7 Alasan Mengapa Aplikasi E-Wallet Penting di Era Digital

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Sistem pembayaran saat ini telah semakin maju dan modern. Sebut saja salah satunya seperti aplikasi e-wallet atau dompet digital yang kini sudah semakin populer. Bahkan, pengguna aplikasi tersebut semakin meningkat pasca pandemi.

 

Kamu belum menggunakan aplikasi ini? Yuk, gunakan sekarang juga, karena aplikasi pembayaran ini memang punya banyak fitur yang menarik dan pastinya menguntungkan.

 

Keuntungan Aplikasi E Wallet Bagi Pengguna 

Aplikasi dompet digital menawarkan banyak keuntungan bagi para penggunanya, khususnya dalam transaksi atau pembayaran. Berikut ini kami sudah merangkum apa saja keuntungan menggunakan aplikasi ini.

 

Baca Juga: 10 Tagihan yang Bisa Dibayar Pakai LinkAja

 

1. Digunakan di Toko Ritel dan Online

Saat ini, proses pembayaran menggunakan aplikasi dompet digital sudah bisa kamu lakukan di toko offline/ ritel maupun toko online. Kamu bisa menggunakannya saat berbelanja di minimarket terdekat maupun supermarket besar.

 

Dengan menggunakan e wallet Indonesia, Anda bisa berbelanja di mana saja tanpa perlu membawa uang tunai. Selain itu, cara ini juga menjadi solusi untuk kamu yang suka ketinggalan dompet di mobil maupun di rumah.

 

Banyak minimarket hingga supermarket ternama yang menyediakan layanan pembayaran menggunakan dompet digital. Caranya yaitu dengan scan barcode secara instan.

 

2. Pembayaran Tanpa Sentuh

Metode pembayaran tanpa sentuh sudah mulai populer di Indonesia. Salah satu aplikasi yang menyediakan layanan ini yaitu e wallet LinkAja.

 

Sistem ini pertama kali diperkenalkan pada masa pandemi Covid-19. Karena pada masa tersebut, proses pembayaran ini menjadi solusi efektif untuk meminimalkan kontak fisik.

 

Pembayaran tanpa sentuh sudah resmi berjalan untuk pembelian tiket layanan transportasi secara online. Melalui aplikasi LinkAJa, kini kamu bisa membayar layanan transportasi berbasis digital.

 

3. Transfer Dana Cepat

Dompet digital saat ini juga sudah bisa kamu gunakan untuk transfer dana ke sesama pengguna lain. Selain itu, juga bisa kamu gunakan untuk transfer dana ke berbagai bank.

 

Beberapa aplikasi bahkan menyediakan gratis biaya transfer. Dengan begitu, kamu bisa menghemat pengeluaran ketika melakukan transfer ke bank.

 

Proses transfer dana juga tergolong cepat dan langsung terkirim. Cocok juga untuk aplikasi transaksi bisnis kamu.

 

Meski begitu, kamu harus cek terlebih dahulu aplikasi dompet digital yang kamu gunakan, apakah menyediakan metode transfer antar bank atau tidak. Jika menyediakannya, cek ke bank mana saja kamu bisa mentransfer uang.

 

4. Keamanan Transaksi Terjaga

Sistem keamanan pada dompet digital saat ini sudah semakin nyaman dan aman. Data kamu terjamin keamanannya. Selain itu, sistem password dan PIN pada aplikasi juga sangat kuat.

 

Proses untuk mengakses aplikasi bisa menggunakan PIN untuk keamanan. Di sisi lain, proses transaksi juga bisa kamu atur dengan menggunakan PIN. Dengan begitu, keamanannya semakin kuat.

 

Kamu juga bisa mengganti PIN maupun password jika merasa ada orang yang mengetahuinya. Proses mengganti fitur keamanan ini juga tergolong mudah dan sudah tersedia pada aplikasi terkait.

 

5. Mengurangi Jumlah Kartu Fisik

Hadirnya aplikasi ini akan membantu kamu untuk mengurangi penggunaan kartu fisik seperti ATM maupun kartu kredit. Dalam situasi urgent, kamu bahkan bisa berbelanja hanya dengan membawa handphone saja.

 

Selain cashless, aplikasi tersebut juga bisa membantu kamu agar tidak membawa banyak barang berharga pada saat berbelanja. Kemungkinan hilang uang cash dan juga kartu fisik berharga kamu juga sangat kecil. 

 

6. Fitur-Fitur Menarik

Saat ini, dompet digital tidak hanya bisa kamu gunakan untuk transaksi saja. Ada banyak fitur menarik yang juga tersedia pada aplikasi tersebut. Salah satunya seperti fitur split bill agar tagihan pembayaran bisa kamu bagi-bagi atau split.

 

Fitur dompet digital yang tersedia saat ini pun mencakup pembelian produk digital. Contohnya seperti voucher, pulsa, hingga pembayaran layanan tertentu.

 

Semakin banyak layanan yang bisa kamu gunakan, maka akan semakin betah bertransaksi dengan aplikasi tersebut. Itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa saat ini banyak fitur-fitur yang tersedia.

 

Fitur lain yang juga tidak kalah menarik adalah yaitu seperti riwayat transaksi yang bisa kamu lihat dengan mudah.

 

7. Bisa Mendapatkan Reward

Selain bisa memanfaatkan sejumlah fitur yang sangat membantu, kamu juga berpotensi mendapatkan reward jika terus menggunakannya. Terkait reward ini biasanya tergantung dari ketentuan aplikasi terkait.

 

Reward biasanya berupa poin. Semakin sering kamu menggunakannya, maka kamu akan memiliki banyak poin. Nah, poin tersebut nanti bisa kamu tukar dengan berbagai hadiah yang menarik.

 

Selain reward berupa poin, juga ada informasi promo dan juga diskon. Kamu bisa cek langsung melalui aplikasi. Bahkan kamu juga bisa mendapatkan cashback untuk menghemat belanja.

 

Kesimpulan

Dompet digital tidak hanya mempermudah proses transaksi kamu. Selain itu, juga menyediakan banyak fitur dan reward menarik yang menguntungkan. Informasi diskon dan promo juga bisa dengan mudah kamu temukan.

 

Tertarik untuk menggunakan aplikasi e-wallet? Yuk, langsung pasang aplikasi LinkAja di HP kamu. Temukan informasinya di situs www.telkomsel.com/explore/linkaja