Perusahaan Pembuat Metaverse Adalah: Termasuk Meta dan Microsoft

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Pernah mendengar kata Metaverse belakangan ini? Metaverse adalah salah satu mimpi di mana semua aktivitas bisa kamu lakukan hanya dengan duduk di sofa. Bekerja, bermain, menonton, berinteraksi, semua dapat kita lakukan tanpa beranjak dari sofa. 

 

Sebuah perusahaan yang mengembangkan sistem metaverse disebut dengan perusahaan metaverse. Perusahaan ini berusaha keras untuk membangun ekonomi virtual yang lengkap.

 

Mau tahu informasi selengkapnya tentang perusahaan metaverse? Tenang, Telkomsel akan menjawab rasa ingin tahu itu! Simak sama-sama, yuk!

 

Apa itu Perusahaan Metaverse?

Dunia metaverse adalah ruang digital yang tercipta sebagai wujud mimpi dari perkembangan internet. Metaverse adalah "masa depan media sosial" yang bertujuan untuk memberi pengguna kesempatan dalam bersosialisasi, bekerja, berinteraksi dengan lingkungan yang menarik, berbelanja, dan menjelajahi dunia virtual.

 

Dalam ruang digital ini, kamu bisa terlibat dengan berbagai pengguna dari seluruh penjuru dunia dengan memanfaatkan perangkat keras VR atau Virtual Reality. Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) memainkan peran utama dalam membuat seluruh pengalaman Metaverse imersif dan interaktif.

 

Oleh sebab itu, ada banyak perusahaan Metaverse seperti Meta yang berupaya menciptakan perangkat keras VR terbaik untuk pengguna. 

 

Baca juga: Agar Terus Produktif di Rumah dengan Internet, 5 Hal Penting Ini Perlu Diperhatikan

 

Perusahaan metaverse adalah perusahaan bisnis yang berfokus pada pembuatan dan pengelolaan dunia maya. Biasanya, tujuannya untuk hiburan atau pendidikan. 

 

Perusahaan-perusahaan ini sering mengembangkan perangkat lunak dan perangkat keras yang diperlukan untuk membuat dunia maya mereka dapat diakses oleh pengguna. Dalam banyak kasus, mereka juga membuat dan memelihara konten dalam lingkungan digital.

 

Perusahaan yang mengerjakan Metaverse juga dapat berfokus pada pengembangan perangkat keras VR, membuat platform baru, membuat pasar virtual, membangun keamanan data, membuat alat pemodelan 3D, dan banyak lagi.

 

Daftar Perusahaan Pembuat Metaverse Terbaik

Metaverse bukanlah konsep baru abad ini, tetapi sudah ada sejak tahun 1900-an dalam sebuah novel berjudul Snow Crash. Barulah beberapa tahun setelahnya, berbagai perusahaan mulai mengembangkan komunitas online berdasarkan konsep metaverse, terutama sejak tahun 2003.

 

Berikut adalah 7 perusahaan pembuat Metaverse terbaik yang bekerja untuk memfasilitasi penyediaan solusi bagi pengguna.

 

1. Meta (Perusahaan Metaverse Facebook)

CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan komitmen mereka terhadap "masa depan media sosial" pada Oktober 2021. Perusahaan Metaverse ini mengubah namanya menjadi 'Meta' untuk menandakan rencana strategisnya dalam mengubah cara pengguna berinteraksi. bekerja, bermain, dan berbelanja online

 

Meta jelas bukan satu-satunya perusahaan Metaverse yang bekerja di ruang ini, karena mereka memiliki banyak pesaing yang telah membuat kemajuan signifikan di dunia Metaverse. Misalnya, perusahaan Sandbox yang telah membangkitkan minat besar-besaran dari pengguna dan selebritas. 

 

2. Microsoft

Microsoft adalah salah satu raksasa teknologi lain yang telah mengarahkan pandangannya untuk memimpin revolusi digital. Dengan fokus mereka pada "realitas campuran", Microsoft mampu memanfaatkan HoloLens-nya untuk menggabungkan AR dengan aplikasi kehidupan nyata.

 

Hal ini telah diterapkan pada beberapa kasus penggunaan industri. Misalnya,, Kawasaki sekarang telah bermitra dengan Microsoft untuk memanfaatkan Metaverse industri mereka untuk membantu membuat robot dan mengelola rantai pasokan.

 

3. Decentraland (Platform Metaverse)

Decentraland merupakan platform Metaverse yang memberi pengguna akses untuk dapat membeli 'tanah' virtual dan membentuk pengalaman mereka sendiri. Pengguna akan membuat avatar khusus yang memungkinkan mereka menjelajahi berbagai lanskap yang ditawarkan platform ini.

 

Decentraland menggunakan 'MANA' sebagai mata uangnya yang dapat ditukar dengan bentuk mata uang virtual lainnya di bursa crypto.

 

4. NVIDIA

NVIDIA telah menawarkan pengembang kesempatan untuk berkolaborasi dalam model 3D dengan meningkatkan komunikasi dan produktivitas. Banyak perusahaan metaverse, seperti Kroger, PepsiCo, Amazon, dan lainnya memanfaatkan NVIDIA's Omniverse untuk membuat aset digital, avatar, lingkungan virtual, gedung, dan banyak lagi.

 

NVIDIA juga meluncurkan NVIDIA OVX yang memungkinkan perusahaan menjalankan simulasi rumit di dalam Omniverse. Ini memungkinkan pengembang, insinyur, dan ahli strategi untuk membuat simulasi 3D dari lingkungan nyata.

 

Contoh Populer Metaverse saat Ini

Salah satu contoh Metaverse adalah Metaverse milik Meta. Perusahaan raksasa milik Mark Zuckerberg ini mengembangkan permainan 3D dengan penggunaan teknologi VR dan AR. 

 

Gagasan tentang Metaverse ini sudah berlangsung sejak tahun 2014. Pihak Meta menjadikan proyek ini sebagai visi dan misi terbaru sebagai bentuk "menghidupkan Metaverse". Meta bahkan membuat kantor Horizon Workrooms menggunakan kursi hologram layaknya sedang duduk di kantor sungguhan.

 

Dari beberapa informasi tentang perusahaan metaverse yang sudah kita bahas, salah satu hal yang simpel tapi sangat penting adalah koneksi. Tanpa adanya koneksi yang cepat dan stabil, experience penggunaan metaverse pasti kurang nyaman.

 

Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan provider dengan jaringan yang cepat dan stabil yang dalam hal ini kamu bisa memanfaatkan Telkomsel. Jaringan 5G Telkomsel bisa membuat pengalaman berselancar di Metaverse menjadi lebih optimal dan menyenangkan. Sebab, metaverse adalah hal yang nyata dan benar-benar menjadi masa depan dunia virtual.