Mau Jadi TikTok Seller? Ini Caranya!

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Apa saat sedang buka For You Page di TikTok, kamu pernah melihat live yang isinya TikTok seller atau penjual di TikTok yang sedang mengiklankan produknya? Pernah kepikiran ingin menjadi TikTok seller juga? Nah, sini baca terus yuk, Telkomsel akan membahas cara untuk menjadi TikTok seller!

 

Sejauh ini, platform TikTok mengalami perkembangan jumlah pengguna aktif yang pesat dari tahun ke tahun. Menurut laporan Business of Apps yang dibahas oleh situs Katadata, total pengguna aktif bulanan seluruh dunia di TikTok mencapai 1,46 miliar pada kuartal II tahun 2022. Ini artinya terjadi lonjakan angka sebesar 62,52% dari periode yang sama di tahun 2021.

 

Angka ini menjadikan TikTok salah satu media sosial paling berpengaruh tahun ini. Sebagai sebuah media sosial dengan fitur tambahan marketplace, TikTok memungkinkan pengguna untuk tetap dalam aplikasi sambil mendapatkan hiburan sekaligus berbelanja di TikTok shop. 

 

Baca Juga: Kolaborasi TikTok dan Telkomsel Dukung Masyarakat Lebih Kreatif

 

TikTok juga menawarkan berbagai diskon termasuk diskon gratis ongkir dengan syarat pembelian tertentu. Harga-harga barang yang ada di TikTok pun cukup murah, sehingga menarik pengguna yang melihat supaya ingin membeli. Ditambah lagi, penjual bisa memperlihatkan produk-produknya secara live setelah mencapai jumlah pengikut tertentu dan bisa mampir di halaman For Your Page pengguna lain. Hal ini dapat meningkatkan kredibilitas toko dan ketertarikan pengguna. 

 

Lalu, bagaimana ya cara jadi seller di TikTok? Telkomsel akan bahas langkah-langkah jualan di TikTok berikut ini:

 

  1. Buka link https://seller-id.tiktok.com
    Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu buka situs tersebut untuk masuk ke halaman TikTok shop dan mendaftar jadi seorang seller atau penjual.
     
  2. Melakukan pendaftaran
    Kemudian, daftarkan tokomu melalui akun TikTok atau alamat e-mail yang kamu punya. Isi kelengkapannya, dan klik simpan jika sudah selesai.
     
  3. Mulai jualan
    Jika sudah berhasil, akan muncul tampilan dengan tulisan mulai menjual. Di bawahnya, ada ketentuan dan kebijakan yang bisa kamu klik dan pahami terlebih dahulu sebelum mulai jual produk di TikTok. Klik tombol mulai menjual tersebut bila sudah paham dan setuju dengan ketentuan dan kebijakan TikTok Shop.
     
  4. Tambahkan produk
    Untuk memulai bisnis di TikTok Shop, kamu harus menambahkan produk dahulu di tokomu. Caranya cukup mudah, yaitu dengan pilih Tambah Produk Pertama kemudian pilih Tambah Produk. Syarat dari penambahan produk ini yaitu kamu harus mengisi alamat lengkap toko atau gudang untuk bisnismu.
     
  5. Verifikasi dokumen
    Dokumen yang kamu tambahkan perlu diverifikasi dahulu supaya meyakinkan pengguna bahwa tokomu betul-betul beroperasi. Nah, kamu bisa pilih Verifikasi Dokumen, lalu klik Unggah Dokumen

 

Setelah itu, akan ada 2 (dua) pilihan yang bisa kamu pilih antara badan koperasi atau penjual individu. Keduanya memiliki perbedaan syarat dokumen yang harus dipenuhi. 

 

Ketika pengisian dan verifikasi dokumen ini, penting untuk kamu mengisi dengan benar dan mengecek berulang-ulang. Ini karena data yang sudah diisi tidak bisa diganti kembali. Pastikan sudah benar dan lengkap ya!

 

  1. Menautkan rekening bank
    Pada tahap ini, kamu bisa menautkan rekening bank yang terhubung dengan tokomu untuk bisa menerima penghasilan dari TikTok Shop. Pilih Tautan Rekening Bank dan klik Tautkan Rekening.

 

  1. Tiktok Shop kamu siap digunakan
    Nah, sekarang kamu sudah siap untuk buka toko di TikTok! Selamat belajar jadi TikTok seller ya!

 

Eits, sebelum jadi seller di TikTok, kamu bisa mempertajam ilmu dan strategi bisnismu dengan belajar bisnis online di Kuncie dari Telkomsel. Selain di TikTok, kamu juga bisa coba produk Telkomsel 99% usahaku untuk perluas jangkauan pasar produk kamu. Kalau promosi, beriklan pakai MyAds bisa disebarkan ke seluruh pengguna Telkomsel secara tertarget dan spesifik.

 

Untuk internetan bulanan, kamu bisa pakai paket Internet Sakti dari Telkomsel dengan harga yang terjangkau dan kuota besar. Selain itu, kamu bisa dapat langganan Disney+ Hotstar juga loh dengan paket ini! Kalau untuk paket Combo Sakti, dapat kuota internet ditambah paket SMS dan telepon! Ada beberapa paket Combo Sakti yang juga mendapat bonus langganan Disney+ Hotstar! Nah, paket-paket ini bisa menemani kamu saat mulai jadi seller TikTok nanti!

 

Baca Juga: by.U Berikan Kuota TikTok Everyday 1 GB untuk Dukung Kreativitas Creators Indonesia | Telkomsel

 

Temukan paket terbaik khusus untuk Anda