5 Alasan Siaran TV Digital Lebih Baik Daripada TV Analog

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Saat ini pemerintah telah menyuntik mati televisi analog di Indonesia. Perlahan dan pasti semua orang akan beralih ke TV digital. Penggunaan televisi ini lebih menguntungkan sehingga pemerintah berkomitmen mendukung sepenuhnya peralihan tv analog menjadi digital. 

 

Di era teknologi sekarang ini memang sudah saatnya semua beralih ke yang lebih praktis dan kekinian. Kalau kamu belum tahu apa sih sebenarnya keistimewaan televisi ini, kamu bisa simak seutuhnya keuntungan dan keunggulan tayangan televisi tersebut di artikel ini. 

 

Apa itu TV Digital?

TV digital adalah siaran televisi yang menggunakan modulasi berbasis digital. Bukan hanya menyalurkan data dalam bentuk gambar dan suara, tetapi juga bisa menyajikan multimedia dan layanan multifungsi yang interaktif. Di televisi ini bahkan bisa memberikan informasi tentang bencana secara dini. 

 

Mengapa Harus Pindah ke TV Digital?

Pemerintah mendorong sepenuhnya peralihan televisi analog menjadi digital dengan alasan yang cukup logis. Selain memang kualitas tv ini yang lebih bagus, cara ini juga untuk membantu ketertinggalan Indonesia di dunia internasional. 

 

Setiap warga negara memiliki hak mendapatkan siaran televisi yang berkualitas. Karena itulah peralihan siaran ini menjadi penting. Berikut ini beberapa alasan mengapa kamu perlu beralih dari siaran analog menjadi digital:

 

1. Siaran Lebih Berkualitas dan Jernih

Inilah alasan paling penting yang mengharuskan kamu beralih meninggalkan siaran analogi. Kalau pakai televisi biasa kamu masih akan menemukan gangguan noise siaran seperti semut pada tayangan gambarnya. 

 

Nah, di televisi siaran digital ini hal semacam itu tidak kamu temukan. Kualitas gambar dan suaranya lebih bagus dan jernih. Nggak hanya itu, di siaran ini kamu juga bisa menikmati fitur-fitur canggih terkini yang bisa meningkatkan pengalaman pengguna dalam menikmati hiburan.

 

2. Lebih Banyak Channel

Frekuensi TV digital di Indonesia meliputi 498 MHz, 530 MHz, 554 MHz, 578 MHz, 626 MHz, 650 MHz, 690 MHz, dan sebagainya menyuguhkan puluhan stasiun televisi ternama dengan tayangan terbaik. 

 

Jumlah channel untuk wilayah Jakarta misalnya mencapai 42 channel. Angka ini jelas lebih banyak ketimbang tayangan channel yang ada di televisi analog. 

 

Jadi kalau kamu suka nonton tayangan film, olahraga, kuliner, dan lainnya yang secara khusus ada di televisi tertentu, maka pakai televisi digital ini lebih cocok dan menghibur. 

 

3. Tidak Perlu Berlangganan

Mendapatkan siaran televisi berkualitas nggak harus langganan seperti yang sudah-sudah. Kamu bisa menikmati banyak channel dengan tayangan gambar dan audio yang berkualitas sepuasnya. 

 

Informasi dan hiburan bisa kamu dapatkan dari berbagai channel. Aktivitas di depan televisi pun jadi lebih menarik karena banyaknya pilihan tayangan yang bisa kamu akses.

 

4. Lebih Efisien untuk Penyelenggaraan Siaran

Dalam konteks penyelenggaraan siaran, ternyata pakai TV digital ini lebih menguntungkan. Frekuensi bisa lebih hemat. Selain itu, spektrum radio pada penyiaran ini juga bisa lebih efisien. Kualitas gambar lebih bagus, audio jelas dan jernih. 

 

Pilihan program yang lebih banyak pastinya juga semakin membuat penonton senang. Tersedia layanan interaktif yang jadi kebutuhan di dunia teknologi saat ini. 

 

5. Membantu Pemerataan Akses Internet

Penggunaan TV digital sangat membantu pemerataan akses internet di seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Menggunakan TV biasa tetap bisa mengakses siaran ini dengan bantuan perangkat STB. Siaran yang berkualitas pastinya akan meningkatkan informasi bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Di semua wilayah bisa mengaksesnya.

 

Apakah Televisi Digital Masih Menggunakan Antena?

Ya, untuk bisa mendapatkan akses siaran televisi digital tersebut masih menggunakan antena. Namun, nggak cukup antena saja, kamu juga perlu menambahkan perangkat STB atau set-top-box.

 

Bagaimana Cara Mengetahui Sinyal TV Digital?

Cek sinyal TV digital bisa kamu lakukan menggunakan aplikasi SinyalTVDigital di smartphone kamu. Berikut ini langkah-langkahnya:

 

  • Buka aplikasi lalu klik ikon bidik di bagian tengah aplikasi. 
  • Pilih ‘See Mux Detail’. Jika jaringan di daerah tersebut kuat maka akan muncul peta dengan warna merah, jika kuning artinya sedang, dan jika biru atau abu-abu berarti sinyalnya lemah. 
  • Jika ingin melihat daftar siarannya bisa klik ‘Galeri’ pada bagian kanan bawah. 

 

Nonton TV digital memang lebih menarik dan menyajikan pilihan hiburan yang beragam. Namun, kalau di daerah kamu termasuk sinyal yang lemah, nggak perlu khawatir. Kamu tetap bisa mengakses siaran tayangan secara digital menggunakan MAXStream.

 

Nonton pakai MAXStream bisa di mana aja. Sinyal Telkomsel yang lebih kuat sekaligus menawarkan harga paket yang hemat. 

 

Nggak hanya itu, kamu juga berkesempatan mengakses jaringan 5G Telkomsel yang memberikan pengalaman berselancar di dunia maya yang berbeda dan lebih seru.

 

Baa jugaKeuntungan Jaringan 5G Telkomsel

 

Paket kuota nonton di MAXStream tersedia dengan biaya yang hemat. Bisa kamu manfaatkan untuk nonton banyak jenis tayangan.

 

Selengkapnya tentang paket tersebut bisa kamu cek di sini

 

Nonton TV digital yang lebih menguntungkan pastinya menggunakan MAXStream. Nonton di mana aja dan kapan aja bersama Telkomsel.

 

Paket spesial untuk Anda