Merakit PC Gaming 10 Jutaan, Daftar Komponen dan Harganya

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Seorang gamer sejati akan mengutamakan PC gaming dibandingkan dengan membeli laptop untuk keperluan bermain game. Pasalnya, PC punya banyak kelebihan. Beberapa di antaranya seperti harga karena sistem perakitan dan upgrade komponen.

 

Cukup dengan modal Rp10 jutaan saja kamu sudah bisa memilikinya. Bagaimana, tertarik untuk merakit PC? Berikut informasi PC 10 juta full set dan juga informasi komponen beserta speknya.

 

Rincian Spek PC Gaming 10 Jutaan

Informasi PC rakitan untuk gaming yang akan kami bahas di sini akan menitikberatkan pada performanya. Artinya, untuk komponen di luar itu, seperti aksesoris, kami menyarankan yang murah saja dulu dan nanti kamu bisa upgrade lagi.

 

Baca Juga: Penting! Jangan Lupa Dampingi Anak Saat Main Game 

 

1. CPU

Untuk dapur pacu, kami akan memilih CPU dari Intel, yaitu Core i3-9100F. Kinerjanya untuk spek PC kamu tergolong masih mumpuni. Dapur pacu ini mampu menopang resolusi video mulai dari 720 hingga 1080 piksel.

 

Seri Core i3 yang satu ini juga memiliki 4 inti, dengan clock speed 3,6 hingga 4,3 GHz. Selain itu juga ada tambahan SMT 8 threads. Selain itu, produknya juga masih tersedia dalam model baru.

 

Harga: Rp1.900.000

 

2. Motherboard

Mobo atau motherboard harus memiliki socket yang sesuai dengan CPU yang kamu gunakan. Untuk CPU Core i3-9100F, kamu bisa memilih model Pro B660M-B DDR4.

 

Mobo yang satu ini cocok untuk CPU socket tipe LGA 1700. Selain itu juga support untuk model CPU 12tg Gen Intel Core Processor, Pentium Gold and Celeron.

 

Harga: Rp1.500.000

 

3. Kartu Grafis

VGA (Video Graphic Adapter) atau kartu grafis harus memiliki performa yang bagus. Sebab, kartu grafis menjadi komponen penting agar PC yang kamu rakit bisa memainkan berbagai game terbaru.

 

Rekomendasi VGA yang cocok untuk PC yang akan kamu rakit di sini yaitu MSI AMD Radeon RX 6500 XT Mech 2X. Kartu grafis tersebut mampu menjalankan permainan sekelas AAA, atau game berat.

 

Performanya sudah tidak perlu kamu ragukan lagi. Pasalnya, VGA ini khusus untuk memainkan game kekinian dengan kinerja gaming yang luar biasa.

 

Harga: Rp3.500.000

 

4. RAM

Untuk kebutuhan gaming, alangkah baiknya kamu mengutamakan satu set RAM DDR4. RAM Ramsta 8 GB bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Jadi, total 16 GB untuk 2 pcs RAM. 

 

Ukuran RAM tersebut tergolong mumpuni untuk mengoptimalkan performa perangkat komputer milikmu.  Harganya pun cukup terjangkau.

 

Harga: Rp900.000 (2 x 8 GB)

 

5. SSD/HDD

SSD (Solid State Drive) pada dasarnya memiliki fungsi yang sama seperti HDD (Harddisk Drive). Fungsinya yaitu untuk menyimpan file atau data.

 

Namun, kinerja SSD jauh lebih bagus jika kita bandingkan dengan HDD. Kecepatan membaca file SSD jauh lebih cepat sehingga cocok kamu gunakan untuk penyimpanan data di drive C tempat menginstal aplikasi atau game.

 

Sedangkan HDD, bisa kamu gunakan untuk menyimpan berbagai file mentah atau data-data aplikasi maupun game yang belum kamu install. Selain itu juga bisa kamu gunakan untuk kebutuhan penyimpanan data lainnya.

 

Di sini kamu bisa menggunakan SSD M2 NVMe PNY dengan kapasitas 256 GB. Sedangkan untuk HDD bisa memilih varian 240 GB

 

Harga SSD: Rp480.000

 

Harga HDD: Rp350.000

 

6. PSU

Memilih PSU atau power supply harus kamu sesuaikan dengan daya masing-masing komponen. Yang perlu kamu perhatikan adalah berapa daya watt penggunaan kartu grafis agar daya PSU yang kamu pilih tidak terlalu kurang.

 

PSU yang kami rekomendasikan untuk komputer gaming ini yaitu Power Supply FSP HV Pro dengan daya 650W. Selain harganya terjangkau, dayanya sudah mumpuni untuk kebutuhan komputer yang kamu rakit.

 

Harga: Rp650.000

 

7. Fan

Produk yang berikutnya adalah kipas kecil yang berperan untuk mendinginkan komponen komputer. FAN sangat penting, mengingat kartu grafis biasanya mudah panas ketika menjalankan permainan yang tergolong berat.

 

Produk yang recommended yaitu tipe FAN Casing DEEPCOOL XFAN 120 Black 12 cm. Produk ini merupakan tipe biasa yang harganya terjangkau.

 

Harga: Rp45.000

 

8. Casing

Untuk casing, kami merekomendasikan produk Case Venom RX Vaghar yang bentuknya terlihat gahar. Produk casing ini juga cukup terjangkau, terutama jika kamu membelinya pada saat diskon maupun promo tertentu.

 

Harga: Rp300.000

 

9. Monitor

Pastikan monitor yang kamu pilih sudah support HDMI + VGA. Karena kebanyakan permainan saat ini lebih nyaman menggunakan tipe monitor yang sudah support HDMI.

 

Salah satu produk yang bisa kamu pilih yaitu TAG VISION 20 inci yang juga sudah dilengkapi dengan built speaker.

 

Harga:Rp810.000

 

10. Aksesoris

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, di sini yang akan kami fokuskan yaitu pada performanya terlebih dahulu. Untuk aksesoris, cukup membeli speaker tambahan saja agar suaranya terdengar lebih bagus dan jernih.

 

Salah satu produk yang kami rekomendasikan untuk aksesoris tambahan yaitu Logitech Z121 2.0 Stereo Speaker USB Compact.

 

Harga: Rp168.000

 

Total untuk semua komponen PC gaming yang kami rekomendasikan di sini adalah Rp10.303.00. Nah, untuk melengkapi komputer kamu, yuk, gunakan juga internet rumahan paling stabil dari Telkomsel Orbit! Main game jadi makin asyik dengan jajringan internet lancar dan cepat dari Telkomsel.

Berbagai pilihan paket data