Hemat Uang Belanja Bulanan dengan Voucher Telkomsel Poin

Hemat Uang Belanja Bulanan dengan Voucher Telkomsel Poin

 

Tugas paling berat demi hidup yang lebih baik ke depannya adalah mengatur keuangan. Berapa pun pendapatanmu, kalau tidak pintar mengelola uang, kamu akan berpotensi mengalami kesulitan finansial. Mau atur keuangan lebih mudah? Kamu bisa manfaatkan Telkomsel Poin, lho.

 

Apa benang merah antara pengaturan keuangan dengan poin dari Telkomsel? Ini adalah sebuah lifehack untuk kamu yang suka dengan diskon. Kamu bisa tukar poin Telkomsel untuk jadi voucher belanja yang pasti akan menguntungkanmu.

 

Berhemat tidak selalu harus menekan keinginanmu untuk berbelanja. Selama kamu tahu bagaimana cara mendapatkan harga yang lebih murah dan belanjaan yang kamu beli penting, tak ada salahnya untuk berbelanja.

 

Tips Menghemat Uang Belanja

Lalu, apa yang paling penting dalam usaha menghemat uang belanja? Kamu bisa mulai dengan mengikuti beberapa tips berikut.

 

Selain itu, khusus pengguna Telkomsel, dapatkan keuntungan lebih dengan cek Telkomsel Poin. Kamu mungkin sudah mempunyai cukup poin untuk ditukar menjadi berbagai voucher belanja. Dengan voucher tersebut, kamu tentu bisa lebih menghemat budget belanja.

 

1. Buat Daftar Belanja & Estimasi Budget

Sebelum pergi berbelanja, penting sekali untuk membuat daftar belanjaan. Ini hal yang wajib dilakukan oleh semua orang. Pergi berbelanja tanpa membuat daftar belanja memungkinkan kamu untuk kalap dengan memberi barang-barang yang mungkin tidak kamu butuhkan.

 

Oleh karena itu, sebelum kamu berangkat ke pasar atau supermarket, coba buat alokasi rincian belanja. Tuliskan juga berapa harga untuk belanjaan tersebut. Dengan begitu, kamu pasti akan bisa memperkirakan berapa pengeluaranmu. Jika terlalu banyak, kamu bisa mencoba untuk mengurangi belanjaan yang kurang penting.

 

2. Jangan Pakai Kartu Kredit dan Pay Later

Sekarang ini, kartu kredit bukan menjadi sesuatu yang istimewa. Tidak hanya orang dengan penghasilan tinggi saja yang bisa membuat kartu kredit. Dengan munculnya pay later yang sistemnya mirip dengan kartu kredit, semuanya bisa mengambil kredit dengan mudah.

 

Apakah kamu sempat tergoda dengan menggunakan kartu kredit atau sistem pay later tersebut? Jika jawabannya adalah iya, ada baiknya kamu hindari kebiasaan memakai kartu kredit atau pay later, ya. Kedua hal tersebut hanya akan membuatmu ketagihan untuk berbelanja.

 

Baca Juga: Pegiat Ekosistem Digital Saling Terhubung dengan T-Connext

 

3. Utamakan Kebutuhan bukan Keinginan

Kemudian, di saat-saat keuangan sedang sangat-sangat menipis, kamu harus bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah hal-hal yang benar-benar kamu perlukan. Apabila kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, aktivitas sehari-hari akan terganggu.

 

Di samping itu, keinginan adalah sesuatu yang mungkin belum kamu butuhkan, tetapi kamu tertarik atau berniat untuk memilikinya. Sesuatu yang berupa keinginan biasanya tidak akan cukup berpengaruh pada aktivitas sehari-hari jika keinginan tersebut tidak terpenuhi.

 

Untuk mendukung financial freedom suatu hari nanti, kamu harus bisa membedakan yang mana yang merupakan kebutuhan yang mana yang merupakan keinginan. Apabila kamu sudah terbiasa untuk mendahulukan kebutuhan daripada keinginan, keuanganmu bisa lebih sehat.

 

4. Selalu Prioritaskan Harga yang Lebih Murah

Kemudian, tips penting yang perlu kamu lakukan untuk menghemat budget belanja adalah dengan memprioritaskan harga yang lebih murah. Bagaimana caranya?

 

Di era yang sudah sangat modern seperti ini, kamu tidak harus selalu pergi ke tempat yang jauh untuk mendapatkan barang yang lebih murah. Kamu bisa memanfaatkan toko online untuk membeli barang-barang murah.

 

Jelajahi berbagai toko sebelum melakukan checkout keranjang belanja. Kamu harus memprioritaskan toko tepercaya yang mau memberikan harga lebih murah.

 

5. Pakai Voucher Diskon/Promo

Terakhir, selalu manfaatkan voucher atau promo apa pun yang bisa membuat harga barang belanjaan lebih murah. Jika berbelanja di toko online, jangan lupa untuk menunggu event gajian atau tanggal kembar. Biasanya, marketplace memberikan berbagai voucher menarik untukmu.

 

Lalu, khusus untuk pengguna Telkomsel, jangan lupa untuk menukar Telkomsel Poin dengan berbagai macam voucher belanja. Kamu bisa mendapatkan banyak penawaran seru dengan mengeceknya di aplikasi My Telkomsel.

 

6. Evaluasi Keuangan Secara Rutin

Terakhir, jangan lupa evaluasi keuangan secara bulanan, ya. Kamu harus menilai apakah pengeluaran bulananmu sudah sesuai budget atau belum. Jika masih belum, kamu harus lebih komitmen lagi. Jika sudah, teruslah konsisten melakukan hal tersebut. 

 

Penutup

Daftar cara menghemat uang belanja ini memang terlihat gampang sekali kamu lakukan. Namun, pada kenyataannya, praktik memang akan selalu lebih susah daripada teori. Oleh karena itu, kamu perlu tegas dan komitmen untuk melakukan berbagai hal tersebut, ya, terutama yang berkaitan dengan penggunaan kartu kredit.

 

Kamu tidak boleh terjebak dengan iming-iming menggiurkan dari kartu kredit atau pay later. Sebaliknya, kamu bisa memercayakan upaya menghemat anggaran belanja dengan memanfaatkan My Telkomsel Poin. Cobalah untuk rutin bertransaksi menggunakan Telkomsel agar poin kamu bertambah.

 

Lalu, kamu bisa menggunakan Telkomsel Poin untuk mendapatkan berbagai penawaran voucher belanja. Ini jauh lebih sehat daripada menggunakan pay later atau kartu kredit. Kamu tetap bisa berbelanja kebutuhan penting dengan harga yang lebih murah.