Trik Permainan XOX Berdua, Rahasia Supaya Selalu Menang

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Ada salah satu permainan yang mungkin udah kamu mainkan sejak kecil yang biasanya kita sebut catur jawa atau permainan XOX alias tic tac toe. FYI, orang-orang Mesir kunolah yang lebih dulu mengenal XOX ini, termasuk masyarakat Romawi.

 

Kalau di tanah air sendiri, nggak jelas awal mula munculnya permainan ini, termasuk mengapa dinamakan catur jawa.

 

Aturan Main XOX

Untuk peraturannya kamu pasti juga udah nggak asing. XOX biasanya dimainkan dua orang dan masing-masing bertugas mengisi sembilan kotak permainan secara bergantian dengan simbol “X” atau “O”.

 

Yang menang adalah yang pertama dapat menyusunnya berurutan, bisa dalam bentuk horizontal, diagonal, atau vertikal. 

 

Trik Permainan XOX

Waktu lagi ngumpul dengan teman-teman, kamu bisa mengusulkan untuk main catur jawa, dan bikin mereka terkesan karena kamu nggak terkalahkan. Tapi sebelumnya pelajari dulu triknya berikut.

 

1. Rumus Game XOX Google

Strategi yang pertama ini berpeluang besar bikin kamu menang kalau kamu yang memulai permainan.

 

  • Mulai dari Tengah

Pastikan kamu mulai meletakkan atau menggambar simbol di kotak tengah. Jika ini sudah berhasil, kamu lakukan bisa dianggap kalau kamu pasti menang. Jadi, jangan sampai salah, ya.

 

  • Buat Lawan Menutup Langkah Kedua

Selanjutnya kamu tinggal mengekor aja ke mana lawan kamu menempatkan simbolnya. Yang perlu kamu lakukan hanya menempatkan simbol untuk membuat lawan menutup langkah ke tiga dengan langkah keduanya.

 

  • Tutup Langkah Lawan

Di langkah ketiga ini kamu sudah hampir mengakhiri permainan. Pastikan kamu menghalangi lawan untuk membuat garis horizontal. Biasanya dia bakalan melakukan hal yang sama dan menghalangi kita membuat kolom.

 

  • Selesaikan Permainan

Sekarang kamu tinggal menyelesaikan game dengan menempatkan simbol membentuk pola lurus karena lawanmu sudah nggak bisa berbuat apa-apa. 

 

2. Trik Permainan XOX Berdua

Strategi permainan XOX berdua ini juga bisa kamu coba untuk memenangkan game tic tac toe.

 

  • Mainkan Tanda X Pertama di Sebuah Sudut

Alih-alih menempatkan simbol di kotak tengah seperti biasanya, di sini kamu bisa meletakkan simbol di kotak sudut. Konon inilah yang biasanya pemain berpengalaman lakukan. Tujuannya ternyata untuk memancing lawan kamu agar melakukan kesalahan yang sama. 

 

  • Jika Lawan Memainkan O Pertamanya di Tengah, Tunggu Momentum

Jangan panik dulu kalau lawan menempatkan simbol miliknya di kotak tengah. Tetap fokus dan tunggu saat dia membuat kesalahan agar kamu bisa balik menjebaknya.

 

Anggaplah simbol milikmu adalah “X”, dan lawan “O”. Di langkah kedua letakkan “X” pada sudut berlawanan dengan simbol “X” pertama yang kamu buat. Jadi bakalan ada garis “X” “O” “X” dengan pola diagonal.

 

Sekarang tinggal tunggu lawan menempatkan simbolnya di sudut yang lain. Untuk menang kamu tinggal menaruh simbol kamu di langkah ketiga di kotak sudut yang kosong. Lawan kamu mustahil dapat memblokir langkah tersebut.

 

Skenario kedua, kamu bisa meletakkan simbol kamu pada kotak pinggir selain di sudut dan bukan di dekat simbol yang pertama kamu buat. Jika lawan menempatkan simbol “O” miliknya pada kotak di samping simbol keduamu, manfaatkan langkah ketigamu untuk memblokirnya.

 

Sekali lagi kamu tinggal menyelesaikan permainan dengan menempatkan simbol “X”-mu untuk membentuk pola.

 

  • Letakkan X Ketiga dengan Tepat

Di sini misalkan kamu sudah berhasil membuat dua “X” berurutan, tentunya lawan bakal memblokirnya. Kamu masih punya kotak kosong sejajar dengan simbol pertama dan kedua yang kamu buat. Taruh saja simbol ketigamu pada kotak tersebut.

 

Gambarannya kira-kira gini pada baris paling atas: “X” “O” “KOSONG”, baris kedua: “O” “KOSONG” “KOSONG”, dan baris ketiga: “X” “KOSONG” “KOSONG”

 

Tempatkan X ketiga kamu di kotak kanan bawah untuk membentuk pola sejajar dengan “X”-mu yang lain.

 

  • Menang di Langkah Keempat

Terakhir, kamu tinggal mengisikan simbol “X” milikmu ke kotak yang kosong dan menang!

 

Tips Permainan XOX

Satu lagi trik permainan XOX yang perlu kamu tahu agar bisa jadi master dalam game yang satu ini.

 

1. Hindari Kotak-Kotak Tepi (Bukan Sudut) Sebagai Langkah Pertama

Kalau nggak memungkinkan untuk pilih kotak tengah, kamu perlu menghindari kotak-kotak di tepi. Ini artinya kotak-kotak kosong yang bukan berada di tengah papan, bukan pula di sudut.

 

2. Pakai Taktik “Kanan, Kiri, Atas, dan Bawah”

Jika lawan kamu menempatkan simbolnya, kamu perlu melihat peluang apakah memungkinkan untuk meletakkan simbol kamu di sebelah kanan atau kiri “O” miliknya. Tapi kalau ini juga mustahil, kamu bisa memilih kotak di bawah simbol lawan maupun bagian atasnya. Intinya kamu perlu memaksimalkan ruang gerak dalam memblokir lawan.

 

3. Latihan Lawan Komputer

Agar semakin mahir, kamu perlu rajin latihan dengan melawan komputer. Dengan begitu kamu bakalan lebih cepat hafal strategi-strategi permainan dan siap mengalahkan teman-temanmu.

 

Penutup

Biar latihan dengan komputer berjalan lancar, mainkan permainan XOX secara online dengan paket internet Combo SAKTI Telkomsel. Paket ini ngasih kamu layanan komplet internet, telepon, dan SMS-an dengan kuota besar. Yuk beli paketnya hanya di Telkomsel.

 

Baca juga: Upaya Telkomsel dalam Memerdekakan Komunikasi di Seluruh Penjuru Negeri

Temukan paket terbaik khusus untuk Anda