Langkah Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Omset Jutaan

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Memulai bisnis online tanpa modal memang terdengar hampir tidak mungkin, tapi ada lho, beberapa bisnis online yang bisa dijalankan bahkan hingga sukses meraih omset jutaan. Selain memanfaatkan kemampuan diri sendiri untuk membuat bisnis dalam bentuk jasa, kemajuan teknologi juga bisa membantu dalam menjalankan bisnis tanpa modal. 

 

Kemajuan teknologi, didukung dengan keahlian dan gadget yang sudah ada, kamu pun bisa memulai bisnis online tanpa modal. Dengan kata lain, kamu bisa memanfaatkan sumber daya yang sudah ada untuk menciptakan bisnis online. Banyak sekali rekomendasi bisnis online tanpa modal yang bisa kamu coba, beberapa diantaranya adalah;

 

  1. Dropshipper
    Dengan menjadi seorang dropshipper, kamu tidak memerlukan modal sama sekali. Yup, yang perlu kamu lakukan adalah menghubungkan distributor dengan calon pembeli sehingga produk yang dijual berasal dari distributor.
     
  2. Blogger
    Punya hobi menulis? Tulisanmu bisa dijadikan bisnis online, lho. Saat ini banyak sekali produk bahkan hingga brand-brand besar yang memerlukan jasa seorang blogger untuk menulis review di dunia maya. Tak perlu modal, bisnis online ini hanya mengandalkan keahlianmu dalam menulis saja. 
     
  3. Desainer Grafis
    Jika kamu memiliki kemampuan desain grafis yang baik, menjadi seorang desainer grafis adalah peluang bisnis yang bisa kamu coba. Tanpa modal, kamu bisa memanfaatkan gadget  yang sudah ada ataupun keahlianmu dalam membuat sebuah desain.
     
  4. Fotografer
    Buat kamu yang punya hobi foto, ide bisnis online yang ini bisa kamu coba. Nggak perlu membeli kamera yang mahal, kamu bisa memanfaatkan gadget yang udah kamu punya sekarang untuk menyediakan jasa fotografer ini. Selain nggak memerlukan modal, bisnis ini juga menjanjikan banget, lho. Saat ini, banyak orang yang baru merintis jasa UMKM dan memerlukan jasa fotografer.
     
  5. Menjual Barang Bekas Layak Pakai
    Punya barang bekas yang masih layak pakai? Kamu bisa menjualnya di e-commerce dan berbagai platform jual beli barang second, lho. Nggak memerlukan modal, kamu tinggal foto barang tersebut dan mengunggahkan di berbagai platform jual beli barang second.

 

Setelah mendapatkan beberapa inspirasi tentang bisnis online tanpa modal, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan perencanaan yang matang agar bisnismu dapat berjalan dengan lancar. Beberapa hal yang bisa kamu siapkan antara lain adalah platform penjualan yang tepat, distributor yang terpercaya, tampilan produk yang akan kamu jual hingga cara mempromosikan produk.

 

Saat ini banyak sekali e-commerce bahkan media sosial yang bisa dimanfaatkan sebagai platform berjualan. Nah, agar penjualanmu lebih maksimal, penting untuk bisa memilih platform yang sesuai dengan target market dari produkmu. Mislanya, jika kamu menjual produk untuk anak muda, mungkin kamu bisa memanfaatkan TikTok Shop untuk berjualan atau kalau target market-mu lebih umum, mungkin kamu bisa memanfaatkan e-commerce yang ada. Menariknya, sekarang ada Kuota Ketengan dari Telkomsel yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Kamu bisa membeli kuota sesuai dengan aplikasi yang kamu butuhkan saja agar jadi lebih hemat. 

 

Nggak kalah penting, kamu juga harus mencari distributor yang terpercaya. Dengan kepercayaan yang terjalin antara kamu dan distributor ini, maka kamu bisa menerapkan sistem dropship, yaitu baru memesan ketika ada pembeli yang hendak membeli produk. Dengan metode ini, kamu pun tak memerlukan modal di awal karena baru mengambil barang ketika ada permintaan dari pasar.

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah tampilan produk di media sosial. Kamu harus ingat nih, bahwa bisnis yang kamu jalankan adalah bisnis online sehingga foto produk maupun hasil karya kamu seperti desain dan tulisan memegang peranan penting untuk menarik pembeli. Tak lupa, tampilkan juga deskripsi produk yang jelas agar memudahkan konsumen, ya.

 

Langkah terakhir yang juga nggak kalah penting adalah cara mempromosikan produk. Banyak sekali platform edukasi digital tentang cara promosi produk yang bisa kamu tonton sepuasnya, salah satunya adalah Kuncie. Di Kuncie, kamu akan bertemu dengan berbagai pebisnis lokal sukses yang bisa mengajari business plan hingga cara melakukan promosi bisnis yang sesuai. Biar nggak makin penasaran, yuk cari tahu di sini


Hayoo, siapa yang jadi makin semangat setelah mengetahui langkah-langkah memulai bisnis online? Yuk, jangan ragu untuk memulai bisnismu sekarang!

Ketengan Utama