Makanan di Tahun Baru Imlek Ini Ada Artinya!

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Baru juga tahun baru, tahu-tahu udah mau tahun baru Imlek aja, nih. Tahun baru Imlek ini dinantikan banget lho, sama orang-orang yang merayakannya. Menariknya lagi, tahun baru Imlek juga biasanya masih kental dengan tradisi dari keluarga Tionghoa. 

 

Yup, mulai dari beli baju baru berwarna merah, berkumpul bersama keluarga, hingga makna dari beberapa makanan yang ada di tahun baru Imlek ini. Jadi penasaran, memang ada makanan khas Imlek apa aja, sih? Yuk, kita cari tahu bareng-bareng di bawah ini!

 

  1. Ikan
    Makanan khas Imlek pertama yang biasanya selalu ada adalah ikan. Ikan ini biasanya dimasak dengan berbagai cara, mulai dari goreng asam manis hingga dikukus dengan menggunakan saus khas Tionghoa. Uniknya, ikan harus disajikan secara utuh nih, saat makan-makan tahun baru Imlek. Makanan ikan di tahun baru Imlek ini bermakna kelimpahan rezeki dan kesatuan keluarga selama satu tahun ke depan. 

 

  1. Jeruk Mandarin
    Makanan kedua yang juga selalu ada di tahun baru Imlek adalah jeruk mandarin. Pasti deh, kalau kamu berkunjung ke rumah seseorang yang merayakan Imlek, kamu bakal disuguhkan jeruk mandarin. Bukan tanpa arti, jeruk ini ternyata melambangkan kemakmuran dan keberuntungan, lho. Jadi, kalau kamu makan jeruk mandarin di hari Imlek, diharapkan kamu bakal sejahtera sepanjang tahun. 

 

  1. Kue Keranjang
    Selain makanan asin, tahun baru Imlek juga identik dengan aneka kue-kue khasnya, lho, salah satunya adalah kue keranjang. Buat kamu yang pernah makan dodol, kue keranjang ini memiliki tekstur dan rasa manis yang hampir mirip-mirip. Tekstur lengket pada kue keranjang memiliki makna agar seseorang yang memakannya akan selalu rukun bersama keluarga mereka. Selain itu, kue keranjang juga biasa disusun secara bertumpuk dengan arti keberuntungan yang terus meningkat di tahun-tahun berikutnya. 

 

Baca Juga: Cara Diet Alami Tapi Tetap Sehat dan Aman

 

  1. Yu Sheng
    Pernah nggak sih, kamu melihat seseorang mengangkat-angkat makanan dengan sumpit di hari raya Imlek? Makanan tersebut ternyata disebut Yu Sheng atau salad kombinasi yang terdiri dari irisan halus sayur, buah, dan ikan. Bukan cuma beli, tapi ada juga beberapa orang yang menjadikan Yu Sheng sebagai resep khas Imlek andalan mereka. Lalu, kenapa ya, makannya harus diangkat tinggi-tinggi gitu? Katanya sih, semakin tinggi kamu mengangkat Yu Sheng, maka semakin besar pula kemungkinan harapan kamu terwujud di tahun itu. Wah, jadi mau coba, deh!

 

  1. Bebek atau Ayam
    Bukan cuma ikan aja nih, tapi masakan bebek atau ayam juga disajikan utuh saat makan bersama di tahun baru Imlek. Katanya sih, menurut budaya Tionghoa, ayam dan bebek memiliki sifat serakah. Itulah mengapa, memakan hidangan ayam atau bebek ini bermakna menghilangkan sifat buruk tersebut dari diri kamu. Wah, benar nggak, nih? 

 

Itu dia beberapa makanan yang biasanya ada di tahun baru Imlek dan memiliki makna mendalam. Selain makanan-makanan di atas, ada juga lho, beberapa makanan yang nggak boleh dimakan di tahun baru Imlek. Yup, salah satunya adalah makanan yang berwarna putih seperti tahu. Dalam budaya Tionghoa, warna putih diartikan sebagai warna duka, itulah mengapa kamu nggak disarankan buat makan makanan berwarna putih ini biar setahun kedepan nggak dipenuhi kesedihan. 

 

Bukan cuma makan-makan, ngumpul bersama juga merupakan salah satu tradisi dalam tahun baru Imlek, lho. Anggota keluarga maupun sanak saudara wajib banget nih, saling silaturahmi di hari Imlek. Nah, buat kamu yang Imlekan tapi belum bisa bertemu anggota keluarga karena satu dan lain hal, tenang… Telkomsel punya solusinya! 

 

Kamu bisa video call-an, teleponan, dan SMS-an sampai puas pakai paket Combo SAKTI dari Telkomsel. Mulai dari 60 ribu-an aja, silaturahmi tetap terjaga di tahun baru Imlek. Yuk, aktifkan paketnya sekarang dan selamat tahun baru Imlek buat yang merayakan!

 

Temukan paket terbaik khusus untuk Anda