Jarang Diketahui, Ini Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Guys, kalian pernah dengar nggak sih, kalau minum kopi sebelum olahraga akan membawa banyak manfaat? Bukan hoax, hal ini ternyata benar, lho. Buat seseorang yang suka berolahraga hingga atlet, mereka biasanya membutuhkan stimulan guna meningkatkan kinerja atletik. Nah, stimulan ini biasanya bisa didapatkan melalui suplemen atau susu khusus olahraga. Tapi, ada juga nih, stimulan alami yang bisa didapatkan dari kopi. 

 

Kafein dalam kopi memiliki dampak yang hampir sama dengan suplemen yang diminum sebelum berolahraga, asalkan kamu tahu waktu yang pas dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Ngomong-ngomong soal waktu yang pas, kamu tahu nggak sih, kopi lebih baik dikonsumsi berapa menit sebelum olahraga, ya? 

 

Dilansir dari website resmi Halodoc, kafein dalam kopi bisa diserap tubuh dalam kurun waktu 15-45 menit. Sedangkan efek stimulasi puncak akan terjadi dalam kurun waktu 30 hingga 75 menit kemudian. Nah, efektivitas kerja dari kafein ini, maka pas banget nih, kalau kamu mengkonsumsi kopi satu jam sebelum melakukan olahraga. 

 

Eits, tapi ingat ya, kopi yang kamu konsumsi harus sesuai dengan porsinya. Kalau berlebihan, bisa-bisa malah mempengaruhi kesehatan kamu karena menyebabkan sakit perut, kepala pusing, hingga jantung berdebar. Usahakan buat mengkonsumsi satu sampai dua cangkir aja perharinya, ya. Kalau dikonsumsi sesuai kebutuhannya, kamu bakal merasakan beberapa manfaat minum kopi sebelum olahraga berikut ini, nih!

 

  1. Tingkatkan Kinerja Olahraga
    Kafein dalam kopi efektif banget buat meningkatkan kinerja kita saat berolahraga asal dikonsumsi dalam dosis rendah hingga sedang, lho. Dengan kinerja olahraga yang meningkat, maka setiap gerakan dalam olahraga yang kamu lakukan pun menjadi lebih optimal. Kafein ini akan merangsang penggunaan lemak yang tersimpan dalam tubuh saat berolahraga sehingga otot pun bisa bekerja dalam waktu yang lebih lama.
     
  2. Membantu Pembakaran Lemak
    Tahukah kamu? Kopi dapat membantu pembakaran lemak selama berolahraga maupun beberapa jam setelah berolahraga, lho. Selain itu, kafein dalam kopi juga dapat menahan nafsu makan beberapa jam setelah dikonsumsi. Belum lagi, berbagai respon tubuh ketika kafein dikonsumsi seperti peningkatan tekanan darah serta detak jantung hingga pelepasan asam lemak ke aliran darah akan membuat tubuh semakin berenergi dan siap olahraga secara maksimal. 
     
  3. Meningkatkan Konsentrasi
    Kafein dalam kopi bisa meningkatkan fungsi otak terutama pada bagian-bagian yang berperan dalam menyimpan memori dan menjaga konsentrasi. Nah, hal ini membuat kopi bisa disebut sebagai stimulan alami dalam meningkatkan fokus otak. Saat konsentrasi kamu terjaga, maka olahraga yang dilakukan pun menjadi lebih produktif dengan hasil yang efektif. 

 

Baca Juga: Manfaat Olahraga Tenis yang Sedang Banyak Digemari

 

  1. Meningkatkan Metabolisme
    Bukan cuma satu jam setelah dikonsumsi, tapi kafein dalam kopi juga dapat meningkatkan lagu metabolisme hingga 3 jam setelahnya, lho. Dengan metabolisme yang meningkat maka pembakaran lemak di dalam tubuh juga dapat terjadi dengan lebih cepat. Eits, tapi tetap mengkonsumsi dengan porsi yang secukupnya, ya.  

 

  1. Say No to Nyeri Otot!
    Katanya sih, minum dua cangkir kopi juga dapat mengurangi rasa nyeri setelah berolahraga, lho. Nah, buat kamu yang khawatir akan merasakan nyeri otot setelah melakukan olahraga intens, coba deh, buat mengkonsumsi kopi terlebih dahulu sebelum berolahraga. 

 

Wah, ternyata banyak banget ya, manfaat minum kopi sebelum olahraga. Tapi ingat nih, semua manfaat baik ini bisa kamu dapatkan jika dikonsumsi secara pas dan tidak berlebihan, ya. Buat kamu yang ingin merasakan manfaat lebih maksimal atau bahkan justru tidak merasakan manfaatnya sama sekali, ada baiknya juga kamu berkonsultasi pada dokter terpercaya, nih. 

 

Untungnya dengan kemudahan teknologi di masa sekarang, banyak banget aplikasi konsultasi dokter terpercaya yang bisa dilakukan secara online, salah satunya adalah Halodoc. Asyiknya lagi, ada Ekstra Paket Sehat dari Telkomsel yang bisa kamu pakai buat konsultasi bulanan hingga tahunan di Halodoc bareng dokter terpercaya. Mulai dari 30 ribu-an aja, kamu udah bisa dapet kuota buat internetan sekaligus #DiRumahAjaTetapSehat bareng Halodoc. Yuk, cari tahu sekarang!

 

Beli paketnya sekarang!