sampai 135 km. Kapasitas baterainya sendiri sebesar 21 kWh, yang terbilang kecil sehingga cocok untuk berkendara di dalam kota.

 

Di tahun 2013, Ricky Elson juga merancang dan merilis mobil listrik yang bernama Gendhis. Selain ramah lingkungan, mobil Gendhis juga memiliki desain yang elegan.

 

Terakhir ada MAB dari PT Mobil Anak Bangsa, yang digadang-gadang sebagai pelopor produsen bus listrik.

 

4. Mobil Listrik Terlaris Bukan Tesla

Kalau dengar nama Tesla, yang pasti langsung terbayang di benak kita tentunya mobil listrik. Tapi siapa sangka, ternyata bukan Tesla yang memegang gelar sebagai mobil listrik terlaris. 

 

Penghargaan sebagai mobil paling laris justru milik Renault dengan Zoe-nya. Ini adalah mobil listrik bertenaga baterai yang mungil, kompak dan ergonomis.

 

Dibandingkan Tesla yang harganya mencapai £94.990 (Model S), Zoe dapat dibilang mobil listrik murah dengan banderol harga £29.240.

 

5. Bobotnya 10% Hingga 25% Lebih Berat

Ada satu lagi fakta yang mengejutkan tentang mobil listrik, yaitu bobotnya yang ternyata 10% sampai 25% lebih berat daripada mobil bertenaga gas. Alasannya karena ukuran baterai mobil yang besar dan berat.

 

Namun ini bukanlah kekurangan dari transportasi yang satu ini. Pasalnya, mobil listrik memerlukan waktu lebih banyak untuk berhenti ketika pengereman. Dengan demikian pengemudi serta penumpang dalam kabin lebih terjaga keselamatannya.

 

6. Powerbank Raksasa untuk Rumah

Mobil listrik ternyata bisa berlaku layaknya powerbank raksasa untuk rumah kamu. Jadi dengan perangkat khusus, baterai mobil bisa memasok listrik dan menyalakan barang-barang elektronik di rumah. Demikian pula kalau kamu ingin menggelar acara outdoor yang memerlukan listrik. 

 

Jadi sekarang nggak perlu lagi membawa generator ke mana-mana, cukup pakai baterai mobil kamu aja.

 

By the way, nggak cuma smartphone, mobil listrik ternyata juga ada powerbank-nya lho. Salah satunya yang adalah Zipcharge Go, buatan perusahaan startup asal Inggris yang bernama Zipcharge. Jadi begitu mobil kamu mulai kehabisan baterai, tinggal aktifkan powerbank-nya.

 

Perangkat ini hadir dalam desain yang kompak dengan berat mencapai 22 kg. Jadi pemilik mobil bisa dengan mudah menyimpannya dalam bagasi. 

 

7. Biaya Tahunan Lebih Murah

Seperti yang kamu ketahui harga mobil listrik memang lebih mahal daripada mobil dengan bahan bakar gas. Tapi selanjutnya biaya tahunan yang harus kamu keluarkan akan lebih murah.

 

Pertama dari biaya pemeliharaan yang lebih ekonomis daripada kendaraan dengan mesin yang melibatkan pembakaran internal. Pasalnya, mobil listrik nggak perlu ganti oli, minyak rem, atau perawatan pada pendingin, transmisi, dan seterusnya.

 

Kedua dari segi biaya pajak yang juga lebih murah daripada mobil konvensional. Salah satu alasannya adalah ada stimulus dari pemerintah untuk meningkatkan minat akan mobil listrik. 

 

Stimulus ini hadir dalam bentuk insentif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor sebesar 0% untuk mobil pertama. Sementara PKB kendaraan listrik hanya dibebankan sebesar 30% dari biaya yang semestinya.

 

Akhirnya ini memotong NJKB sebesar 10% yang membuat mobil listrik di Indonesia besaran pajaknya lebih kecil daripada mobil dengan BBM.

 

Penutup

Melihat berbagai kelebihannya tersebut tentunya nggak perlu ragu lagi untuk beralih pada mobil listrik, bukan? Apalagi saat ini tersedia semakin banyak SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) di berbagai titik. 

 

Untuk pembayarannya agar lebih praktis kamu bisa pakai LinkAja, aplikasi dompet digital yang memudahkan kamu melakukan pembayaran cukup dengan smartphone. Yuk, unduh sekarang juga.

 

Baca juga: Manfaat Pakai LinkAja - 10 Keuntungan Pakai LinkAja