Jangan Keliru, Ini Perbedaan BPJS Ketenagakerjaan & Kesehatan

Jangan Keliru, Ini Perbedaan BPJS Ketenagakerjaan & Kesehatan

 

Walaupun sama-sama BPJS, perlu kamu ketahui kalau BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan itu beda. Secara kata juga udah beda, yang satu terkait dengan pekerjaan dan yang satu memang khusus kesehatan. Sedikit sama, tetapi berbeda.

 

Secara tujuan dasarnya kedua BPJS ini juga berbeda, terutama dalam hal manfaat. Ketenagakerjaan tentu saja memiliki tujuan yang lebih luas dari sekadar untuk berobat. Kamu punya BPJS Ketenagakerjaan belum tentu bisa untuk berobat kalau nggak memenuhi syarat tertentu.

 

Pengertian BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan

BPJS Ketenagakerjaan adalah perlindungan yang bersifat sosial kepada masyarakat meliputi jaminan hari tua, kematian, kecelakaan, pemutusan hubungan kerja, pensiun, dan lainnya. Sedangkan BPJS Kesehatan merupakan bentuk perlindungan mendasar untuk jaminan kesehatan masyarakat.

 

Mereka yang bekerja di perusahaan atau instansi biasanya akan memiliki BPJS Ketenagakerjaan sebagai bentuk perlindungan. Jenis BPJS ini juga bisa kamu gunakan untuk berobat jika memenuhi syarat dan kriteria yang ada.

 

Dasar hukum dari BPJS tersebut mengacu pada UU BPJS Nomor 24 tahun 2011 yang selanjutnya banyak mengalami perubahan pada Undang-Undang No. 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. 

 

Persamaan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan

Kedua BPJS di atas memiliki beberapa persamaan yang perlu kamu ketahui, yakni:

 

  1. Dikelola Pemerintah

Baik BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan, keduanya sama-sama bentuk perlindungan yang pengelolanya adalah pemerintah. Jadi walaupun kamu bekerja di perusahaan dan yang memotong BPJS pihak perusahaan, tetapi pengelolanya sama, yakni pemerintah. Sama halnya dengan BPJS Kesehatan yang rutin kamu setor.

 

  1. Program Jaminan Sosial

BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan sama-sama jaminan sosial. Lalu BPJS Ketenagakerjaan apa bisa buat berobat? Jika masalahnya adalah kecelakaan yang berhubungan dengan kerja, perjalanan ke tempat kerja atau perjalanan dinas, maka bisa untuk berobat.

 

Jika berobat untuk sakit maka syaratnya penyakit tersebut terus-menerus dan terjadi karena ada kaitannya dengan tempat kerja. Berbeda dengan BPJS Kesehatan yang memang tujuannya untuk berobat. Namun, BPJS Kesehatan tidak memberikan manfaat ekonomi seperti santunan, tunjangan pensiun, dan sejenisnya.

 

Perbedaan BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan

Ada beberapa poin yang membedakan antara BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan, yakni:

 

  1. Tujuan

Secara tujuan dua jenis BPJS ini jelas berbeda. BPJS Ketenagakerjaan memiliki tujuan untuk perlindungan jaminan sosial misalnya Jaminan Hari Tua (JHT), Dana Pensiun, Jaminan PHK dan lainnya.

 

Sedangkan tujuan untuk BPJS Kesehatan adalah perlindungan untuk jaminan kesehatan secara mendasar. Jadi secara tujuan kedua BPJS ini jelas berbeda.

 

  1. Fungsi 

Fungsi BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan memiliki perbedaan. Untuk BPJS Ketenagakerjaan meng-cover jaminan sosial bagi para pekerjaan (JHT, Jaminan Pensiun, Jaminan Kecelakaan, Jaminan PHK, dll), sedangkan untuk BPJS Kesehatan meng-cover kesehatan pesertanya secara umum.

 

  1. Peserta

Kedua BPJS ini memiliki sasaran peserta yang berbeda. BPJS Ketenagakerjaan pesertanya adalah karyawan, pegawai, dan para pekerja, sedangkan BPJS Kesehatan menyasar ke masyarakat umum. Bayi yang baru lahir sekalipun bisa langsung bergabung dengan BPJS Kesehatan.

 

Cek BPJS Ketenagakerjaan kamu di kantor sekarang, apa aja manfaatnya dan jaminan apa aja yang bakal kamu terima.

 

  1. Manfaat

BPJS Ketenagakerjaan menawarkan manfaat yang berbeda dengan BPJS Kesehatan. Untuk BPJS Ketenagakerjaan, manfaatnya cukup banyak seperti Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan, Jaminan Pensiun, Jaminan Pemutusan Hubungan Kerja, dan lainnya.

 

Sedangkan untuk BPJS Kesehatan manfaatnya adalah untuk kesehatan yakni pengobatan berbagai jenis penyakit sesuai dengan ketentuan terbaru dari BPJS.

 

  1. Nama Terdahulu

Nama dan perusahaan terdahulu yang menaungi dua jenis BPJS ini jelas berbeda. BPJS Ketenagakerjaan dulunya merupakan PT. Jamsostek sedangkan untuk BPJS Kesehatan sebelum dikenal dengan nama PT. Asuransi Kesehatan (Askes).

 

Dua nama tersebut dahulunya mungkin nggak asing lagi buat kamu, tetapi saat ini masing-masing telah menjadi BPJS dengan nama yang berbeda.

 

Penutup 

Setiap BPJS memiliki manfaat yang penting, jadi pastikan kamu bayar lancar tagihan BPJS setiap bulan.

 

Bayar BPJS lebih gampang pakai e-wallet yang simpel seperti LinkAja. Lebih praktis, cepat, dan nggak pakai antre.

 

Mau bayar apa aja jadi lebih praktis, nggak perlu uang cash dan nggak perlu antre di ATM. Kini kamu bayar semua tagihan sesimpel beli pulsa.

 

LinkAja merupakan layanan dari Telkomsel untuk mendukung inklusi keuangan di Indonesia. Bayar tagihan bulanan jadi lebih mudah hanya dengan satu aplikasi.

 

(Baca juga: Tantangan Inklusi keuangan di Indonesia) 

 

Selengkapnya tentang LinkAja bisa kamu cek di sini.

 

Udah nggak zaman nunggak bayar BPJS, karena udah pasti dendanya bakal bikin pusing sendiri. Bayar tepat waktu cukup dari LinkAja.

 

Nikmati berbagai manfaat BPJS baik kesehatan maupun ketenagakerjaan untuk kehidupan jangka panjang. Bayar tagihannya supaya kamu bisa menikmati manfaatnya dengan lancar pula.

 

LinkAja membantu kamu lebih lancar bayar BPJS tanpa denda. Bayar BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan kamu sekarang dan nikmati manfaatnya di saat-saat yang nggak kamu duga

.