5 Manfaat Jogging untuk Tubuh dan Tips Jogging

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Olahraga jogging menjadi salah satu jenis olahraga yang paling difavoritkan oleh masyarakat karena manfaat jogging terasa untuk seluruh tubuh serta termasuk olahraga yang lebih ringan dibandingkan olahraga lainnya. Kamu hanya perlu berlari selama beberapa menit dan kalori di tubuhmu pun bisa terbakar.

 

Jogging melibatkan berbagai otot di seluruh tubuh, sehingga olahraga ini membakar kalori yang cukup banyak jika dilakukan dengan intensitas sedang maupun tinggi. 

 

Berikut ini beberapa manfaat jogging untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui:

 

  1. Membakar lemak di tubuh
    Di samping menyehatkan untuk tubuh, jogging bisa membakar kalori yang ada di tubuh, sehingga jogging termasuk olahraga menurunkan berat badan yang efektif bagi kamu yang sedang menjalani program diet. 

    Selain menurunkan berat badan, kamu juga bisa mencegah obesitas dengan jogging karena bisa membantu mempertahankan berat badanmu yang sekarang. Durasi dan intensitas olahraga ini bisa kamu sesuaikan sendiri supaya memberikan hasil yang kamu inginkan. 
     
  2. Meningkatkan sistem pernapasan
    Ketika melakukan jogging, paru-paru akan terlatih untuk meningkatkan kapasitasnya. Oksigen akan diambil lebih banyak serta karbondioksida akan dibuang secara efisien oleh paru-paru. Ini akan meningkatkan sistem pernapasan tubuh.
     
  3. Memperkuat sistem imunitas
    Selanjutnya, jogging bisa memperkuat sistem imunitas tubuh untuk mencegah adanya penyakit jangka pendek maupun jangka panjang. Contoh penyakit jangka pendek yang bisa dicegah dengan jogging yaitu infeksi saluran pernapasan atas, sedangkan penyakit jangka panjang itu contohnya diabetes. 
     
  4. Meningkatkan kesehatan jantung
    Jogging juga dikenal dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan memompa darah ke jantung dan membuat jantung kuat, sehingga kamu bisa menghindari berbagai penyakit jantung. Lalu, jogging bisa juga menjaga tekanan darah dan mengendalikan glukosa darah serta kadar kolesterol dalam tubuh.
     
  5. Membantu atasi depresi
    Orang-orang yang memiliki kecemasan tinggi atau depresi sangat dianjurkan untuk berolahraga secara teratur karena berolahraga bisa menurunkan kadar kortisol. Kortisol adalah hormon yang mempengaruhi respons tubuh terhadap stress. Jika hormon kortisol pada seseorang tak terkendali, maka tekanan darah dan kadar glukosa darah bisa meningkat serta akan memicu penyakit diabetes.

 

Baca Juga: Tips Sehat Paling Penting dan Utama untuk Terlindung dari Virus Corona

 

Banyak kan manfaat olahraga jogging untuk tubuh maupun kesehatan mentalmu? Saat ingin melakukan jogging, kamu bisa ikuti tips di bawah ini:

 

  1. Pakai sepatu lari yang nyaman
    Supaya aktivitas jogging-mu lancar, nyaman, serta terhindar dari terjatuh dan cedera, gunakan sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki kamu dan nyaman untuk dipakai berlari. 

 

  1. Gunakan pakaian khusus olahraga
    Lebih baik kamu menggunakan pakaian khusus untuk berolahraga karena akan lebih nyaman untuk dipakai berolahraga. Dengan pakaian yang nyaman, kamu bisa bernapas dan bergerak dengan baik ketika berlari. Pilih juga pakaian yang mudah menyerap keringat. 

 

  1. Tentukan lokasi dan waktu jogging yang cocok
    Kamu perlu memperhatikan berbagai lokasi yang nyaman untuk jogging. Pilihlah jalan yang aman, bisa untuk berlari, serta rata bukan bebatuan supaya kegiatan olahragamu efektif dan tidak terganggu oleh keadaan jalan.

    Pilih juga waktu yang tepat untuk berolahraga. Kamu bisa pilih jam-jam yang kosong atau tidak sibuk supaya olahragamu lancar dan aman. Kalau sedang di jam sibuk, dikhawatirkan akan ada banyak kendaraan atau keramaian, sehingga sulit untuk berolahraga. 

 

  1. Penuhi nutrisi dan energi tubuhmu sebelum jogging
    Berolahraga dilakukan supaya tubuhmu sehat. Jika kamu berolahraga tanpa mengisi energi dengan makan dahulu, olahraga justru akan membuatmu lemas. Maka, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein paling tidak 3 jam sebelum melakukan olahraga jogging.

 

Sambil jogging, kamu bisa melacak aktivitas sehatmu dengan aplikasi FITA dari Telkomsel. Berbagai fitur terkait kesehatan ada di aplikasi ini, lho, mulai dari video olahraga profesional dari ahli bersertifikat hingga berbagai resep masakan yang sehat untukmu! Manfaatkan aplikasi ini untuk memperhatikan kesehatanmu, ya!

 

Kalau kamu butuh berkonsultasi dengan dokter mengenai kesehatanmu, Telkomsel menyediakan Paket Sehat yang berkolaborasi dengan Halodoc. Sudah ada kuota sebesar 2 GB di paket tersebut, tapi jika kamu butuh kuota lebih banyak, kamu bisa pakai paket Internet Sakti dari Telkomsel. 

 

Nah, kamu sudah tahu kan manfaat jogging dan beberapa tips untuk jogging? Selamat berolahraga, ya!

 

Baca Juga: Hidup Sehat Bareng Fita, Aplikasi Kesehatan dari Telkomsel

 

Beli paketnya sekarang!