Jangan Sampai Tertipu, Begini Cara Cek Pinjol Ilegal di OJK

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Di kala drama tanggal tua melanda dan butuh uang, hati-hati jika tiba-tiba ada tawaran pinjaman uang yang masuk lewat nomor WhatsApp atau SMS. Jangan senang dulu apalagi kamu respon. Waspadai pinjol ilegal yang ingin menjebak nasabah.

 

Meski wajib waspada, namun kamu juga nggak perlu panik saat dapat tawaran seperti ini. Ada cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk memastikan apakah pinjaman tersebut aman atau nggak. Langkah mudahnya, kamu bisa langsung melakukan pengecekan ke OJK, untuk melihat pinjol tersebut aman dan terdata di OJK atau nggak.

 

Contoh Penawaran Pinjol Ilegal 

Tawaran pinjol ilegal paling sering masuk via SMS. Padahal menurut aturan OJK (Otoritas Jasa Keuangan), pihak Fintech Lending atau pinjol nggak boleh melakukan penawaran langsung ke konsumen melalui saluran langsung secara pribadi, tanpa adanya persetujuan konsumen.

 

Jadi bisa dipastikan, tawaran pinjaman online yang masuk via WA atau SMS merupakan pinjaman online ilegal yang perlu kamu waspadai. Tawaran via SMS atau WA ini biasanya berisi iming-iming tertentu. Hadiah, kemudahan, dan proses cepat.

 

Nggak cuma itu, kamu biasanya diminta untuk mengakses aplikasi yang mereka sediakan. Ini bahayanya, sebab mereka akan meminta data pribadimu. Kalau kamu tidak memberikan data, biasanya aplikasi tidak bisa kamu buka dan gunakan. Padahal akses ke data pribadi tersebut sifatnya ilegal.

 

Belum lagi saat penagihan. Banyak orang yang merasakan pinjol ilegal ini seperti lintah darat yang nggak manusiawi cara menagihnya. 

 

Kamu yang sedang bingung mencari uang, sedang punya utang atau kebutuhan mendesak lainnya, adalah pihak-pihak yang seringkali jadi sasaran. Jangan latah mengiyakan untuk membua,t pinjaman, kamu perlu cek dulu daftar pinjol ilegal yang nggak terdaftar di OJK. Sebelum memutuskan meminjam lewat pinjol, pahami dulu risiko yang mungkin kamu dapatkan.

 

Cara Mengecek Pinjol Legal atau Ilegal di OJK

Supaya masyarakat nggak terjebak lagi dengan pinjol yang meresahkan, pihak OJK sudah menyediakan layanan smart untuk pengecekan fintech lending yang menawarkan pinjaman, apakah legal atau nggak. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

 

1. Pengecekan Melalui Whatsapp OJK

Cara paling mudah dan cepat adalah menyimpan nomor WA resmi OJK, yaitu 081 157 157 157. Selanjutnya, kamu tinggal kirim WA berisi nama pinjol yang akan kamu cek. Misalnya ‘Dompet Kilat’. Tunggu beberapa detik. Balasan status terdaftar atau tidaknya akan langsung kamu terima.

 

2. Melalui Website OJK

Kalau kamu ingin mendaftarkan dalam jumlah banyak alias nggak satu-satu, lebih efektif menggunakan pengecekan di website ini. Kamu bisa langsung klik tautan ini. Lalu pilih periode waktu pendataan Fintech Lending yang terdata di periode tersebut.

 

3. Pengecekan di Kontak 157 OJK

Kalau kamu sudah mengalami masalah dengan pinjol ilegal, sebaiknya kamu melakukan pengaduan langsung ke kontak resmi OJK di 157. Jadi sambil kamu mengecek status pinjol tersebut, kamu bisa menyampaikan aduan via panggilan telepon di 157. Layanan ini buka dari Senin hingga Jumat, dari pukul 08.00 sampai 17.00 wib.

 

4. Melalui Email OJK

Laporan pinjol ilegal yang terakhir bisa kamu sampaikan via email resmi OJK. Pengecekan bisa kamu lakukan dengan mengirimkan pesan ke email di konsumen@ojk.go.id. Atau bisa juga di waspadainvestasi@ojk.go.id.

 

Tips Menghindari Jeratan Pinjol Ilegal

Cara paling gampang untuk menghindari jeratan pinjol ilegal adalah lakukan pengecekan secara cermat saat akan memilih pinjol. Kamu perlu cek dulu di layanan resmi OJK, apakah pinjaman online tersebut aman atau nggak, terdata atau nggak

 

Nah, selain itu kamu juga perlu tahu ketentuan dan aturan yang transparan dari pinjol tersebut. Nggak ada penarikan dana tersembunyi, apalagi pengambilan data pribadi kamu secara ilegal.

 

Hal yang sering bikin orang terjebak adalah karena tertarik dengan iming-imingnya. Mulai dari hadiah hingga proses yang mudah banget.

 

Kalau kamu akan mengajukan pinjaman online, sebaiknya ke penyedia yang pasti-pasti aja seperti LinkAja. Aplikasi ini akan memudahkanmu melakukan berbagai bentuk pembayaran kebutuhan harian, plus bisa sekalian ngajuin pinjaman, lho.

 

LinkAja menawarkan pinjaman online yang aman dan tepercaya untuk kamu. Nggak perlu repot cek reputasinya karena udah pasti semua tau gimana kualitas layanan LinkAja.

 

Layanan pinjaman di LinkAja menawarkan kemudahan proses pengajuan pinjaman, transparansi biaya, dan bunga yang kompetitif. LinkAja juga memberikan jaminan keamanan untuk konsumen yang melakukan transaksi pinjaman.

 

Ini tentu sangat bermanfaat untuk membantu kebutuhan pribadi dan bisnismu yang mungkin harus dipenuhi secara mendadak. Selain itu, LinkAja menjadi bentuk komitmen Telkomsel mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia.

 

Baca juga: Tantangan Inklusi Keuangan di Indonesia

 

Ketimbang kamu repot cek sana-sini pinjol ilegal atau nggak, saran terbaik untuk kamu ajukan pinjaman di fintech tepercaya. Nggak cuma bisa pinjam uang, kamu juga bisa bayar apa-apa lebih mudah dengan LinkAja. Jalan ke mana aja lebih aman dengan aplikasi di genggaman.