Manfaat Menggunakan Coworking Space dan Tips Mencarinya

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Coworking space menjadi salah satu tempat yang populer terutama karena semakin banyaknya pekerjaan yang bisa dilakukan secara online. Sekarang ini, banyak pekerjaan yang tidak perlu dilakukan tatap muka, seperti bisnis online maupun pekerjaan remote. Maka dari itu, coworking space cukup laris.

 

Apa Itu Coworking Space?

Memangnya, apa itu coworking space? Coworking space adalah sebuah ruang yang dipakai bersama untuk melakukan berbagai pekerjaan. Sebelumnya, kedai kopi menjadi salah satu lokasi favorit masyarakat untuk bekerja secara online. Kemudian, coworking space mulai bermunculan ketika banyaknya perusahaan start-up yang baru didirikan dan belum memiliki gedung kantor. 

 

Manfaat Coworking Space

Lalu, apa saja ya manfaat coworking space sampai menjadi salah satu tempat untuk bekerja? Yuk, bahas bersama Telkomsel!

 

  1. Meningkatkan motivasi
    Ketika bekerja atau belajar di rumah saja, kamu mungkin bisa merasa bosan atau suntuk, sehingga produktivitas bisa menurun. Nah, dengan menggunakan coworking space, kamu bisa meningkatkan motivasi sekaligus produktivitas.

    Dengan bekerja bersama orang lain, kamu bisa meningkatkan semangat kerjamu karena sambil melihat bagaimana orang lain juga termotivasi ketika sedang bekerja. Suasana positif ini bisa membuatmu lebih fokus juga dalam melakukan pekerjaanmu.

 

  1. Nyaman untuk bekerja
    Suasana dan arsitektur coworking space dibuat senyaman mungkin supaya kegiatan bekerja maupun belajar tidak mudah terdistraksi. Dikarenakan desain di coworking space dibuat menyerupai kantor pada umumnya dan memiliki berbagai fasilitas, kamu bisa dengan nyaman melakukan pekerjaanmu.

 

  1. Mendukung kolaborasi dan networking
    Di dalam sebuah coworking space, pastinya ada kesempatan untuk terhubung dengan relasi baru yang bisa berkolaborasi denganmu suatu saat. Kamu juga bisa berbagi pengetahuan dengan orang-orang yang sedang bekerja juga di coworking space yang sama. 

 

  1. Fleksibilitas
    Kamu juga bisa lebih fleksibel untuk bekerja kapanpun dan dimanapun yang kamu butuhkan dan inginkan. Dengan sewa bulanan di coworking space, kamu bisa berpindah-pindah sesuai kebutuhanmu dan ketika ingin mengganti suasana untuk bekerja.

 

  1. Menjadi sebuah kantor bersama
    Kamu bisa menggunakan tempat ini untuk menjadi kantor bersama dengan sesama pekerja yang membutuhkan space untuk bekerja sepertimu. Ketika kamu dan temanmu sama-sama freelance dan ingin bekerja di tempat yang sama, kamu dan temanmu bisa menggunakan coworking space sebagai pilihan.

 

Tips Mencari Coworking Space

Selanjutnya, bahas tips mencari coworking space yuk! Kamu penasaran kan sama hal apa saja yang harus kamu perhatikan ketika memilih coworking space?

 

  1. Lokasi 
    Untuk mendapatkan suasana yang nyaman dalam bekerja maupun belajar, pastinya kamu membutuhkan tempat yang kondusif dan mudah dijangkau dari tempat tinggalmu. Ini supaya waktumu tidak habis di perjalanan. 

    Pertimbangan lokasi lainnya yaitu jika kamu harus menemui klien, partner bisnis, dan lainnya, kamu bisa memilih lokasi yang berada dekat dengan kantor klien atau berada di kawasan bisnis. 
     
  2. Harga
    Harga juga merupakan faktor penting penentu coworking space mana yang ingin kamu gunakan. Perhatikan biaya keanggotaan, ruang meeting, ruang seminar, dan fasilitas lainnya sebelum memilih sebuah coworking space. Jangan sampai kamu merugi dengan menyewa sebuah coworking space yang lebih mahal dibanding kantor konvensional.
     
  3. Utamakan kenyamanan
    Bila kamu sudah mencoba fasilitasnya atau melihat-lihat dan merasa akan nyaman dengan sebuah coworking space, kamu bisa memilihnya sebagai tempatmu bekerja. Bagaimanapun juga, kenyamanan adalah hal yang penting untuk bisa produktif dan fokus dalam bekerja. 
     
  4. Sesuaikan dengan kebutuhan
    Pilihlah coworking space yang sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya, kamu butuh sebuah coworking space untuk sering melakukan meeting. Nah, pastikan kamu memilih tempat yang memiliki ruang meeting dan kapasitasnya cukup dengan jumlah orang yang ada. Jika kamu membutuhkan ruang seminar, kamu harus mencari coworking space yang memiliki fasilitas ruang seminar.
     
  5. Pilih yang bereputasi baik
    Tentunya, kamu tidak ingin rugi dengan tidak memilih coworking space yang baik, kan? Nah, kamu perlu mencari coworking space dengan reputasi yang baik, sehingga kamu bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

 

Nah, buat kamu yang ke coworking space untuk memulai usaha, bisa belajar bisnis online dari Kuncie dan 99% Usahaku dari Telkomsel. Pakai juga paket Internet Sakti dan Combo Sakti untuk menemanimu belajar bisnis atau browsing berbagai keperluanmu, ya! 

 

Baca Juga: Go Digital, Kiat Sukses Rintis Bisnis UMKM Zaman Now

 

Temukan paket terbaik khusus untuk Anda