Peran Digital Marketing Dalam Berbisnis di Era Digital | Telkomsel

Peran Digital Marketing Dalam Berbisnis di Era Digital

Article

Digital marketing memegang peranan yang cukup penting dalam berbisnis di era digital ini. Terlebih lagi, kini kita sedang berada di tengah era pandemi dimana semua orang hampir mengandalkan dunia digital untuk melakukan aktivitasnya, berhubungan dengan orang lain, hingga mencari tahu tentang informasi dan kondisi terkini. Hal ini membuat pemasaran secara digital pun dinilai lebih efektif dengan jangkauan lebih luas jika dilakukan secara digital.

 

Bahkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dalam seminar “Strategi Pemasaran Bisnis di Era Digital” sempat menyampaikan kalau pelaku bisnis harus mulai memahami pemasaran di dunia digital dengan tujuan agar jangkauan konsumen menjadi lebih luas. Dengan banyaknya pengguna media sosial, maka media sosial ini juga memegang peranan penting dalam proses promosi atau marketing. Dengan riset yang tepat, target yang jelas, serta eksekusi konten yang menarik dan sesuai market, maka promosi pun akan berjalan lancar. 

 

Sebenarnya, banyak sekali lho, hal yang membuat digital marketing ini penting bagi bisnis online kamu, diantaranya adalah agar kamu dapat lebih mudah terhubung dengan konsumen, lebih mengenal konsumen, menghemat biaya marketing, memperluas target pasar, hingga citra bisnis yang akan dinilai lebih baik. 

 

Komunikasi yang lancar dengan konsumen merupakan salah satu kunci sukses sebuah bisnis. Konsumen akan merasa dihargai jika kamu selalu mendahulukan mereka dalam setiap promosi yang dilakukan, begitupun saat kamu melakukan promosi produk. Nah, digital marketing bisa jadi salah satu cara untuk menjalin hubungan komunikasi yang baik ini. Coba deh, perbanyak konten-konten interaktif agar konsumen merasa terlibat dalam setiap strategi marketing yang kamu lakukan. Tenang, kamu juga nggak usah takut kehabisan kuota di tengah-tengah interaksi bersama konsumen karena ada paket Combo SAKTI dari Telkomsel yang bisa bikin kamu internetan, telponan, sampai SMS-an cuma dari satu paket aja dan mulai dari 60ribu-an! Jadi makin hemat dan bisa nabung buat keperluan lainnya, kan?

 

Baca juga: 3 Solusi Digital Marketing dan Digital Advertising di Masa Depan

Nah, hal lain yang membuat digital marketing ini penting adalah agar kamu lebih mengenal konsumen. Setelah melakukan berbagai bentuk digital marketing, tentu kamu akan semakin mengetahui hal-hal yang disukai dan tidak disukai oleh konsumen. Bukan hanya itu, kamu juga bisa melacak perilaku dan kebutuhan konsumen melalui hal-hal yang sedang trending di pasar sehingga produk yang kamu tawarkan pun semakin diterima.

 

Poin penting lainnya dari melakukan digital marketing untuk bisnis adalah menghemat biaya marketing. Jika marketing konvensional dilakukan dengan mencetak brosur ataupun memasang iklan di surat kabar, marketing secara digital bisa lakukan melalui media sosial. Dengan memasang iklan melalui media sosial, biaya dapat ditekan dan jangkauan pun lebih luas. 

 

Masih menyambung dari point sebelumnya, digital marketing juga bisa membuat bisnis mu dikenal lebih banyak orang, lho. Apabila strategi marketing yang kamu lakukan cukup menarik, maka tak menutup kemungkinan banyak konsumen baru yang akan mencoba produkmu. Apalagi dengan digital marketing yang bisa menjangkau khalayak luas tanpa terbatas jarak dan waktu. 

 

Poin terakhir mengapa digital marketing ini penting dilakukan adalah agar citra bisnis milikmu dinilai baik. Seperti yang kita tahu, kini kita telah memasuki era digital dimana hampir semua hal berpindah ke dunia digital. Nah, apabila kamu melakukan digital marketing, maka bisnismu akan dinilai up to date dan sesuai dengan perkembangan jaman. 

 

Tentu saja, diperlukan persiapan yang matang sebelum membuat sebuah strategi digital marketing. Menariknya, sekarang sudah banyak sekali platform untuk belajar digital marketing yang bisa kamu akses sepuasnya, sebut saja Kuncie atau 99% Usahaku dari Telkomsel. Melalui dua platform ini, kamu akan belajar mengenai digital marketing yang baik dan benar. Bukan hanya itu, ada juga digital learning yang akan memperkaya kamu dengan berbagai ilmu bisnis, tips mengelola usaha, hingga memberikan solusi digital bagi bisnis kamu. Seru banget, ya!


Intinya, digital marketing memegang peranan yang penting banget untuk seseorang yang mau berbisnis di era digital ini. Terlebih lagi, jika kamu mampu menghasilkan strategi marketing interaktif yang mampu melibatkan konsumen. Yuk, mulai belajar agar dapat terus meningkatkan strategi digital marketing dalam mengembangkan bisnismu.

Temukan paket terbaik khusus untuk Anda

scroll