Mining Kripto Adalah? Pengertian & Cara Melakukannya untuk Pemula

Mining Kripto Adalah? Pengertian & Cara Melakukannya untuk Pemula

 

 

Cryptocurrency atau kripto adalah mata uang virtual yang bisa kamu tambang (mining). Dengan begitu, kamu tidak perlu membelinya, karena dari proses penambangan tersebut kamu bisa mendapatkan aset tersebut secara gratis.

 

Ingin tahu cara menambang kripto? Yuk, simak artikel ini hingga selesai karena di sini kami akan membagikan trik dan tips untuk kamu yang ingin menambangnya.

 

Apa Itu Mining Kripto?

Mining kripto adalah serangkaian proses untuk mengeruk aset kripto baru. Prosesnya sendiri menggunakan jaringan internet dan perangkat komputer khusus. Artinya, komputer yang kamu gunakan tidak hanya sekedar PC (Personal Computer) rumahan biasa.

 

Komputer untuk mining biasanya menggunakan jenis hardware yang canggih. Spesifikasi hardware yang kamu gunakan juga harus bisa memecahkan teka-teki matematika komputasi yang tergolong sulit.

 

Proses penambangan kripto tidak bisa kami katakan sederhana. Pasalnya, proses mining merupakan suatu aktivitas yang tergolong sulit dan memerlukan keahlian serta pengetahuan yang mumpuni.

 

Apakah menambang kripto ilegal? Legal atau tidaknya aktivitas tersebut, pada dasarnya tergantung dari kebijakan pemerintah di masing-masing negara. Di Indonesia, aktivitas tersebut sudah dianggap legal oleh Kementerian Perdagangan.  

 

Baca Juga: Mengenal Bisnis Aggregator di Sektor Finansial

 

Bagaimana Cara Kerja Mining Kripto?

Mining Bitcoin adalah salah satu aktivitas penambangan aset kripto bernama BTC atau Bitcoin. Pada dasarnya, cara kerja mining secara garis besar sama.

 

Salah satu sistem yang digunakan untuk mining dikenal dengan istilah proof of work (PoW). Istilah tersebut merupakan protokol yang punya tujuan untuk mencegah serangan cyber.

 

Pow sendiri merupakan sebuah konsep yang sebenarnya sudah ada sejak lama sebelum lahirnya Bitcoin. Namun kemudian, pendiri BTC atau Bitcoin, yaitu Satoshi Nakamoto menggunakannya dalam sistem kripto BTC.

 

Selanjutnya, cara kerja penambangan tidak lepas dari blockchain. Blockchain berfungsi untuk mengelompokkan transaksi BTC yang terjadi secara bersamaan ke dalam suatu grup.

 

Alat Apa yang Dibutuhkan untuk Mining?

Proses penambangan melibatkan berbagai komponen yang meliputi perangkat keras dan perangkat lunak. Berikut peralatan apa saja yang kamu perlukan jika ingin melakukan penambangan kripto.

 

1. CPU (Central Processing Unit)

Sama seperti komputer pada umumnya, perangkat untuk mining kripto memerlukan sebuah CPU yang mumpuni. Fungsinya yaitu untuk mengatasi permasalahan matematika yang sulit.

 

2. GPU (Graphic Processing Unit)

GPU atau VGA Card merupakan hardware yang juga tidak kalah penting. Fungsinya yaitu agar kinerja komputer menjadi lebih cepat. Dalam penambangan kripto, GPU bahkan jauh lebih cepat dibandingkan CPU.

 

3. FFGA (Field Programmable Gate Array)

FFGA merupakan sebuah sistem unit pemrosesan komputer. Fungsinya sendiri tidak jauh berbeda dengan GPU dan CPU, yaitu untuk mengatasi permasalahan matematika yang sulit pada saat proses mining berlangsung.

 

4. ASIC

Masih sama-sama perangkat keras, ASIC adalah hardware yang berfungsi untuk memenangkan perlombaan mining dengan pengguna lain. Semakin bagus ASIC yang kamu gunakan, maka semakin banyak jumlah kripto yang bisa kamu tambang.

 

5. Software

Yang terakhir, pada saat proses menambang kripto, kamu juga memerlukan sebuah perangkat lunak. Fungsinya yaitu agar perangkat kamu bisa bergabung ke dalam forum mining kripto dan mempermudah prosesnya.

 

Ada beberapa jenis perangkat lunak yang harus kamu siapkan. Adapun jenis-jenisnya yaitu seperti sistem operasi (Windows, Mac OS, Linux, dan lainnya), CGMiner, BitMiner, dan lain-lain.

 

Cara Mining Crypto Gratis untuk Pemula

Tidak punya modal untuk membeli perangkat tambang kripto sendiri? Tidak perlu khawatir, karena kamu bisa menambang secara gratis hanya dengan bermodalkan sebuah aplikasi.

 

Berikut beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menambang kripto secara gratis.

 

1. MinerGate Mobile Miner

Aplikasi penanmbang yang pertama ini bisa kamu unduh secara gratis di Play Store. Cara menggunakannya pun mudah. Pertama-tama kamu harus registrasi akun terlebih dahulu untuk menggunakan aplikasi ini.

 

2. Droid Miner

Ingin menambang kripto melalui aplikasi HP tanpa adanya jeda iklan? Aplikasi Droid Miner bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk kamu.

 

Proses menambang pada aplikasi ini tidak akan terganggu oleh jeda iklan yang biasanya muncul pada aplikasi gratisan.

 

3. NeonNeon Miner

Aplikasi penambang BTC ini cocok sekali untuk pemula yang baru terjun. Aplikasinya bisa kamu gunakan tanpa memerlukan spesifikasi handphone yang tinggi.

 

NeonNeon Miner juga sudah menyediakan fitur catatan proses penambangan secara rinci. Selain itu juga sudah dilengkapi dengan script konfigurasi otomatis.

 

4. AA Miner

Sama seperti Droid Miner, AA Miner juga merupakan aplikasi penambang kripto, khususnya Bitcoin, tanpa iklan. Fitur-fitur yang bisa kamu manfaatkan pun tergolong banyak.

 

Aplikasi ini juga sudah memiliki 50 jenis mata uang kripto yang bisa kamu tambang. Selain itu, juga memiliki dukungan algoritma pertambangan CryptoNight.

 

Proses penambangan kripto adalah kegiatan dimana perangkat dan aplikasinya harus tetap online dengan jaringan internet yang stabil. Untuk mendukung jaringan internet pada saat mining, kamu bisa menggunakan modem Orbit Telkomsel.

 

Berbagai pilihan paket data