Memilih Solusi Mobile Device Management (MDM) Terbaik: Fitur-Fitur Wajib Ada
Blog
27 Jun 2024
Diperbarui pada 27 Jun 2024

Dengan semakin banyaknya perangkat mobile yang digunakan di tempat kerja, kebutuhan akan solusi yang efektif untuk mengelola dan mengamankan perangkat tersebut menjadi semakin mendesak. Di sini, mobile device management (MDM) menjadi solusi terbaik bagi perusahaan.

 

Menurut sebuah laporan, pasar mobile device management diproyeksikan akan meningkat sebesar USD18,52 miliar dengan pertumbuhan tahunan sekitar 26,01% dari tahun 2023 hingga 2028. Peningkatan ini didorong oleh penggunaan perangkat mobile yang semakin banyak dalam operasional perusahaan, kebutuhan akan platform manajemen yang terintegrasi, serta meningkatnya kekhawatiran terhadap ancaman keamanan siber.

 

Mobile device management (MDM) adalah sebuah sistem yang memungkinkan perusahaan untuk mengelola berbagai perangkat mobile dari satu platform terpusat. Dengan adopsi MDM, perusahaan dapat menyederhanakan pengelolaan perangkat, memastikan keamanan data, dan meningkatkan produktivitas karyawan, baik yang menggunakan perangkat pribadi maupun milik perusahaan.

 

Fitur-Fitur Wajib Ada dalam Mobile Device Management (MDM)

Seperti telah disinggung sebelumnya, mobile device management tidak hanya mengatasi masalah keamanan tetapi juga membantu dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional perusahaan. Di bagian ini, kita akan membahas fitur-fitur penting yang harus ada dalam solusi MDM.

 

1. Keamanan Data

Keamanan data adalah aspek yang tidak bisa diabaikan dalam setiap solusi MDM. Dengan semakin meningkatnya ancaman siber, perusahaan harus memastikan bahwa corporate data mereka aman dari akses yang tidak sah. Solusi MDM yang baik harus memiliki fitur-fitur berikut:

 

  • Enkripsi data: Mengamankan data yang disimpan di perangkat mobile dan yang dikirim melalui jaringan. Enkripsi memastikan bahwa data yang diretas oleh pihak yang tidak berwenang tetap tidak dapat dibaca.

  • Otentikasi multifaktor: Memastikan bahwa hanya pengguna yang sah yang dapat mengakses perangkat dan data perusahaan. Otentikasi ini menambahkan lapisan keamanan tambahan selain password biasa.

  • Remote wipe: Memungkinkan penghapusan data dari jarak jauh jika perangkat hilang atau dicuri. Fitur ini sangat penting untuk mencegah kebocoran data yang sensitif.

  • Pemantauan keamanan: Memonitor aktivitas perangkat secara real-time untuk mendeteksi dan merespons ancaman dengan cepat.

 

2. Pengelolaan Aplikasi

Pengelolaan aplikasi adalah bagian integral dari MDM. Perusahaan perlu memastikan bahwa aplikasi yang diinstal pada perangkat mobile sesuai dengan kebijakan keamanan perusahaan dan tidak menimbulkan risiko. Fitur MDM yang wajib ada di aspek ini meliputi:

 

  • Distribusi aplikasi: Memungkinkan distribusi aplikasi secara massal ke perangkat karyawan. Dengan ini, perusahaan dapat memastikan bahwa semua karyawan menggunakan aplikasi dari sumber yang sama, yang telah disetujui dan lolos uji.

  • Kontrol aplikasi: Membatasi aplikasi yang dapat diinstal atau digunakan di perangkat mobile. Ini mencegah karyawan menginstal aplikasi yang tidak diizinkan yang dapat menimbulkan risiko keamanan.

  • Pemantauan aplikasi: Berfungsi untuk tracking penggunaan aplikasi dan mendeteksi aktivitas yang mencurigakan. Perusahaan dapat melihat aplikasi mana yang paling sering digunakan dan mengidentifikasi potensi masalah jika dicurigai.

 

perangkat mobile sudah umum digunakan untuk menyelesaikan banyak pekerjaan

 

3. Manajemen Perangkat

Selain pengelolaan aplikasi, manajemen perangkat juga merupakan komponen penting dari solusi MDM. Fitur-fitur berikut harus ada untuk memastikan perangkat dapat dikelola dengan efisien:

 

  • Inventarisasi perangkat: Memungkinkan perusahaan untuk melacak semua perangkat yang digunakan. Dengan inventarisasi yang baik, perusahaan dapat mengetahui perangkat mana yang aktif dan mana yang tidak.

  • Profil pengguna: Menyediakan setting dan konfigurasi khusus berdasarkan peran (role) pengguna dalam perusahaan. Ini memungkinkan konfigurasi yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan setiap karyawan.

  • Pemantauan dan reporting: Memberikan insights tentang status perangkat dan penggunaan, membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik. Laporan ini dapat mencakup informasi tentang baterai, penggunaan data, dan status keamanan perangkat.

