Telkomsel | 22 April 2019
1 shares

                                 Mengurangi Sampah Plastik Bagi Pekerja Kantoran

 

Kampanye pengurangan sampah, khususnya sampah plastik, semakin gencar dilakukan belakangan ini. Bukan tanpa alasan kampanye #BhayPlastik terus didengungkan untuk seluruh masyarakat menyusul statistik tingginya volume sampah plastik nasional dan dampak buruk dari sampah jenis ini.

Bahaya sampah plastik mengintai kesehatan manusia, hewan hingga lingkungan. Sebagaimana diambil dari Plastic Pollution Coalition, plastik merupakan bahan yang bisa bertahan seumur hidup dan sulit dihancurkan. Akan tetapi 33% dari semua plastik hanya dipakai sekali saja, yang pada akhirnya mencemari lingkungan. Zat kimia beracun dalam benda berbahan dasar plastik dapat menyebabkan kanker, cacat saat melahirkan hingga melemahnya kekebalan tubuh.

Melepaskan diri secara total dari plastik memang sulit mengingat plastik sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai pembungkus makanan hingga bahan sedotan. Tetapi ada selalu cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sampah plastik.

Bagi yang bekerja kantoran, mengurangi sampah plastik dapat dilakukan dengan membawa kantong belanja daur ulang serta wadah makanan milik sendiri ke kantor. Daripada menerima plastik atau wadah styrofoam sekali pakai sebagai bungkus belanjaan, lebih baik manfaatkan kantong daur ulang yang dipunyai. Sediakan satu saja di laci jika sewaktu-waktu membutuhkannya. Lebih baik lagi jika kita juga membawa sendok dan alat makan sendiri untuk makan di kantor atau ke restoran. Ini sebagai pengganti dari sendok dan garpu plastik yang biasanya dipilih oleh warung atau restoran ke pembeli agar praktis dan murah.

Mengurangi Sampah Plastik Bagi Pekerja Kantoran

Selain itu, untuk minum kita juga bisa menghindari penggunaan sedotan plastik. Minumlah cukup dari cangkir atau gelas yang telah disediakan oleh restoran atau warung tempat makan. Atau dapat membeli sedotan stainless steel yang bisa dibawa kemana-mana. Pekerja kantoran dapat juga membawa botol air minum sendiri yang terbuat dari kaca atau bahan non plastik lainnya. Gunakan botol tersebut saat mengisi air ulang di kantor. Kurangi membeli air mineral dengan botol plastik yang dapat menambah jumlah sampah plastik.

Langkah lainnya yakni buanglah sampah langsung pada tempat sampah, tidak mengumpulkannya dulu lalu menaruhnya pada kantong plastik tersendiri baru kemudian membuangnya ke tempat pembuangan akhir.

Sedotan, botol air minum plastik, sendok dan garpu plastik dan bungkus plastik merupakan contoh barang berbahan dasar plastik yang sering kita pakai namun acapkali kita buang hanya dalam sekali pakai. Kebayang kan jumlah sampah plastik yang kita buang sehari-hari?

Nah, apakah kamu sudah mulai mengurangi penggunaan plastik untuk aktivitas sehari-hari? Jika belum, yuk mulai sekarang dibiasakan.


Related Blogs