Telkomsel | 12 Juni 2020
2 shares

Mengenal VoLTE: Manfaat dan Cara Menggunakannya

Mengenal VoLTE: Manfaat dan Cara Menggunakannya

Kamu pernah mencoba kirim pesan lewat WhatsApp tapi tidak terkirim karena di saat bersamaan sedang teleponan sama teman? Kondisi tersebut mungkin terjadi karena jaringan seluler sedang memprioritaskan panggilan telepon ketimbang pesan yang kita kirim di WhatsApp.

Buat sebagian dari kita yang membutuhkan komunikasi yang real-time dan simultan antara aktivitas menggunakan layanan data (contohnya: bertukar pesan di WhatsApp) dan panggilan telepon, situasi di atas bisa jadi membuat tidak nyaman. Namun, kita tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah tersedia layanan yang bisa menjadi solusi atas kendala tersebut, yakni Voice over Long-Term Evolution (VoLTE).

VoLTE merupakan layanan yang memungkinkan kita untuk melakukan dan menerima panggilan telepon di jaringan 4G. Dengan menggunakan layanan VoLTE, kita bisa memperoleh tiga manfaat utama, yakni:

  1. Bebas berselancar mengakses layanan internet, streaming video, bermain games, saat tersambung dengan panggilan telepon suara
  2. Menelepon dengan suara lebih jernih dengan kualitas HD berbasis jaringan 4G
  3. Terhubung lebih cepat daripada menggunakan layanan panggilan telepon biasa dan Voice over Internet Protocol (VoIP)

Buat kamu yang pakai Telkomsel, berikut langkah-langkah yang perlu kamu ketahui dan pastikan untuk bisa menggunakan layanan VoLTE:

  1. Menggunakan SIM card yang sudah mendukung jaringan 4G Telkomsel. Buat kamu yang belum pakai layanan 4G, kamu bisa upgrade SIM card kamu dengan cara ini.
  2. Berada di wilayah yang terjangkau layanan VoLTE berikut:

     

    Mengenal VoLTE: Manfaat dan Cara Menggunakannya
  3. Meggunakan gawai (gadget) sudah mendukung layanan VoLTE berikut:
    • Samsung Galaxy S9 Series
    • Samsung Galaxy S10 Series
    • Samsung Galaxy Note 8
    • Samsung Galaxy Note 9
    • Samsung Galaxy Note 10
    • Huawei P30 Pro
    • Vivo V15 Pro
  4. Meng-update sistem operasi gawai dengan versi terbaru
  5. Mengaktifkan jaringan VoLTE pada menu pengaturan jaringan di gawai. Ketika sudah dalam posisi aktif, kamu akan melihat logo/ikon VoLTE pada status sinyal bar sebagai tanda bahwa pelanggan sudah dapat menikmati layanan VoLTE Telkomsel.

Pelanggan terpilih yang sudah memenuhi kriteria di atas bisa mengaktifkan paket khusus Takmania VoLTE berupa tambahan kuota menit telepon VoLTE selama 6.000 menit pada paket Talkmania bulanan yang berlaku untuk pemakaian 30 hari. Tersedia pilihan paket panggilan ke sesama nomor Telkomsel seharga Rp 56.000 dan paket panggilan ke semua nomor operator seharga Rp 92.000.

Paket Talkmania VoLTE tersebut bisa diaktivasi melalui aplikasi MyTelkomsel dengan cara berikut:

  1. Klik “VoLTE” pada banner aplikasi
  2. Pilih paket VoLTE
  3. Pilih paket panggilan ke sesama nomor Telkomsel atau ke semua nomor operator
  4. Beli paket
  5. Pembelian berhasil

Kalau kamu menghadapi kendala dalam menikmati layanan VoLTE Telkomsel, kamu bisa menghubungi berbagai kanal pelayanan pelanggan yang menyediakan layanan asisten virtual berikut. Informasi lengkap mengenai layanan VoLTE Telkomsel bisa kamu akses melalui www.telkomsel.com/volte.

Selamat mencoba!


Related Blogs