Jaringan 5G Telkomsel Bikin Cloud Gaming Semakin Lancar

Jaringan 5G Telkomsel Bikin Cloud Gaming Semakin Lancar

 

Buat kamu para pecinta game, tentunya nggak asing lagi dengan cara bermain game kekinian yang lebih menguntungkan. Cloud gaming alias gaming on demand merupakan cara baru main game yang lebih efisien dengan memanfaatkan jaringan 5G Telkomsel di Indonesia.

 

Melalui cloud gaming ini, kamu bakal bisa menikmati fantasi bermain game lebih seru tanpa harus gonta-ganti perangkat untuk bermain game. Lebih hemat dan pastinya jadi pengalaman baru yang unik saat bermain game di jaringan internet dengan latensi rendah.

 

Apa itu Cloud Gaming?

Cloud gaming merupakan teknologi bermain game tanpa harus mengunduh dan menginstal game yang kamu mainkan. Kamu cukup menggunakan cloud dan memainkan game tersebut lebih seru dengan jaringan internet yang stabil.

 

Teknologi ini sebenarnya sudah ada cukup lama, tetapi baru berkembang pesat dengan kemunculan jaringan 5G yang memberikan jaminan kelancaran berinternet.

 

Cara Kerja Cloud Gaming

Seperti kamu ketahui, streaming game bekerja layaknya streaming video. Sebelumnya untuk menonton film kamu membutuhkan perangkat seperti DVD, bukan? Namun, sekarang nggak perlu lagi.

 

Demikian pula dengan cloud gaming. Kamu bisa main game apa aja tanpa harus memakai perangkat. Kamu cukup memainkannya di cloud yang ada. Layanan cloud streaming tersebut harus compatible dengan device pengontrolnya. Di beberapa smartphone terbaru, fungsi control untuk cloud ini bisa kamu lakukan di layar.

 

Cloud gaming ini sangat bergantung pada kualitas streaming. Nah, supaya kualitas streaming-nya bagus, udah pasti perlu dukungan jaringan yang stabil dengan latensi yang rendah.

 

Di Indonesia, para pengguna wajib memanfaatkan jaringan 5G dari Telkomsel untuk mendapatkan akses jaringan ultra cepat tersebut. Kecepatannya sendiri mencapai sepuluh kali lebih cepat daripada jaringan 4G.

 

Keuntungan Cloud Gaming

5G cloud gaming yang jadi pilihan kamu untuk menikmati dunia game memiliki beberapa keuntungan, lho. Ini di antaranya.

 

  • Tidak Memerlukan Perangkat Mahal

Kamu nggak lagi perlu gonta-ganti HP gaming, laptop gaming, dan seterusnya dengan harga yang tentunya juga mahal. Cukup akses jaringan 5G yang ultra stabil, kamu bisa main game kesayangan kamu lebih seru dan lebih bagus secara kualitas streaming. Lebih hemat dan efisien, kan?

 

  • Akses Games Tanpa Install

Mengunduh dan menginstal game merupakan hal yang kadang bikin kesal. Nggak cuma karena keterbatasan space device yang kamu pakai, kualitas jaringan kadang juga bikin gagal install.

 

Nah, melalui cloud gaming ini, kamu nggak bakalan ngalamin hal seperti itu lagi. Nggak perlu unduh, nggak perlu install. Kamu cukup masuk ke cloud streaming-nya dan bisa main sepuasnya dengan kualitas jaringan yang stabil dari 5G.

  • Fleksibel Tidak Terikat Lokasi

Main game dengan berbagai perangkat seperti laptop gaming, keyboard khusus, atau perangkat lainnya tentu saja menuntut kamu harus memilih tempat yang sesuai. Dulu, kamu nggak bisa kamu lakukan di mana aja dan terbatas di tempat-tempat tertentu.

 

Namun bermain di cloud game membuatmu lebih fleksibel. Kamu cukup menggunakan penyimpanan cloud, jadi kapanp un dan di mana pun, kamu bisa mengaksesnya dan memainkannya. Syaratnya, kamu berada di daerah yang terjangkau dengan jaringan 5G.

 

Ini tentu jauh lebih seru dan memungkinkan kamu bisa santai dan berhibur dengan game favorit kamu di mana pun berada.

 

  • Lintas Platform

Bermain game dengan cloud gaming ini juga memungkinkan kamu melakukannya dalam lintas platform. Benar-benar efisien dan fleksibel. Selain itu, ternyata teknologi ini juga lebih aman dari risiko hacker.

 

Kelebihan Cloud Gaming di Jaringan 5G Telkomsel

Main cloud gaming di jaringan 5G Telkomsel memiliki banyak keunggulan. Kamu yang berada di kawasan jaringan 5G Telkomsel wajib banget nyobain pengalaman seru ini.

 

Apa aja keistimewaannya?

 

  • Kecepatan aksesnya yang cukup tinggi, yakni sepuluh kali lebih cepat ketimbang jaringan 4G yang kamu nikmati sebelumnya.
  • Koneksi data lebih cepat dan stabil baik untuk kebutuhan download maupun streaming

 

Paket 5G Telkomsel saat ini juga bisa kamu nikmati dengan device khusus seperti modem Orbit 5G yang cocok kamu pakai untuk di rumah. Bisa akses jaringan 5G rame-rame bersama keluarga atau teman kantor.

 

Kamu belum banyak tahu seputar jaringan 5G Telkomsel yang sudah bisa kamu akses di beberapa daerah di Indonesia saat ini? Cek informasi lengkapnya di sini.

 

Sebagai penyedia pertama jaringan 5G di Indonesia, Telkomsel hadir dengan berbagai layanan khusus seperti menyediakan device jaringan 5G berupa modem, smartphone, dan perluasan jaringan ke seluruh kawasan di Indonesia.

 

Jaringan 5G ini mendukung perkembangan teknologi Internet of Thing (IoT) di berbagai segmen kehidupan. Dunia kesehatan, pertanian, industri, perbankan, tata kota, pembangunan properti, dan lainnya semakin terbantu dengan adanya jaringan 5G.

 

(Baca juga: Peran 5G dalam Transformasi Digital) 

 

Terlebih lagi, dunia game yang membutuhkan koneksi jaringan stabil. Main game tanpa perangkat kini pun lebih seru dengan jaringan 5G Telkomsel. Udah nyobain serunya cloud gaming? Cek koneksi jaringan 5G di tempatmu, lalu mulailah menikmati serunya main game di cloud tanpa batas.