Merdeka Finansial Adalah Cara Menyiapkan Pensiun Dini? Ini Faktanya

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Financial freedom atau kemerdekaan finansial berkaitan erat dengan cara mempersiapkan pensiun dini. Sebab, mengatur finansial adalah kunci kebebasan atau kemerdekaan finansial di masa tua agar lebih menyenangkan.

 

Namun apakah benar orang bisa meraih kemerdekaan finansial dengan cara mempersiapkan pensiun dini? Untuk mengetahuinya, yuk, intip penjelasan di artikel ini hingga selesai agar tidak gagal paham.

 

Apa Itu Merdeka Secara Finansial?

Sederhananya, merdeka secara finansial berarti merdeka dari utang, memiliki tabungan, investasi, dan memiliki uang yang cukup. Keuangan orang yang sudah meraihnya juga mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

 

Selain itu, orang yang sudah meraih financial freedom umumnya telah memiliki dana pensiun dan dana darurat yang tergolong besar.

 

Namun tidak banyak orang yang bisa mencapainya. Ada banyak kendala untuk meraih hal tersebut seperti masih adanya utang, gaya hidup yang boros, hingga keadaan darurat.

 

Baca Juga: Konvergensi Telko dan Industri Finansial: Simbiosis Mutualisme yang Lahirkan Inovasi Fintech

 

Apa Hubungan Antara Pensiun Dini dan Merdeka Finansial?

Perlu kamu pahami di sini bahwa strategi atau cara merdeka finansial juga bisa kamu terapkan bagi kamu yang ingin pensiun dini. Sebab, keduanya memang berkaitan erat.

 

Ketika kamu sudah meraih kemerdekaan secara keuangan secepatnya, maka setidaknya kamu sudah bisa pensiun di usia 40 tahunan, lho. Karena di usia muda, kamu sudah memiliki tabungan yang besar, passive income yang cukup, dan terbebas dari utang.

 

Itulah hubungan antara pensiun dini dan juga kemerdekaan secara finansial yang keduanya saling berkaitan.

 

Ciri-Ciri Kamu Sudah Siap untuk Pensiun Dini

Sudah nggak sabar ingin pensiun dini? Eits.. tunggu dulu, kalau sudah memiliki hal-hal di bawah ini, artinya kamu memang sudah siap untuk pensiun dini. 

 

1.   Punya Asuransi yang Melindungi Kesehatan dan Jiwa  

Proteksi diri secara finansial merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan pensiun dini. Asuransi adalah solusi untuk melakukan perlindungan kesehatan dan jiwa yang berakibat kerugian pada finansial.

 

Pentingnya merdeka finansial di masa pensiun, tidak lepas dari peran asuransi. Karena dengan adanya perlindungan ini, kamu bisa memproteksi diri. Risiko yang mungkin terjadi di masa depan pun bisa kamu minimalisir.

 

2.   Tidak Merasa Cemas karena Punya Passive Income dari Investasi  

Kalau kamu punya tabungan yang terhitung besar, alangkah baiknya tidak didiamkan dalam bentuk uang saja. Sebab, tabungan berbentuk uang tidak mendatangkan keuntungan apa-apa untuk kamu.

 

Sebaiknya, alokasikan uang tabunganmu ke bentuk deposito. Dengan begitu, uang tabungan milikmu bisa mendatangkan penghasilan meskipun bersifat jangka panjang.

 

Uang memang akan mengalami inflasi tahunan. Maka dari itu, alokasikan uangmu pada investasi untuk mengamankan aset milikmu dari inflasi.

 

3.   Masa Pensiun Terjamin karena Memiliki Dana Pensiun

Bahagia di masa tua adalah keinginan bagi setiap orang. Keuangan yang sehat akan membantu kamu untuk mewujudkan masa depan yang lebih bahagia.

 

Dana pensiun akan membantu kamu untuk mewujudkan masa tua yang aman secara keuangan. Maka dari itu, pada saat kamu merencanakan pensiun dini, maka siapkan juga tabungan untuk dana pensiun di masa depan.

 

Untuk mempersiapkannya, lakukan sejak dini. Manfaatkan masa produktif kamu untuk menabung dana pensiun. Selain itu juga bisa melalui investasi yang aman seperti reksa dana, obligasi, maupun emas.

 

4.   Dana Pendidikan Menjamin Pendidikan Anak

Untuk kamu yang masih memiliki tanggungan biaya, contohnya seperti biaya sekolah anak, kamu juga harus mempersiapkannya secara matang. Pastikan di masa pensiun nanti kamu tetap bisa membiayai sekolah mereka hingga ke perguruan tinggi.

 

Sama halnya seperti persiapan dana pensiun, biaya pendidikan juga harus kamu persiapkan sejak dini. Ini karena biaya pendidikan setiap tahunnya cenderung mengalami kenaikan.

 

Kamu juga bisa memilih asuransi pendidikan untuk berjaga-jaga. Produk pertanggungan ini akan membantu kamu untuk membiaya pendidikan mereka. Pilihlah produk yang tepat dan ideal sesuai kemampuan finansialmu.

 

5.   Tidak Memiliki Utang Kecuali untuk Hal Produktif

Terbebas dari utang adalah salah satu ciri bahwa orang tersebut telah mencapai kemerdekaan keuangan. Meski begitu, orang yang sudah meraihnya, tetap bisa berutang, hanya saja utang yang mereka miliki untuk kegiatan yang bersifat produktif.

 

Utang yang kamu konversi menjadi aset yang produktif, akan mendatangkan penghasilan tambahan. Berbeda dengan utang yang kamu gunakan untuk hal-hal yang bersifat konsumtif yang justru malah bisa menambah beban keuangan.

 

6.   Memiliki Dana Darurat yang Besar

Semua orang akan rentan terhadap berbagai penyakit di masa tua. Tapi dengan adanya dana darurat, setidaknya kamu memiliki biaya pengobatan rutin hingga biaya untuk rawat inap.  

 

Selain itu, dana darurat juga bisa kamu gunakan untuk berbagai hal yang bersifat mendesak. Dana darurat harus bersifat mudah dicairkan, seperti tabungan. Artinya tidak berbentuk aset yang sulit dicairkan seperti properti maupun deposito berjangka.

 

Sama seperti mempersiapkan dana pensiun, kamu juga harus mempersiapkan dana darurat sejak dini.

 

Strategi finansial adalah kunci sukses untuk meraih kemerdekaan finansial agar kamu bisa mewujudkan pensiun dini. Temukan inspirasi lain soal tips dan informasi finansial hanya di platform Kuncie di website Telkomsel.