Perhatikan Hal Ini Sebelum Mulai Usaha Sampingan

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Sebelum kamu memutuskan untuk mulai usaha sampingan, kamu harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Punya usaha sampingan memang terdengar menarik dan menguntungkan karena bisa mempunyai penghasilan tambahan, Tapi, tunggu dulu. Jangan terburu-buru tanpa berpikir panjang karena banyak pertimbangan yang harus kamu pikirkan dan resiko yang mungkin ada.

 

Telkomsel sudah merangkum hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum mulai usaha sampingan. 5 (lima) hal ini adalah yang terpenting untuk kamu pertimbangkan:

 

1. Waktu

Waktu adalah uang. Pernyataan ini bukan hanya sebuah pernyataan kosong. Waktu benar-benar bisa menjadi uang bila dimanfaatkan dengan baik. Bila tidak memanfaatkan waktumu dengan baik, kamu bisa rugi, entah itu pada kesempatan yang hilang ataupun pekerjaan yang terbengkalai.

 

Sebelum memutuskan untuk memulai usaha sampingan, kamu harus memperhatikan waktu yang kamu punya untuk menyelesaikan pekerjaan utama. Jangan sampai pekerjaan utama terbengkalai karena total waktu yang kamu punya tidak sesuai dengan waktu yang akan kamu butuhkan pada masing-masing pekerjaan. Pertimbangkan waktu yang akan kamu gunakan pada usaha sampingan.

 

2. Kesiapan

Bila waktu sudah bukan masalah bagimu, kamu juga harus cek kesiapan fisik dan mental kamu dalam melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Bila kamu merasa mengerjakan satu pekerjaan utama saja sudah sangat melelahkan dan menghabiskan energimu, sebaiknya kamu tidak memaksa tubuhmu untuk bekerja di luar kapasitasnya. 

 

Akibat dari terlalu banyak bekerja tanpa mengecek kesiapan mental dan fisik kamu dahulu yaitu bisa sampai sakit ataupun depresi karena lelah bekerja. Jadi, cek kesiapan mental dan fisikmu dulu ya! Tubuhmu juga butuh perhatianmu!

 

Baca Juga: Telkomsel Gelar Lokakarya Bisnis untuk Wujudkan Kesetaraan Kapabilitas Digital Pelaku UMKM Komunitas Disabilitas

 

3. Komitmen

Kalau kamu merasa waktu sudah ada dan mental serta fisikmu sudah siap, saatnya mengecek komitmenmu untuk menambah usaha sampingan sebagai salah satu sumber penghasilanmu. Kamu bisa mulai usaha sampingan jika kamu yakin bahwa kamu akan berkomitmen dengan pekerjaan tambahan yang harus kamu lakukan di usaha sampingan ini.

 

Cek juga apakah kamu bisa berkomitmen mengerjakan masing-masing pekerjaan utamamu sambil mengerjakan usaha sampingan. Memang terdengar mudah untuk melakukannya, tapi ketika kamu benar-benar memulainya, akan banyak variabel baru yang harus kamu hadapi. Jadi, pertimbangkan juga komitmenmu dalam menjalankannya ya! Kamu juga harus bisa memiliki waktu istirahat! 

 

4. Modal

Cek modal yang kamu butuhkan untuk membuka usaha sampingan diperlukan juga untuk menentukan apakah kamu bisa mulai usaha sampingan atau tidak. Pastikan modal yang akan kamu gunakan untuk usaha sampingan bukan merupakan uang yang sudah kamu siapkan untuk hal yang bersifat darurat. 

 

Modal ini harus dari uang berlebih yang bisa kamu keluarkan. Jangan sampai kamu mengeluarkan modal yang bersumber dari dana keseharian kamu. Sebelum mengeluarkan modal untuk usaha sampingan, kamu perlu untuk memisahkan biaya sehari-hari, biaya kesehatan, dana darurat, tagihan, dan lain sebagainya supaya dana yang sedang kamu pegang tidak habis begitu saja pada usaha sampingan. Setelah memisahkan dana-dana tersebut, kelebihan dana bisa kamu gunakan sebagai modal usaha sampingan.

 

5. Peluang

Lihat juga peluang usaha sampingan yang akan kamu jalani. Semakin besar peluang usahanya, akan semakin baik untuk kamu. Hindari mengambil usaha sampingan yang peluangnya kecil supaya kamu tidak perlu menghadapi resiko-resiko yang tinggi.

 

Untuk tahu peluang usaha sampingan yang akan kamu mulai, kamu perlu riset yang mendalam di internet. Kamu bisa cari di situs mesin pencarian internet, ulasan produk di e-commerce, hingga media sosial. Riset ini berguna untuk melihat peluang usahamu.

 

Bila setelah mempertimbangkan hal-hal di atas, kamu merasa siap untuk mulai usaha sampingan, ini berarti kamu cukup siap untuk mulai usaha sampinganmu. 

 

Untuk riset keperluan-keperluan usaha sampingan, kamu bisa pakai paket internet dari Telkomsel. Kamu juga bisa belajar bisnis online dengan produk Telkomsel bernama Kuncie. 99% Usahaku yang merupakan digitalisasi UKM juga bisa kamu pelajari untuk usaha sampingan yang akan kamu lakukan. Jika kamu sudah mulai usaha sampinganmu, kamu bisa beriklan dengan pakai produk Telkomsel MyAds.

 

Apa kamu sudah siap untuk mulai usaha sampingan punyamu sendiri di sela kesibukanmu? Jangan lupa kamu harus memperhatikan hal-hal di atas ya!

 

Baca Juga: Kuncie dan Fita Kini Bergabung dalam Portofolio Bisnis Vertikal Telkomsel Ekosistem Digital

Temukan paket terbaik khusus untuk Anda