6 Kelebihan Mobil Listrik dan Manfaatnya Bagi Lingkungan

6 Kelebihan Mobil Listrik dan Manfaatnya Bagi Lingkungan

 

Kesadaran masyarakat akan kelestarian lingkungan menjadi semakin besar beberapa waktu belakangan ini. Hal tersebut juga memengaruhi keputusan dalam memilih kendaraan, yaitu mobil listrik. Di Tanah Air sendiri, penggunaan kendaraan dengan tenaga listrik udah kian lazim. Tapi tahukah kamu apa aja keunggulan dan manfaatnya terutama bagi lingkungan?

 

Kelebihan Mobil Listrik untuk Pengguna dan Lingkungan

Ketahui dulu apa kelebihan mobil listrik sebelum kamu memutuskan membelinya.

 

1. Lebih Gesit dengan Torsi Instan

Seperti yang kita ketahui, sifat mobil dengan mesin pembakaran internal baru dapat menyediakan torsi puncak ketika berada pada putaran mesin tertentu. Ini berbeda dengan mobil listrik, saat kamu menginjak pedal akselerator, akan langsung tersedia mesin dengan torsi puncak.

 

Jadi mobil akan terasa begitu gesit dan lincah saat kamu pakai dalam kondisi stop and go. Nah, performa laju mobil listrik ternyata nggak bisa kamu remehkan, kan?

 

2. Suara Mesin Tidak Berisik

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh mobil dengan daya listrik adalah suara mesinnya lebih halus, senyap, dan bebas berisik. Cocok untuk kamu yang selama ini sensitif dengan suara-suara yang mengganggu.

 

Dengan begitu kamu dapat menyetir dengan lebih nyaman dan berkonsentrasi di berbagai kondisi lalu-lintas atau jalan.

 

Dampaknya lagi, dengan suara mesin yang lebih halus, kabin mobil juga jadi lebih tenang. . Alhasil kamu juga akan semakin nyaman ketika berkendara termasuk bagi penumpang lain. Mengobrol pun jadi lebih mudah, atau ketika membawa penumpang anak-anak, mereka akan lebih mudah tertidur dalam kendaraan ketika perjalanan cukup panjang.

 

Satu kelebihan yang tak tersedia pada mobil berbahan bakar bensin/solar adalah mesin penggerak mobil nggak memicu getaran ke dalam kabin. 

 

3. Bayar Pajak Lebih Murah

Beberapa waktu lalu pemerintah telah menetapkan stimulus demi meningkatkan penggunaan mobil listrik. Stimulus yang dimaksud, misalnya di Jakarta, pemerintah udah memberlakukan gratis Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan PKB. Ini membuat pemilik mobil listrik hanya perlu membayar 10 persen aja.

 

Tentu ini adalah tawaran yang menarik terutama buat kamu yang udah lama mendambakan untuk membeli mobil listrik. Dengan stimulus tersebut, pemilik mobil listrik hanya perlu membayar pajak kurang dari 1 juta rupiah per tahun. Menggiurkan, bukan?

 

4. Hemat Biaya Perawatan

Nggak perlu khawatir lagi kantong kamu terkuras untuk perawatan mobil seperti ganti oli, radiator, dan seterusnya. Ini mengingat onderdil-onderdil mobil listrik nggak membutuhkannya, jadi lebih praktis.

 

Jadi kamu bisa memotong pengeluaran rutin untuk perawatan mobil dan bisa kamu alihkan untuk keperluan yang lain atau ditabung. 

 

5. Ramah Lingkungan

Salah satu motivasi masyarakat Indonesia untuk beralih ke mobil listrik adalah manfaat mobil listrik bagi lingkungan yang besar. Apa aja?

 

  • Mobil listrik memang diklaim lebih ramah lingkungan. Pasalnya, mekanisme gerak kendaraan tersebut menggunakan daya listrik pada prosesnya. Dengan begitu, mesin nggak menghasilkan pembuangan residu emisi CO2 (karbondioksida) dan CO (karbon monoksida).
  • Keduanya adalah zat pencemar udara yang berpotensi meningkatkan terjadinya efek rumah kaca dan pemanasan bumi. Karbon dioksida dan karbon monoksida juga punya efek yang berbahaya bagi kesehatan. Ini antara lain menghambat darah untuk mengikat oksigen sehingga memicu berbagai gangguan organ dalam tubuh.
  • Dengan memilih kendaraan listrik kamu juga turut berpartisipasi dalam penghematan sumber daya alam yang nggak terbarukan yaitu minyak bumi. Apalagi saat ini kita semakin terancam dengan menipisnya ketersediaan minyak bumi karena jumlah manusia yang semakin banyak.
  • Seperti yang udah disinggung, mesin mobil listrik nggak menimbulkan suara bising. Dengan demikian kamu juga turut berpartisipasi untuk mengurangi polusi suara yang mengganggu dan memicu stres bagi pengguna jalan lain. 

 

6. Sekali Cas untuk Ratusan Km

Sekarang kamu nggak perlu beli BBM lagi kalau menggunakan mobil listrik, melainkan cukup dengan mengecas. Ini karena kendaraan listrik telah ditanamkan daya penampungan arus listrik yang besar.

 

Artinya kamu cukup melakukan pengisian satu kali untuk menggunakannya dalam jarak jauh. Jadi nggak perlu antre panjang lagi di pom bensin dan nggak terpengaruh kalau harga BBM naik.

 

Untuk mengisi daya ke dalam kendaraan listrik kamu, bisa dengan mengecasnya di rumah atau tempat-tempat pengisian baterai yang telah disediakan.

 

Di antara berbagai keunggulan tersebut, ternyata ada kekurangan mobil listrik terutama harganya yang relatif masih mahal untuk masyarakat Indonesia. Selain itu Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) juga masih terbatas dan kurang tersebar. Tentunya kondisi ini lambat laun akan teratasi jika pengguna mobil listrik udah semakin banyak di Tanah Air. 

 

Penutup

Nggak jauh berbeda dengan pom bensin biasa, kamu juga perlu membayar untuk mengisi daya mobil listrik di SPKLU. Salah satunya dengan menggunakan LinkAja, yaitu aplikasi dompet digital dan e-money tepercaya yang memudahkan berbagai aktivitas keuangan kamu. Jadi nggak perlu repot lagi bawa uang tunai ke mana-mana, kan? 

 

Yuk, unduh aplikasinya sekarang.

 

Baca juga: Manfaat pakai LinkAja - 10 Keuntungan pakai LinkAja