Mengenal Senam Irama yang Banyak Manfaatnya

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Satu lagi nih, cabang olahraga yang lagi diminati banget akhir-akhir ini, yaitu senam irama. Senam irama atau senam ritmik ini sebenarnya udah ada sejak abad ke-18 lho, hingga akhirnya kini diakui secara internasional. 

 

Jadi makin penasaran nggak sih, sama cabang olahraga yang juga udah diikutsertakan sebagai salah satu cabor olimpiade ini? Kita kupas tuntas di artikel ini, yuk!

 

Apa Sih, Senam Irama Itu?

Sesuai dengan namanya, senam irama adalah senam yang dilakukan beriringan dengan irama musik. Yup, gerakan senam irama biasanya seirama dengan musik yang dimainkan. 

 

Kamu bisa memilih buat menggunakan berbagai alat seperti tali dan bola saat melakukan senam irama ataupun nggak menggunakan alat. Menariknya, semua anggota tubuh kamu bakal ikutan gerak saat melakukan olahraga ini, lho.

 

Bukan itu aja, gerakan tubuh kamu juga nggak boleh terputus selama musik masih dimainkan. Nggak heran nih, ketangkasan, keluwesan, dan kesinergian diri kamu bakal terlatih banget saat melakukan olahraga ini.

 

Setelah mengenal lebih jauh tentang senam irama, sekarang kita bahas berbagai jenis-jenisnya, yuk!
 

Jenis-Jenis Senam Irama

Nah, kalau tadi kita udah bahas tentang apa itu senam irama, sekarang kita cari tahu berbagai jenisnya, yuk. Seiring dengan perkembangan zaman, senam irama kini dibagi menjadi tiga jenis sebagai berikut;

 

Pertama, senam irama yang berasal dari  seni sandiwara. Dipelopori oleh sutradara bernama Francois Delsarte pada tahun 1811, senam jenis ini sebenarnya muncul karena pada awalnya ia ingin membuat gerakan sandiwara yang terlihat natural.

 

Kedua, senam irama yang berasal dari seni musik. Beda dengan senam irama sebelumnya, jenis yang ini dikembangkan oleh seorang guru musik bernama Emile Jaques Dalcroze yang mengubah lagu dalam bentuk gerakan. 

 

Ketiga, senam irama yang berasal dari seni tari. Senam irama yang satu ini dipopulerkan oleh seorang penari bernama Rudolf van Laban di tahun 1870-an. Sesuai namanya gerakan senam irama jenis ini berasal dari seni tari seperti ballet.

 

Wah, setelah mengetahui berbagai jenis-jenis senam irama, kamu jadi tertarik melakukan yang mana, nih? Selain banyak jenisnya, senam irama juga banyak manfaatnya seperti yang akan kita bahas berikut ini, lho. 

 

Baca Juga: Pentingnya Memilih Baju Olahraga Terbaik Buat Berolahraga

 

Manfaat Senam Irama

Rasanya kurang afdol kalau kita nggak membahas manfaat dari melakukan olahraga senam irama itu sendiri. Ternyata ada banyak banget lho, manfaat baiknya bagi tubuh. Yuk, kita cari tahu!

 

Pertama, membakar lemak berlebih dalam tubuh. Seperti yang udah disinggung di atas, saat melakukan olahraga ini, seluruh anggota tubuh kamu akan bergerak mengikuti irama musik. Pada saat ini nih, lemak berlebih dalam tubuh akan cepat terbakar. 

 

Kedua, mengurangi stress. Saat tubuh kamu aktif melakukan gerakan sesuai musik, maka produksi hormon endorphin pun akan terpacu. Nah, hormon yang satu ini akan meningkatkan mood dan mengurangi stress. 

 

Ketiga, melatih otot jantung. Senam irama biasanya terdiri dari gerakan bertahap seperti pemanasan, inti, dan pendinginan yang baik buat melatih otot jantung kamu. 

 

Keempat, meningkatkan daya tahan tubuh. Berdasarkan jurnal Neuroendocrinology Letters, seseorang yang rutin melakukan senam irama akan memiliki daya tahan tubuh lebih kuat karena terproduksinya hormon imunoglobulin. 

 

Kelima, memperbaiki kualitas tidur. Buat kamu yang insomnia, boleh banget nih, cobain olahraga senam irama. Yup, senam irama juga bisa memperbaiki kualitas tidur kamu, lho.

 

Sebenarnya masih banyak banget nih, manfaat senam irama lainnya yang belum disebutkan di atas. Mulai dari memperkuat tulang dan otot, membangun rasa percaya diri kamu, melatih koordinasi tubuh, hingga bikin tingkat konsentrasi meningkat, 

 

Asyik banget ya, melakukan olahraga yang satu ini, selain mood bagus, tubuh kamu juga jadi lebih sehat. Nah, apalagi kalau senamnya diiringi sama musik favorit kamu, nih. 

 

Putar dan dengerin musik favorit bisa kamu lakukan kapan aja dan dimana aja lewat berbagai platform streaming yang ada. Apalagi, kalau dengerinnya pakai paket MusicMAX dari Telkomsel

 

Mulai dari 25 ribu-an aja, kamu udah bisa bebas dengerin musik dengan akses premium. Yuk, cari tahu sekarang dan putar musik favoritmu buat temani olahraga senam irama!

 

Paket MusicMAX