7 Aplikasi E-Wallet Paling Banyak Digunakan di Indonesia

7 Aplikasi E-Wallet Paling Banyak Digunakan di Indonesia

 

Perkembangan di dunia digital mau tidak mau berpengaruh ke dalam berbagai aspek, termasuk dari sisi transaksi keuangan. Pada era ini, banyak aplikasi e-wallet bermunculan. Namun, hanya sedikit yang populer dan banyak digunakan. Supaya kamu bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal, pilihlah jenis dompet digital yang populer.

 

Semakin populer e-wallet yang kita gunakan, maka akan semakin banyak keuntungan yang bisa kamu dapat. Aplikasi e-wallet populer umumnya sudah bekerja sama dengan banyak merchant. Jadi, kamu pasti bisa melakukan pembayaran menggunakan dompet digital tersebut.

 

Untuk kamu yang penasaran tentang aplikasi e-wallet terbaik, informasi kali ini akan membahas beberapa aplikasi yang recommended untukmu. Langsung saja simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

 

Rekomendasi Aplikasi E-Wallet Terbaik Indonesia

Kamu bisa melakukan transaksi dengan lebih mudah menggunakan e-wallet. Bahkan, e-wallet pra kerja pun memanfaatkan beberapa aplikasi berikut. Untuk kamu yang masih bingung untuk memilih salah satu e-wallet sebagai aplikasi pembayaran sehari-hari, pertimbangkan beberapa aplikasi recommended berikut.

 

1. OVO

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan OVO, bukan? Aplikasi dompet digital ini sudah menemani kita sejak 2017. PT Visionet Internasional adalah perusahaan yang mengembangkan OVO. 

 

Pada awal kehadirannya, kita mengenal OVO sebagai alat pembayaran untuk aplikasi Grab. Namun, saat ini OVO bisa kamu gunakan sebagai dompet digital.

 

Aplikasi OVO juga sudah terpisah dengan Grab. Layanan OVO kini sudah sangat berkembang. Kamu bisa menggunakannya untuk pembayaran di merchant, beli pulsa, token listrik, BPJS, PDAM, bahkan yang terbaru adalah investasi reksa dana.

 

2. DANA

Selanjutnya, aplikasi dompet digital yang menjadi favorit masyarakat adalah DANA. Fitur yang paling menarik dari aplikasi ini adalah menyediakan layanan transfer ke bank tanpa biaya administrasi. Ini menjadi alasan utama orang-orang setia menggunakan DANA.

 

Selain itu, biaya administrasi di DANA juga lebih rendah daripada aplikasi dompet digital lainnya. Layanan yang tersedia pun kurang lebih sama dengan e-wallet lainnya.

 

3. LinkAja

Lalu, ada juga aplikasi LinkAja yang lahir berkat kolaborasi beberapa perusahaan BUMN. Aplikasi ini berada di bawah Telkomsel. LinkAja bekerja sama dengan beberapa bank BUMN. Oleh karena itu, salah satu keunggulan LinkAja adalah biaya transfer ke bank BUMN sangat murah, yakni hanya Rp1.000.

 

Pada awal kemunculannya, LinkAja populer sebagai aplikasi untuk mengirim dan menerima uang. Namun, seiring dengan berkembangnya waktu, LinkAja pun mempunyai berbagai fitur menarik.

 

Selain bekerja sama dengan berbagai merchant dan melayani berbagai pembayaran elektronik, aplikasi LinkAja juga memfasilitasi transaksi secara syariah. Fitur ini belum ada di dompet digital mana pun.

 

Baca Juga: Telkomsel Konsisten dalam Mendukung Kemajuan Industri Digital

 

4. GO-PAY

Kemudian, ada juga GO-PAY yang juga menjadi salah satu aplikasi e-wallet populer di negeri ini. Sama seperti OVO, aplikasi GO-PAY muncul sebagai alat pembayaran untuk ojek online, yakni GO-JEK. Namun, saat ini GO-PAY masih tidak memiliki aplikasi sendiri. Kamu bisa menggunakannya bersamaan dengan aplikasi GO-JEK.

 

Apa yang menarik dari GO-PAY? Selain bisa kamu gunakan untuk menjadi alat pembayaran di seluruh fitur GO-JEK, GO-PAY juga sudah bekerja sama dengan banyak merchant.

 

Pada 2021 lalu, GOJEK juga sudah merger dengan Tokopedia sehingga otomatis menjadi salah satu opsi pembayaran di Tokopedia. Banyak promo menarik jika kamu melakukan pembayaran menggunakan GO-PAY di Tokopedia.

 

5. ShopeePay

Tak mau kalah, ShopeePay saat ini juga menjadi dompet digital paling populer.  Selain bisa kamu gunakan untuk seluruh transaksi di Shopee. Kamu juga bisa menggunakannya untuk bertransaksi di berbagai merchant.

 

Lalu, demi mengajak orang-orang untuk menggunakan Shopee, ada banyak promo yang tersedia jika kamu melakukan pembayaran menggunakan ShopeePay. Ini menjadi daya tarik tersendiri untuk aplikasi ini saat ini.

 

6. DOKU

Ada juga DOKU yang sebenarnya sudah hadir di tengah-tengah kita sejak tahun 2014. Aplikasi ini berada di bawah perusahaan DOKU yang merupakan perusahaan payment gateway. Melalui aplikasi DOKU, kamu bisa melakukan berbagai pembayaran digital, termasuk langganan Spotify hingga Netflix.

 

7. iSaku

Terakhir, aplikasi dompet digital yang cukup populer adalah iSaku. Aplikasi ini berada di bawah naungan Salim Group dan Indomaret. iSaku sudah rilis sejak 2018. Sekarang ini, aplikasi tersebut menjadi salah satu yang cukup populer di tengah masyarakat.

 

Setiap transaksi menggunakan iSaku, kamu bisa mendapatkan poin di Indomaret Poinku. Fitur iSaku pun sangat lengkap.  

 

Penutup

Dari tujuh aplikasi di atas, manakah yang kamu gunakan untuk kebutuhan sehari-hari? Kamu memang bisa meng-install tidak hanya satu aplikasi. Namun, semakin banyak aplikasi e-wallet yang kamu gunakan, uangmu pun makin banyak tercecer.

 

Jadi, supaya tidak berlebihan menggunakan e-wallet, sebaiknya install satu atau dua aplikasi saja. Dalam hal ini, LinkAja tetap menjadi salah satu yang recommended berkat banyaknya promo dan kerja sama dengan merchant yang lebih luas.