Jalan Cepat Ternyata Banyak Manfaatnya, Lho!

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Siapa bilang olahraga harus dilakukan dengan gerakan-gerakan yang serba intens? Ada juga nih, olahraga yang nggak perlu dilakukan secara intens melainkan konsisten. Yup, olahraga tersebut adalah jalan cepat. Pengertian jalan cepat sendiri sebenarnya merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang udah dipertandingkan di olimpiade, lho. Jarak tempuh olahraga yang satu ini biasanya dimulai dari 5km, 10km, 20km, hingga 50km. 

 

Nah, jalan cepat ini nggak bisa dilakukan sembarangan, guys. Ada beberapa teknik jalan cepat yang harus kamu pahami terlebih dahulu, nih. Secara sederhana sih, jalan cepat dilakukan dengan cara mengayunkan kaki depan kamu tanpa memutuskan hubungan kaki belakang dengan tanah. Tapi buat kamu yang mau melakukannya dengan serius, bisa juga nih, mengikuti teknik-teknik berikut.

 

  1. Teknik Awalan
    Jalan cepat diawali dengan posisi satu kaki lurus ke belakang dan kaki lainnya digerakan ke depan. Nah, posisi ini harus dilakukan di belakang garis start dengan lutut yang sedikit ditekuk ya. Jangan lupa nih, postur badan juga harus lurus ke depan dengan siku membentuk sudut 90 yang bergerak mengikuti langkah kaki.

 

  1. Teknik Langkah Kaki
    Teknik lainnya yang harus diperhatikan dalam jalan cepat adalah teknik langkah kaki. Pada saat melakukan olahraga ini, usahakan buat menumpu berat badan di paha. Kaki depan digunakan buat menumpu berat badan sedangkan lutut tetap lurus buat menopang dari belakang. 

 

  1. Teknik Akhiran
    Tahukah kamu? Setelah melalui garis finish dalam olahraga garis cepat, kamu nggak boleh langsung berhenti, lho. Setidaknya, kamu harus melangkah sejauh lima meter dari garis finish sambil memperlambat langkah kaki sampai benar-benar berhenti. 

 

Setelah tahu teknik-teknik dasarnya, kamu jadi makin penasaran buat mencoba olahraga ini nggak, sih? Rutin melakukan olahraga jalan cepat selama 15-30 menit dalam 3-5 kali per minggu ternyata akan memberikan banyak banget manfaat baik bagi tubuh. Mau tahu apa aja? Yuk, kita bahas satu-satu. 

 

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung
    Salah satu manfaat jalan cepat adalah menjaga kesehatan jantung. Kalau kamu rutin melakukan jalan cepat, maka kolesterol dan tekanan darah yang dapat mengganggu kesehatan jantung pun bisa ditekan. Wah, pantar aja ya, olahraga jalan cepat cocok banget buat dilakuin sama orang yang sudah berusia lanjut. 

 

  1. Mencegah Diabetes
    Selain baik bagi jantung, jalan cepat juga bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah, lho. Yup, turunnya kadar gula dalam darah ini akan membantu kamu mencegah diabetes dan obesitas. Sebagai bonus, kamu juga bisa mendapatkan berat badan ideal jika rutin jalan cepat, lho. 

 

  1. Mengurangi Resiko Kanker
    Rutin melakukan olahraga jalan cepat bisa membuat tubuh kamu menjadi lebih bugar, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sekaligus memperbaiki metabolisme yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, lho. Apalagi nih, kalau olahraga ini rutin kamu lakukan hingga menjadi bagian dari gaya hidup sehat kamu. Pasti deh, resiko terkena kanker payudara, prostat, rahim hingga usus besar bisa ditekan. 

 

Baca Juga: Flashback Prestasi Bulutangkis Indonesia, Auto Bangga!

 

  1. Bikin Mood Jadi Lebih Baik
    Bukan cuma punya manfaat baik buat fisik, olahraga jalan cepat juga bisa bikin mood kamu jadi lebih baik, nih. Coba deh bayangin, kalau kamu berjalan santai sambil dikelilingi tanaman hijau dan udara segar, pasti bakal rileks banget! Bukan itu aja, rutin melakukan jalan cepat setiap sore juga bisa menekan tingkat depresi dan membantu kamu buat tidur lebih nyenyak di malam hari. 

 

  1. Memperkuat Tulang
    Berjalan merupakan salah satu aktivitas yang baik buat tulang rawan kamu, lho. Bukan itu aja, banyak juga manfaat baik dari jalan cepat buat tulang, mulai dari mencegah pelemahan tulang hingga sendi nyeri dan kaku atau yang dikenal dengan osteoarthritis.

 

Olahraga jalan cepat merupakan salah satu olahraga murah yang bisa kamu jadikan pilihan kalau mau mulai menerapkan gaya hidup sehat dengan berolahraga. Asyiknya di era digital kayak sekarang, kamu bisa bebas eksplorasi berbagai jenis olahraga seru buat dicoba. Eits, kamu juga bisa nih, cari tahu berbagai teknik olahraga yang baik dan benar, menemukan teman olahraga bareng, sampai ikut berbagai komunitas olahraga yang ada di online. Urusan kuota, kamu nggak perlu khawatir karena semua itu bisa dilakukan bareng paket ComboSAKTI dari Telkomsel mulai dari 60 ribu-an aja. Yuk, aktifkan dan cari tahu sekarang! 

 

Temukan paket terbaik khusus untuk Anda