 

4. Data Security untuk Corporate Data

Dalam konteks MDM, data security adalah upaya untuk melindungi corporate data dari ancaman internal dan eksternal. Ini termasuk perlindungan terhadap kebocoran data, akses tidak sah, dan serangan malware. Beberapa fitur penting dalam konteks ini adalah:

 

  • Firewall dan antivirus: Melindungi perangkat dari serangan malware dan virus. Software ini akan memindai dan memblokir ancaman sebelum mereka dapat merusak perangkat atau mencuri data.

  • VPN: Mengamankan koneksi internet untuk memastikan data yang dikirim dan diterima tetap aman. VPN sangat penting ketika karyawan bekerja dari lokasi yang tidak aman seperti kafe atau bandara.

  • Segregasi data: Memisahkan data perusahaan dari data pribadi pengguna untuk mencegah kebocoran data. Dengan ini, jika terjadi masalah dengan data pribadi, data perusahaan tetap aman.

 

5. Fitur MDM untuk Peningkatan Produktivitas

Selain memastikan keamanan, MDM juga bertujuan untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Berikut adalah beberapa fitur MDM yang dapat membantu:

 

  • Manajemen email dan kalender: Mengintegrasikan email dan kalender perusahaan untuk memudahkan komunikasi dan penjadwalan. Dengan fitur ini, karyawan dapat mengakses email dan jadwal mereka dari mana saja.

  • File sharing: Memungkinkan karyawan untuk mengakses dan berbagi dokumen dengan aman. Fitur ini sangat penting untuk kolaborasi antartim yang bekerja dari lokasi yang berbeda.

 

mdm mendukung fitur remote wipe dan proteksi data dari jarak jauh

 

MDM, Keamanan Data, dan BYOD Policy

Bring Your Own Device (BYOD) adalah kebijakan yang memperbolehkan karyawan menggunakan perangkat pribadi mereka untuk keperluan pekerjaan. Sehingga perusahaan tidak perlu menyediakan perangkat kantor.

 

Meskipun kebijakan ini memiliki banyak manfaat, seperti peningkatan fleksibilitas dan penghematan biaya pengadaan hardware, namun juga menimbulkan tantangan keamanan data yang serius. Solusi MDM harus mampu mengatasi tantangan ini dengan fitur-fitur seperti:

 

  • Pemisahan data: Memisahkan data pribadi dan data perusahaan pada perangkat yang sama. Ini memastikan bahwa data perusahaan tetap aman meskipun perangkat pribadi digunakan untuk keperluan pribadi.

  • Kebijakan keamanan: Menerapkan kebijakan keamanan yang ketat untuk perangkat pribadi yang digunakan untuk pekerjaan. Ini bisa mencakup persyaratan password yang kuat, enkripsi data, dan kontrol akses.

  • Pemantauan dan audit: Berguna untuk tracking aktivitas pada perangkat BYOD untuk mendeteksi dan mencegah ancaman keamanan. Dengan pemantauan ini, perusahaan dapat memastikan bahwa perangkat BYOD digunakan sesuai dengan kebijakan perusahaan.

 

Kesimpulan

Keamanan data adalah prioritas utama dalam setiap solusi mobile device management (MDM), dan perusahaan harus memastikan bahwa mereka memilih solusi yang dapat memenuhi standar itu. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti data security, pengelolaan aplikasi, dan manajemen perangkat, perusahaan dapat menemukan solusi MDM yang tepat untuk memastikan keamanan dan efisiensi kerja. 

 

Solusi MDM yang efektif tidak hanya melindungi perusahaan dari ancaman siber, tetapi juga memungkinkan mereka untuk memanfaatkan teknologi mobile secara maksimal guna mendukung pertumbuhan dan kesuksesan bisnis.

 

Telkomsel Enterprise memiliki solusi Mobile Device Management (MDM) yang dirancang untuk menjaga keamanan perangkat karyawan yang dapat diakses kapan saja.

 

Solusi ini menawarkan perlindungan perangkat dan aplikasi dari data breaching dan kerugian finansial akibat kebocoran data. Dengan lebih dari 100 akun pemakaian dan peningkatan produktivitas hingga 90%, MDM menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan visibilitas keamanan perangkat perusahaan.

 

Layanan ini memungkinkan implementasi yang seamless melalui zero-touch enrollment, memastikan perangkat yang telah dipasang MDM dapat langsung digunakan. MDM juga menawarkan jenis pembayaran fleksibel, integrasi dengan solusi Telkomsel Enterprise lainnya, dan paket solusi atau a la carte. Dengan sistem keamanan yang lebih terjaga, MDM mengatur izin dan akses pada jaringan, menjaga keamanan data perusahaan.

 

Lindungi perangkat mobile perusahaan Anda dari serangan siber dengan Mobile Device Management dari Telkomsel Enterprise. Hubungi kami untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang bagaimana solusi ini dapat membantu dalam menjaga keamanan perangkat perusahaan Anda.

TAGS
Blog

Situs kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Dengan melanjutkan, Anda sudah menyetujui Syarat & Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku.

Items per page
Sort by